Atas tawaran pak Ridertua, gianluigimario akhirnya memiliki kesempatan merasakan sensasi riding Honda New Megapro yang merupakan pesaing terdekat dari Yamaha Vixion.. Jadi inilah komparasi kecilnya versi gianluigimario, silahkan disimak..
Akan lebih afdol kalau dimulai dari tabel.
Pertama segi engine.
Meski belum mencoba topspeed (karena sungkan yang punya NMP lagi didepan saya), namun secara akselerasi NMP cukup mantap dan joss. Yang paling kentara adalah perpindahan gigi yg sangat halus, nggak segemerisik Vixion.. Walaupun teknologi belum secanggih si Piksen, terbukti performa NMP masih sangat mumpuni..
Kedua, sensasi Handling.
Secara umum, ergonomi NMP lebih nyantai dan nggak capek karena posisi stang lebih tinggi.. Rasanya motor ini bakal lebih nyaman buat jarak jauh ketimbang Piksen yang lebih merunduk. Berat motor yang lebih besar juga membantu kestabilan saat trek lurus.
Nah ketika mau mencoba cornering sedikit, gianluigimario menemui sedikit masalah karena bodi NMP agak goyang, nggak seperti Vixion ketika di ajak rebah. Bisa jadi saya punya 3 prediksi penyebab hal tersebut :
– Khas motor berat (+-140kg) yg mana saya belum terbiasa
– Waktunya ganti ban depan yg mulai habis, menurut empunya
– atau Ada yang kurang normal dg garpu depan (nggak center barangkali)
Tiga, secara tampilan kasat mata.
Kalau ada yg bilang desain si NMP cocoknya buat bapak-bapak, itu sah-sah saja namun nggak sepenuhnya benar. di taman Dayu aja ada juga cewek yang NMP rider, bukti kalau penampilan motor ini disukai banyak kalangan. NMP sip secara desain dan lebih kekar, meski untuk Tangkinya saya lebih suka Vixion, bisa jadi karena kulino liat sehari-harinya, hehe
mengenai braking, memang Vixion yang teromol secara teori bukan bandingan RDB si NMP akan tetapi sensasi yang gianluigimario dapatkan masih 11-12. Mungkin seting cakramnya dibikin soft ya? kalau diseting ulang bisa jadi lebih pakem si RDB..
Satu lagi yang ekselen dari NMP itu speedo digitalnya yang informatif dan lebih presisi, apalagi ada informasi waktu, hehe.. Ini yang diharapkan disamai New Vixion nantinya 😛
Singkatnya, secara mesin meski kalah teknologi namun performa NMP cukup mantap. Apalagi soal perpindahan gigi, Vixion kudu mengakui kalah halus. Ergonomi NMP lebih nyaman buat jarak jauh, namun cornering mungkin Vixion sedikit lebih mantep. Desain? wahhh ada aliran masing masing bro, secara umum sama bagus dan memiliki kelebihan-kekurangan sendiri-sendiri.. Braking? RDB akan lebih joss, meski praktiknya dijalan kurang lebih sama mantapnya..
Nah itulah impresi mengendarai NMP milik pak Heru aka Ridertua.. Ada yang mau nambahin? monggo (gianluigimario)
tetep kalo disuru milih saya pilih nya vixion,, imho..
wekeke.. sipp 😛
cm ga tau neh kalo keluar teralis ma new vixion,,
mantepan yg mana gt,, 😀
iyo, sama belum keluarnya,,
mending ditunggu dulu bersama LP
sep,, mari kita tunggu bersama p200ns, teralis, new vixion,,
inti nya kerenan motor saia,, <- kidding..
tapi baru baca lagi,, kata nya p200ns bisa 1:55 liter:km gt?
kemaren baru coba motor saia..
diisi full tank,, liat km kira2 aja,,
terus di pake berapa km,, diisi full tank lagi..
pokoke pas diitung c kira2 = 1:31.2..
boros amad ya? ckck..
padahal segitu 150cc,, injeksi,, pake pertamax.. -.-
wah irit banget tuh.
bisa jadi karena efisiensi 3 busi itu 😛
itu kata nya di http://us.oto.detik.com/read/2012/04/20/073415/1896913/1208/bajaj-daftarkan-pulsar-200-ns-di-indonesia?o9922011208
ga tau bener ato ga hitungan c p200ns..
tapi masa motor saia yg 150cc, injeksi boros gt y? ckck..
tp klaim pabrikan c 1:35,6 gt d.. cmiiw..
iya, mungkin perlu diuji lagi, atau memeang efisiennya motor sampean ya segitu pasnya dari pabrikan 🙂
berarti honda yg di bilang irit = hoax ya? 😀
terus injeksi ga selama nya seirit yg di omongin,, cmiiw..
terus kalo setting2 gt apa semua bengkel resmi honda bisa ya?
