Kendali emosi saat riding.. penting banget..

Namanya jalan raya, ya jelas banyak seliweran mobil dan motor. Pengguna jalan makin rame.. ada yang pelan, yang ngebut, ada yang santun, bahkan ugal-ugalan.. semua campur jadi satu.

Gimanapun, selalu ada rider yang gayanya di jalanan itu memancing emosi. Betat-betot gas, bleyer-bleyer, ngece, dan sebagainya. Entah apa maksudnya, yang pasti perilaku seperti itu susah dihilangkan..

Iri?.. Ingin unjuk gigi?.. cari perhatian? atau tangannya memang gatal?

Jawabannya nggak penting. Yang justru lebih penting adalah  kita jangan sampai terpancing meladeninya,.. darah bisa aja naik ke ubun-ubun, namun kendali emosi tetep kudu dijaga.  Yang waras ngalah aja, biarin tuh rider yang mentalnya sakit.. (kalau bisa doain lekas taubat hehe) :).

Kalau emosi sudah lepas, nyawa kita adalah taruhannya. Ketika ingin balas dendam dengan amarah yang membara, kita kadang lupa keadaan sekitar hingga membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

Contohnya cerita teman saya bernama D. si doi disalip trus dibleyer-bleyer dari samping, nah karena emosi gak terkendali dan naik pitam dia kejar tuh motor dengan kecepatan tinggi, Niatnya apa? konyol juga mas bro.. nabrakin si alay tadi dari belakang!!! saking emosinya. Padahal kan sama saja bunuh diri.. dia terpental sehabis roda depannya nyenggol motor yg dia tabrak, dan tubuhnya terlempar beberapa meter ke pinggir jalan. Yang ditabrak malah  nggak apa-apa..

Miris banget, kehilangan emosi sesaat bisa menjadi kehilangan nyawa..

Singkatnya, pelajaran yang dapat kita petik adalah  jangan sampai kehilangan akal sehat, hanya karena terpancing ulah provokatif orang lain.. Bahaya mengancam nyawa kalo sudah dikuasai marah sambil nyetir kendaraan..

Tenangkkan diri, maafkan, atau doakan lekas sadar. Di salip pokok nggak nyerempet kan motor kita nggak kurang satu apa.. jangan terpancing emosi..
Semoga berguna,,
(gianluigimario)

Advertisements

30 thoughts on “Kendali emosi saat riding.. penting banget..

  1. kharis27 says:

    jngan terpancing emosi.,.,ngelus dada bae hehe.,,.,.

  2. cah ndeso says:

    tapi kadang bikin mpet juga….. apalagi bikersnya cewek lebih sruntulan….

  3. dave says:

    ya kalo di salip,, ya kejar salip lagi lah,,
    jgn malah di tabrakin,, ngaco itu mah..
    biasa nya ngeliat yg pake ninja suka jadi pengen ikutan nyusul,, 😀
    atau geng2 motor yg suka belagu gt,,
    ato lagi telat,, *kebiasaan telat,,
    jadi suka ngebut2 gt,,
    kalo lagi biasa ya alon2..

  4. zulfauzi says:

    balang nggo dingkliq wae mas 😀
    (motor aman, nyawa aman, hanya dingkliq saja yang melayang)

    ————-
    http://zulfauzi.blogspot.com/2012/05/dingkliq-detected.html

  5. yayaeucup says:

    klo saya gak ada yang manas2in (yang manas2in males), klo ada juga cuek is the best.. malah yang buat gak konsen itu klo jalan bersama2 dan ngikutin jalannya, klo jalan sepi enak klo rame buat pusing karena harus ngikutin

  6. redbike92 says:

    blayer tanda ga dewasa
    daripada ngurusi anak TK umur 20 tahun, mending urusin yang lain aja kak bro 😀
    http://redbike92.wordpress.com/2012/05/18/indonesia-go-blog-ngeblog/

  7. Dr.Feelgood says:

    klo sya pribadi mas, yang sring saya alami adalah ketika saya berpapasan dijalan yang memang cukup sempit dengan pengendara motor lain, saya sudah diposisi kiri yang mentok, eh malah mau dimasukin juga, udah tahu sempit. itu yang bikin saya tak habis pikir, itu orang kaya yg gk punya otak aja, jalanan dia habisin sendiri.

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s