Rem Cakram Depan nggak pakem sesudah dipakai mendadak? belum tentu rusak loh…

Pada suatu ketika, motor gianluigi mario pernah nyaris mencium sebuah matik yang tiba-tiba saja berhenti njegagrag setelah keluar dari satu gang. Secara reflek karena jarak yang mepet , langsung aja tarik rem depan dengan dibarengi injak rem belakang. Meski roda buritan sempat slip dua kali, untungnya matik tersebut belum sampai tersudul. Hanya selisih beberapa  senti saja..

Alhamdulillah.. Kerasa banget fungsinya rem cakram disaat itu. Kalau kurang sip dikit aja, hampir pasti benturan tak terhindarkan.

Tapi setelah kejadian tersebut, anehnya Rem depan saya nggak pakem lagi.. ditarik berulangkali masih ngeluyur saja.. Upppsss, rusakkah??? Olinya habis? Atau piringannya panas? ckckck…

Setelah  parkir disebuah masjid, coba saya periksa tuh piringan dengan senter kecil. Oli penuh. Kampas masih bagus, kabel isih normal. Piringan emang masih anget, tapi masak karena itu penyebabnya? Wah nggak mungkin kayaknya. Tentu koefisien temepratur  sudah dipikirkan masak2 saat mendesain sehingga minim dampaknya kalau terjadi overheat. cmiiw

Yawes, iseng bersihin aja beberapa bagian yang debunya tebal dan dibiarkan agak dingi setelah salat.. Diujicoba kembali.. Eh masih belum pake bro.. 😦

Saya pikir pas narik tuas rem, itu jarak tariknya terlalu panjang, nyaris nyentuh handel gas. Biasanya kan nggak.. “Wah jangan2 ini nih sebabnya, lah ditarik nyampe gas kok masih belum mengerem juga??? ”
setelah ditarik berulangkali sekuat tenaga, lambat laun handel rem kembali normal, yaitu cukup menekan sedikit saja sudah berfungsi maksimal.

Wah berarti apa sebabnya ya? Karena nggak punya banyak ilmu, saya berspekulasi bahwa hal tersebut memang sifatnya disk brake, mungkin kemasukan udara atau apa, yang jelas solusinya adalah coba menekan handel beberapa kali hingga jarak tekannya normal kembali..

Punya jawaban yang lebih teknis? atau pernah mengalami masalah serupa??
Coba disharing disini..
(gianluigimario)

Advertisements

19 thoughts on “Rem Cakram Depan nggak pakem sesudah dipakai mendadak? belum tentu rusak loh…

  1. vixy182 says:

    kemungkinan masuk angin bro…

  2. Wiro Sableng says:

    Piston bagian atas, yg ditekan sama handel rem bermasalah kali bro…

  3. nanared says:

    kemasukan angin palsu barangkali pak

  4. dave says:

    kayak nya musti beli motor baru tuh mas.. wkwk..

  5. kemasukan angin bro,
    solusinya :
    – siapkan kunci ring ukuran 8
    – siapkan selang bening seukuran nipel (baut pengeluaran oli di kaliper) *tidak wajib*.
    Wis ra kakean omong, langsung kerja.
    1. Buka karet nipel, Tancapkan kunci ring pada baut nipel, diikuti pemasangan selang bening diatas baut nipel.
    2. Kendorkan baut sedikit, tp msh pada posisi tertutup.
    3. Tekan tuas rem berulang2 (kocok).
    4. Hentikan blowjob..eh kocokan, posisi handle rem tetap ditekan kuat.
    5. Buka baut nipel dg cara menggeser kunci ring ke kiri. Setelah oli rem menyemprot, baut kencangkan lg (asal udah nutup).
    6. Ulangi cara kerja no. 3-5 sampai oli yg dikeluarkan tidak berbusa (bisa diliat di selang bening.
    7. Kalo oli yg dikeluarkan sudah tidak berbusa, kencangkan baut nipel scr maksimal, tutup lubang dg karet penutupnya.
    8. Selesai. Imho

  6. joko says:

    piston master rem bisa saja jebol (walau jebol tapi blom tentu minyak remnya merembes lho), solusinya ganti aja piston master rem eceran, 10ribuan, normal deh

  7. ade. says:

    bingung ni mas bro….mw bka disc depan…puatar kiri gk bsa mang ptarx kmna ni

  8. joel says:

    itu gejala seal piston master rem yang buat mompa oli rem (posisi di setang) dah mulai lemah, udah gak elastis lagi, biasanya tiba” ngempos krna oli gak bisa dimampatkan, solusinya ya ganti, tp jangan pake yang imitasi ya? karena karet seal yg imitasi gak selentur yg aseli, jd kemungkinan ngempos lagi lebih besar. kn bahaya bro klo pas kita lg jalan kenceng lg, tiba” rem ngempos alias blong.
    motor saya pernah ngalami itu, tp setelah saya ganti yg aseli langsung sembuh. gak pake ngempos lg.

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s