takut nya masi pada gaptek euy,, >.<
kalo gitu ke bengkel besar/yg terpercaya/ yg recomended sama yg punya CBR. OK??? 🙂
sep..
tapi ga punya temen satu club cbr euy,, haha..
coba tanya javabiker.wordpress.com
oke
dia katanya habis bongkar mesin 🙂
tapi orang mana tuh?
kalo deket2 bogor oke tuh,, 😀
apalagi sesama cbr 150,, mantep..
yah tanya aja diblognya mas, saya jg kurang tahu.. tapi jabotabek kayaknya, juga pny komunitas new cbr tuh..
iyah dah di tanyakan,,
tapi kyk nya warung nya lagi di tinggal,, 😀
kalo jabodetabek ok lah,, sep..
orgnya jarang posting..
tapi hangat kok
jiahh,, suka bales comment ga?
kalo ga,, gmn kenal nya?
rasanya hampir selalu komen saya dibales 😛
imho
ok d,, di tungguin aja kale ya..
Nah ketika mau mencoba cornering sedikit, gianluigimario menemui sedikit masalah karena bodi NMP agak goyang, nggak seperti Vixion ketika di ajak rebah.
——————————————————————————————
Asumsi nubie nih yah mas, sasis sangat berpengaruh juga. Spt kita ketahui, vixie udah mengadopsi deltabox (rangka CBR sedikit lbh baik dr vixie, cmiiw) sedangkan NMP msh diamond steel. Di momen yg sama sy pernah komparasi dg puas N250 dan CBR250, dan ternyata handling CBR lbh unggul n enak dipake miring2. Kemudian komparasi handling CBR150 vs CBR250, sang adik sedikit lbh unggul (utk yg satu ini mungkin krna sy lbh terbiasa dg si kecil)
iyo mungkin deltabox pengaruh, namun saya pikir goyangnya kemarin agak kurang wajar.. hehe
wah orang nya malah maen kesini,,
*javabiker – red.. 😀
Ada └ ªĠі bang kelebihanya,kepalanya lebih gede knalpotnya nyempluk………………..
Nmp harus ganti lampu dpn ama knalpot,satu └ ªĠі mrebetnya ituloh.
jare pak RT asalnya dari Filter udara/ bbm
Dari kasus motor temen sy nmp kalo pake oli lebih encer 10-40w juga bakal kasar perpindahan giginya karena pelumasan ke gear kurang klaim bengkel akhirnya balik ke oli federal dan suaranya gak kasar lg
oli emang penting 😛
vixion memang pas … tapi lebih anteng NMP .. yo po ra…
btw itu kemarin waktunya ganti ban…
ganti wae..
nggenku 2 hari sebelum ke bangil wis tak ganti anyar 🙂
iyo.. anteng dan ergonomi nyaman 😛
jadi bener om teromol yamaha lebiih sakti dari rdb honda?? 😈
om numpang naruh jemuran yahhh??? https://kenthoetboreup.wordpress.com/2012/04/23/tips-n-trik-merawat-cvtmengganti-grease-cvt-secara-periodik/
silahkan..
sakti nggaknya sih mestinya bagusan RDB secara value.
tapi pas ngerasain di lapangan hampir mirip kok.. mas taufik jg pernah bandingin waktu testride NMP-Byson. katanya 11-12
ijin menyimak 😀
maturnuwun mas heri..
tromol yamaha sudah sakti….bagaimana kalo sudah versi cakram keluar….sakti mandraguna
jos gandosss
mungkin testnya itu lebih enak saat sama2 baru 😀
piksen ane udh 2 tahun lebh n saat cb yang NMP berasa NMP lebih enak, apakah karena masih baru atau emang NMP lbh enak ya 😀
vixion saya pas baru dulu malah nggak seberapa enak 😛
cakram belakang memang di set gak pakem spt rem depan. coba test rem ninja series. terasa gak pakem.
kayaknya memang begitu.. 🙂
Karena memang sengaja tingkat ke-pakemannya
berbeda antara depan dan belakang. Membantu
pengereman, tetapi tidak sampai mengunci. CMIIW
Liat untuk kelas motor besar, justru depan disc-nya
malah dua biji dan diameter besar. Sementara belakang
cukup satu dan biasanya lebih kecil (untuk versi standart)
😀
sippp.. pencerahan otomotip mbah..
betul2 piawai :shpck:
reviewnya mantep mas..imho kalo masalah bentuk emang lebih sporty v-ixion..tapi memang ahm sedang berusaha berubah..
kita tunggu bersama, revolusi desain untuk next produk AHM 😛
dah 2x vixion ane libas nmp,kalo soal top speed nmp msh kalah jauh ama vixion bro.diatas kecptan 100 km/jam udah megap2 tu nmp
wahh sip juga tuh..tapi ati-ati mas.. 😛
tergantung yang bawa motornya