Betulkah cakram belakang (RDB) itu penting banget???

sehabis berbincang dengan seorang teman blogger, saya jadi penasaran dengan cakram belakang, atau lazimnya disebut Rear Disc Brake (RDB)..

Secara gampang bisa dikatakan bhwa fitur RDB itu pasti lebih keren.. Liat cakram melingkar di roda belakang, kesan yang terbersit itu gagah dan mutakhir. Hehe.. Jadi secara visual, tanpa perlu perdebatan disimpulkan rem ini lebih manis.

Nah dilihat dari perspektif harga, jelas rear disc brake lebih mahal.. apalagi kalau sudah menyangkut orisinil dari pabrikan, biasanya selisih lumayan jauh ketimbang teromol. Hal ini tentu sangat logis mengingat seperangkat lengkap RDB memerlukan banyak aksesoris yang lebih kompleks dibanding hanya Drum type.

Perawatannya (maintenance) piye?
Secara umum mungkin lebih long life /awet ketimbang teromol namun perlu monitoring minyak rem yang secara rutin kudu diteliti. Kalau terjadi gangguan jelas bakal berimbas pada performa dan paling jelek kemungkinannya adalah rem blong.. hehe. Imho bila terjadi kerusakan, maka disc brake memerlukan budget yang lebih besar pula.

Paling penting adalah dari segi Fungsional..
Adalah fakta teknis, bahwa rem cakram itu lebih pakem dari rem biasa/teromol/rem jepit atau rem sandal sekalipin:mrgreen:. Tapi secara signifikan, yang paling butuh cakram adalah roda depan, untuk motor yang ber-cc kecil. Jadi hukum pemakaian Front DB mendekati wajib..disepakati oleh kebanyakan montir. Terus kalau rem cakram belakang, apakah juga difardukan?

Jika kita telaah bersama, pengereman utama berada pada roda depan sedangkan ban belakang itu mengikuti saja..  Bila dengan teromol saja suatu kendaraan sudah mencukupi sebagai pendukung rem depan, niscaya RDB bukan sebuah keharusan.. kecuali pada mesin bertenaga masif atau berdaya kuda besar. Pada motor harian, biasanya seting cakram belakang dibuat kurang pakem atau nyaris seperti teromol.

Kalau dalam posisi hujan gimana? memang secara teori cakram lebih bagus performanya, apalagi kampas rem drum biasanya berdecit ketika dalam kondisi basah.. Namun tak berarti RDB lebih safety pada saat hujan, karena rem belakang yang sangat pakem tentu mudah sliding di lintasan basah. Saya pernah merasakannya ketika RDB terlalu ‘bagus’ maka dijalanan berair pengereman jadi zig-zag. diinjak sedikit saja sudah ‘terpeleset’, jelas kurang safety dan perlu skill lebih tinggi🙂.

Ukuran ban belakang dan total bobot kendaraan juga imho berpengaruh. Semakin lebar roda, bakal semakin membantu pengereman jika memakai cakram. Bobot yang lebih berat juga memiliki andil pada performa RDB..cmiiw.

Inilah tabel ringkasan singkatnya :

Ada RDB makin sip dan manis.. RDB absen, yah asalkan performa rem teromol sudah mumpuni cukuplah. hehe

Silahkan kalau ada tambahan, atau bahkan kurang setuju.. bebas dan santai saja..
(gianluigimario)

15 thoughts on “Betulkah cakram belakang (RDB) itu penting banget???

  1. dave says:

    jadi kalo ngerem lebih banyak pake depan ato belakang?

  2. harisupriono says:

    kalo yg cc kecil kayak vixion sih kayaknya tromolnya cukup sakti kang.tp kalo masang rdb jelas menaikkan tampilan.
    untk sementara,piksen saya,rem mburi mash pake tromol.(durung ono duwit gae tumbas,haha)

  3. yayaeucup says:

    klo suatu keharusan saya yakin, udah dari dulu vixion pakai RDB, saya setuju klo belakang pakai RDB, yang pasti harganya pasti lebih.

  4. kharis27 says:

    mosok motor sport ga pake RDB hihihhi

  5. dani says:

    Tromol belakang buat motor cc kecil speed gak sampai 120kmph reliabilitynya oke..terutama pas hujan..kalo Disk depan terkadang loss Drum belakang ampuh sob..tampilan memang ya gitu deh tromol..tapi kali dikrom gaya klasik malah jadi cantik dan tetep fungsional..selamat RDB bukan main Brake point sih dapet semua tampilan dan fungsi..yah mungkin stelannya aja yang dikin gak terlalu pakem..kalo gak salah diblog IWB pernah dibahas Ducati Bro Satar yang RDBnya dilepas dikarenakan kemampuan brakenya malah bisa membahayakan bagi pemula..tapi lagi-lagi ini dicc kecil hematnya kalaupun digunakan yah daya brakenya agak dikurangin jadi tinggal kombinasikan rem depan belakang dengan sangat pas kalo dah biasa pasti bisa….biar gak ngelock,ngesot, blasss and Dlozor…(pengalaman Pribadi Pake motor RDB Panic Braking pake rem Belakang)

  6. dani says:

    sori ane gak contra opini tapi pengalaman aja kalo pun drum berdecit tapi kalo lagi hujan justru lebih asik…

  7. enth says:

    karena sekedar fungsi saja tidak cukup, karena itulah RDB wajib hukumnya

  8. RC110R Rider says:

    Hahaha..ya walaupun ga harus tapi lebih menguntungkan RDB, kata siapa jangka panjang RDB mahal??? RDB kalo cakram tergerus kampas rem, ganti cakram paling mentok ga nyampe 200 ribu…nah kalo tromol racing belakang sudah tergerus kampas???mau ganti velg racing berapa hayoo harganya???800ribu tembus juga tuh buat beli velg racing….

  9. joseff says:

    klo menurutku rdb lebih sip, dari segi tampilan juga keawetan tromolnya , bayangin aja klo lagi ga ujan n lagi jalan jauh, + sering ngerem akibat jalanan jelek atau tersendat tromol jadi panas imbasnya ke dudukan bering jadi longgar akibat pemuaian yg di sebabkan panas tromol itu sendiri !!

  10. Anonymous says:

    hii…

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s