Apa DOHC selalu mahal??? nggak juga sihh..

Banyak suara yang pesimis, kalau mesin varian terbaru Honda itu pakai dobel kem, mana mungkin dijual murah???

Mungkin opini tersebut mengacu pada kasus CBR150 yang notabene paling mahal dikelasnya..

Opini saya sih netral aja. Lebih mahal dari SOHC itu lumrah, namun bisa juga dibuat selisihnya nggak terlalu jauh lah. Yang buat CBR mahal kan peruntukannya untuk segmen menengah keatas, bukan buat entry level atau mid-end. Dipereteli tanpa full fairing, trus beberapa partnya didowngrade, chasisnya juga nggak dipakai ambil yang biaya produksinya lebih murah tentu harganya bisa turun drastis.

Satria FU aja, dengan mekanisme DOHC jadi jauh lebih mahal dari motor lainnya. Jauh??? imho sih enggak karena kan jarang ada bebek yang 150cc sebagai pembanding. hehehe
misalkan ambil Suzuki Shogun dulu berharga 16 juta (masih 125cc), pada saat yang sama FU dibanderol 19jt (sudah 150cc). Jadi bolehlah diperkirakan bahwa kalau Shogun CCnya 150 juga, harganya ada disekitar 18jt.
Hampir sama tho..

Kalau begitu New Megapro kan nilainya sekitar 20jt, masih SOHC apakah ditambah 2-3 juta saja bisa jadi DOHC? mungkin saja laaahh.. hehe
Tergantung bagaimana nanti bagaimana Strategi AHM menyiasatinya.. 😛
Ini kan pakai mesin CBR, lha motor itu kan mahal? Kembali ke jawaban pertama, yaitu CBR itu peruntukannya beda segmen, dan tentu dengan beberapa pengurangan atau downgrade harganya bisa ditekan ..

Itulah analisa ngawur hari ini.. 😀 Teknologi DOHC nggak selalu jauh lebih mahal kok..
(gianluigimario)

Advertisements

31 thoughts on “Apa DOHC selalu mahal??? nggak juga sihh..

  1. Ghuno says:

    pertamax plus

  2. zaqlutv says:

    honda jazz masih SOHC mahal tuh.. 😀

  3. cah ndeso says:

    CBR mahal kan karena masih BU dari thailand…. coba kl AHM langsung produksi nggk akan semahal itu… mungkin harga CBR150R bisa 24 jutaan, CBR250R bisa 30 jutaan…

  4. dave says:

    megapro 20jutaan.. sohc..
    tambah 2-3 jt buat jadi dohc..
    tp teknologi injeksi, teralis nya,
    teknologi spy neh motor lebih kenceng,
    apalagi ya? semua kira2 tambah 5jt..
    jadi nya 27-28 jt jg tuh,, imho.. cmiiw..

  5. Wiro Sableng says:

    Kalau yg ngeluarin AHM sih saya pesimis kalau bisa murah…. Tp kalau yg ngeluarin BAI, yakin deh bisa terjangkau…. Hahaha…

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s