Logis nggak kalau mesin baru Honda nanti bisa murah???

Kalau New Megapro bisa murah, kita faham.. si macan tembus 26jt, juga masih dimaklumi kan sudah tenar dan 200cc pula. Lha kalau mesin DOHC yang lazimnya dihargai Honda, 33juta rupiah kok bisa ditekan jadi 23-24jt, aneh sekali ya???

Mesin bermekanisme sama, bendera pabrikan sama, tapi harga selisih dua digit.. Darimana asalnya?

Waladalahh..timbul tanda tanya besar bagi gianluigimario dan beberapa pengunjung warung..Secara sepintas memang terlihat mustahil, mesin Honda nantinya bisa semurah itu. Tapi mari coba kita utak-atik bersama.. (sedikit ngawur boleh lah..). Bisa jadi, konsekuensi yang datang dari murah itu hampir pasti “kualitasnya inferior”.. Ya nggak? logisnya begitu. Kalau ada orang yang nawarin satu barang, harganya jauh dibawah pasaran patut kita pertanyakan rupa barang tersebut.

Sayangnya belum ada gambar yang dapat menjelaskan  hal tersebut..

Atau bisa jadi dirakit CKD  part-nya? Kalau ini lumayan masuk akal juga. Apalagi kalau beberapa bagian diproduksi secara domestik, seperti disiratkan mas IWB. Dengan membuat sendiri beberapa komponen yang kalau diimpor mahal harganya, tentu biaya akhir bisa ditekan.

Namun biasanya part yang produksi lokal dengan “ori” dari negara asalnya, itu punya selisih mutu..cmiiw.

Terakhir, bisa juga kita terpaku CBR mahal, melupakan value dari fairing itu sendiri sebagai pembeda harganya. Jika saja  ada CBR tanpa fairing misalnya, saya cukup yakin kalau harganya nggak semahal sekarang, bisa selisih  3-5 jeti imho. Karena motor baru Honda gak pake baju full , tentu saja biaya produksi juga jauh lebih kecil, hehehe..

Singkatnya adalah memang sulit diterima kalau mesin sport baru Honda nanti sudah DOHC tapi harganya murah..namun jika dipikir pikir ke arah pembuatan sendiri beberapa komponen, kan mungkin saja suatu biaya produksi bisa turun.. Unfortunately, kalau nantinya kualitas juga turun ya jangan kaget. ono rego ono rupo..😛. Fakta yg sedikit ” menghibur” adalah jika absenya full fairing pada varian terbaru AHM itu bisa menimbulkan selisih yang signifikan. Ini bisa diartikan : kualitas hampir sama, hanya saja tanpa full fairing kan bisa lumayan murah..

Yahhh.. apapun alasannya, kurang logis memang jika mesin sama dengan CBR banderolnya 20jt-an, maka dari itu  jangan kecewa kalau nantinya hampir pasti ada penurunan pada kuaitasnya. *analisa ngawur..
Inilaah rumitnya kalau pengin semua barang bisa semurah-murahnya:mrgreen:
(gianluigimario)

19 thoughts on “Logis nggak kalau mesin baru Honda nanti bisa murah???

  1. c-seratus says:

    pertamax subuh…

    nah joss..penjelasannya mas. Ditambah pajak ckd lbh rendah dan profit margin yg dipekecil (memperbesar volume prod?), barangkali, ikut andil mengurangi komponen harga ya..🙂

  2. tau AH says:

    kurang luas mas pola fikirannya !! Harus di analisi lebih dalam lagi . . . .

    Melihat kasus vario yg mesinnya 11-12 dgn pcx,tapi harga vario jauh di bawah pcx. (inga, mesin vario it produk global) soo..klw dibilang mesin vario inferior or kualitas jelek di banding sang kaka ‘pcx’ it salah. Yg bener, ada beberapa part yg di hilangi shg dpt menekan harga.
    N mungkin sperti kasus it pada teralis vs cbr 150.
    Inga jg, cbr 150 it produk impor.

  3. Rony says:

    kalo mesin,bsa aja lbh murah mas..sesuai judulnya..lingkup pmbahasan dbatasi d mesin aja lho ya..lgpula harga sbuah mesin cbr kan masi blum jelas mas..trkadang fitur dan kawan2 it hargany lbh mahal dr mesin it sndiri..cmiiw

  4. nanared says:

    kalo targetnya membungkam kompetitor,bukan gal mungkin bro,untung dikit atau balik modal aja dulu,pelan2 naik,sampai mahal lagi
    http://nanared.wordpress.com/2012/05/27/pict-isuzu-panther-dengan-dual-enginemesinnya-dua-bro/

  5. redbike92 says:

    wah ini sih kasus Supra FIt dulu kak bro
    pertama murah, buat menghadapi Mocin Jialing
    terus lama lama lama lama naik naik naik
    yang turun harganya Supra Fit seken:mrgreen:
    http://redbike92.wordpress.com/2012/05/28/honda-c70-antik/

  6. dave says:

    tapi klo kualitas ato jd lebih inferior,,
    gmn mo ngadepin new vixion? cmiiw..
    tp saia lebih suka emang klo pake mesin cbr,,
    emang hrs inferior byk.. :p

  7. andhi_125 says:

    kalo menurunkan kualitas kayaknya endak menurut saia…taruhannya brand gede gitu lho…
    apapun itu, rasa sabar mengalahkan segalanya😆
    (nunggu aja gimana jadinya nanti bila mass pro:mrgreen:

  8. karena akan jd penantang vixion, pasti akan diproduksi disini, tinggal menghitung beberapa kemungkinan agar harga bs low price :
    1. Pengurangan fitur
    2. Fitur tetap, tp kualitas material diturunkan dlm batas toleransi, seperti halnya honda legenda, supra fit, mungkin nanti namanya jd CBR FIT.

    kalo pengurangan fitur, sepertinya cuma bisa motong harga dikit, soalnya udah produk lokal.
    Kalo pengurangan kualitas dlm batas toleransi, sepertinya ada benarnya, asal kualitas gk jelek bener pasti laku, krn terkerek brand honda.
    Liat aja beberapa selentingan tentang produk honda skr, terutama soal bodi yg katanya bahannya spt ember, tapi tetap laku.

  9. bensincampur says:

    dohc makin merakyat😀

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s