Opo bener scorpio bakal jadi 250CC? mantap juga tuh: sebuah artikel kecil..

Bagi pabrikan Yamaha, Scorpio itu jelas produk ujung tombak, nomer wahid. Meski memiliki Byson dan Vixion, namun si kalajengking lah yang secara harga maupun kubikasi (juga performa) lebih tinggi..

Sayangnya, sambutan pasar terhadap Scorpio di awal 2012 ini melempem. Hanya beberapa biji saja yang terjual, kontras dengan kedua adiknya yang justru makin deras salesnya.. Memang antara si scorpio dg kebo maupun piksen beda kelas dan segmen, tapi tetap saja tak bisa dijadikan alasan kelesuan penjualan tersebut.

Disinyalir kondisi ini disebabkan oleh kejenuhan akan Yamaha Scorpio.. Moossookk? :mrgreen:

Penyebab spesifiknya bisa bermacam-macam. Mungkin karena modelnya kurang disukai, atau bisa jadi mesin yang diusung kurang mutakhir, atau kelas 200-225cc mulai terkesan tanggung dengan maraknya kelas 150 dan 250cc yang mengapitnya. Untuk segmen yang pertama, Yamaha sudah punya jagoan hebat yang susah ditandingi, jadi akan lebih logis kalau scorpio naik banding aja ke kubikasi seperempat liter.

Sangat menarik buat kita menanti metamorfosa Si Kalajengking ini, setelah facelift total kurang mendapat sambutan tentu jalan lain hanyalah merombak mesin. Lebih baik mencoba daripada “hidup segan mati tak mau”.. Dan menurut pandangan penulis, keberadaan Scorpio 250 jelas sangat menjanjikan dan berprospek bagus. Kenapa begitu? Sebab secara mesin, Yamaha sudah siap sedia tak perlu banyak riset lagi, otomatis investasinya nggak masif atau menelan dana besar.

Bila kita mengharap Scorpio 250 sefenomenal varian 250cc pabrikan tetangga, itu rasanya mustahil. Si Kalajengking saat ini masih bermesin SOHC 1 silinder, pendingin udara, dan masih karburator, sangat susah membayangkan ada transformasi radikal jadi 2 silinder, liquid cooled, atau DOHC. Kalau Injeksi masih mending, relatif logis..

Lawan tanding untuk CBR250,Ninja 250, atau Inazuma bukan Scorpio 250 yang inferior dipandang dari perspektif manapun, namun bisa jadi Yamaha menyiapkan mesin250 lain yang masih digodok di dapur RND yamaha (Jepang, maybe..). Dalam perspektif gianluigi mario, malah dengan “inferior”nya Scorpio 250 Yamaha akan memiliki peluang bagus menciptakan kelas baru yakni 250CC entry level yang berharga ekonomis namun performa cukup mumpuni. Saya pikir produk ini bakal mendapat sambutan lumayan.. hehe

Bahkan kalau Performanya mampu melampui P200NS, produk ini akan jadi ancaman serius bagi andalan BAI tersebut. Dengan membawa panji nama besar Yamaha, diyakini Scorpio250 punya nilai lebih..(asal desainnya nggak wagu seperti sekarang)

Nah, bagaimana menurut analisa sampean. Mau mesin 250cc yang ganas namun ekonomis?? Scorpio 250 bisa jadi jawabannya.. Monggo dikomentari (gianluigimario)

Advertisements

45 thoughts on “Opo bener scorpio bakal jadi 250CC? mantap juga tuh: sebuah artikel kecil..

  1. REC*303 says:

    Headlamp scorpio jelek,,,

  2. Ghuno says:

    yo fazer 250 itu yg cocok kang, model keren mesin sama kaya scorpio cmn beda cc, oil cooler & injection

    • Zuhry says:

      tapi inget kan bro…fazer tu cuma 21ps utk ukuran 250cc spt trlalu memalukan,krn ntu yamaha ragu ngluarinnya…hrusnya mnimal fazer jd dohc n yjetfi mngkin bsa naik sampe 24-25ps spt cbr/megelli gen 3…,beratny mirip p220 juga tuh

      • Ghuno says:

        klo kaya gt ribet bakalan mahal… biar sekali2 ada lah motor 250cc model keren tp harga murah… y kaya byson gt lah harga murah, model keren, tenaga y apa adanya….

      • hehe.. ya biarin aja scorpio 250cc khusus untuk yg berharga ekonomis
        yg buat nandingin CBR atau Ninin ya buat mesin250 lagi yg 2 sil atau DOHC, 😛

  3. H3 says:

    Mending Scorpio di balikin ke asalnya… Maksute.. Basic engine dari Yamaha Serrow (Trail).
    Nah sekarang kasih baju Trail dengan 2 pilihan type : desian kros (ban tahu) & super moto (ban on road lebar).
    Torsi Scorpio besar, cocok utk off road.
    KLX selama ini belum ada kompetitor nya.
    ———
    Utk 250cc pesaing Ninin /CBR >> Riset engine baru >> syukur 2 cyl & injection >> pendatang baru hrs punya >> amunisi gress (fitur ok).
    Model full fairing >> model uptodate >> bisa contek kakanya (R1-R6) >> krn ini adalah segmen hobies.

  4. smartf41z says:

    Dengan kata lain fazer 250 made in indonesia

  5. redbike92 says:

    kalau NewScorpio 250 harganya sak Tigor bersaing banget. Wah 2012 tahun revolusi merek2 motor :mrgreen:

  6. nanared says:

    ditempatku lumayan banyak NSZ ini,bahkan headlamp*anehnya* sekarang gak aneh lagi 😀

  7. Klangon says:

    Kalo mau entry level mesinnya tetep pakai SOHC, pendingin udara, tapi injeksi dan bore up 250CC. Body sudah pasti street fighter, ambil basic dari byson dengan penyesuaian tentunya. Dijual di bawah 30 jt, pasti bayak peminatnya, karena jauh lebih murah dari CBR no ABS yg dikisaran 43 jtan, dan juga belum ada 250 cc naked street fighter. Sesama naked, GW250, cenderung ke touring.

  8. dave says:

    model + iklan,, supaya bisa dongkrak neh motor,,
    model nya mungkin terlalu aneh,,
    ato segment nya kurang banyak diminati orang..
    kalo mo di buat premium sekalian,,
    tapi pulsar 220 laku2 aja ya? haha,, binun..
    imho harus di ganti sama teknologi + desain yg bagus.. cmiiw..

  9. sugara says:

    kl new scorpio mdely kyak gmbar pling bawah,ane rela jual tanah

  10. c-seratus says:

    Unik jg level sport 200-250 naked, ya mas…
    Dulu kawak KZ 200 punya image kuat sbg turing sport…bahkan rondonya masih ada yg pelihara. Somehow estafetnya bisa ”pindah” ke tiger hingga kini. Suzuki berminat mencicipi kue dgn thunder 250, sayang kurang disambut, padahal motornya ok punya. Masih lebih baik scorpio nasibnya…walau tdk besar pasarnya, msh memiliki peminat. Barangkali yamaha bisa merebut ‘image’ sport dgn memainkan ”teknologi” sbg ‘value added’ nya. Scorpio punya design gagah, mgk hanya perlu sedikit penyesuaian selera, mesin 250 cc sohc injeksi + 6 speed, itu dulu…barangkali akan sanggup memikat ”die harder’ turing.. imho
    :mrgreen:

  11. adrian says:

    kalau basisnya mesin fazer 250, akan sangat berat, ingat yang dibawa adalah produk flag shipnya yamaha. hon, kaw dan suz dah punya senjata yang handal paling engga keluarin produk yang seimbang. apalagi kalau sampai kalah sama yang 200 cc dr pul dan kate. MEMALUKAN…
    ah, seandainya punya duit scorpioku akuganti dengan R6 atau biar ngayalnya ga tanggung belijuga B king, gold wing dan gtl 1600.
    mantap……

  12. Dismas says:

    250cc, harga 25 juta pas… Laris langsung, hahaha 😀

  13. ridertua says:

    pinjem baju P200NS 🙂

  14. good day says:

    Tak kirain fazer gan ><
    Knp y gg fazer ajj yg beredar diina y gan??^_<

  15. good day says:

    Gambar k2 joooooos gan’ top markotop, cocok buat pio 250,,,,,,,,,guaaaanteeng seguanteng p200ns,,,,,,,,,maxoooooooos dah’,,,,,,,,,,^¤^

  16. good day says:

    Laen gan’ ntu kn ada 3 gambar sma yg plg atas’ maksud ane yg k2 warna hitam,,,,,,,joos ^o<

  17. good day says:

    Yup,,,,,,tul gan’ heeem bsa jdi juara baru 250 jikalau hargax yg dtawar menarik gan’,,,,,,,hehehe

  18. Mendingan ymki bkin scorpio 250cc wlw pun mesin masih SOHC 1 silinder tw upgread basis mesin vixi menjadi 250 dgn kecepatan new vixi 16PS menjadi 26PS tentunya dgn 4 Valve dan injeksi juga gan.. Pasti laris manis tuh.. asalkan bodinya di bikin sebagus mungkin.? ya bikin bodi r6 yg dimensi 250cc trus copot bajunya jadiin serri naked bike kaya vixi dri R15 jadi vixion pasti laku..

  19. Itulah prubahan yg sederhana tpi mengejutkan bagi para biker tanah air dan yamaha gx perlu meriset ulang mesin..? Karna di tigor juga pasti pke basis NMP trus di upgread..

  20. mending king
    shock belakang lom dinaekin udh ceper…..
    letoy,,,,,,,,,,

  21. samz says:

    cc biar 223(size aktual) aja tapi body coba jiplak xj6 atau mt-01
    karbu ganti injeksi
    pendingin dari air jadi banyu aja
    gear box juga gak cocok untuk motor dgn cc segitu masak gigi cuma 5
    spedometer ganti kayak adek”nya itung” ngikutin perkembangan jaman

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s