Cepat atau lambat, Yamaha pasti akan ikutan produksi 250CC..

Pernah suatu ketika saya tulis dikertas semua produksi empat pabrikan besar untuk kelas sport. Hasilnya adalah munculnya 2 tanda tanya dibenak gianluigimario. Satunya soal Suzuki, dan berikutnya tentang Yamaha.

Yamaha tidak punya wakil untuk 250CC (tiga pabrikan lain punya), sedangkan Suzuki nekat bermain di kelas 125cc yang notabene tiga pabrikan lain sudah nggak tertarik..

Walaaahh.. kalau berbicara tren, tampaknya Yamaha cepat atau lambat akan ikutan bermain, saya cukup yakin dengan asumsi itu. Berita TMCblog sehari yang lalu pun semakin bikin terang opini tersebut..

Memang kalau suatu brand itu tidak memproduksi sebuah mesin kelas tertentu, itu bisa saja dipengaruhi dua faktor :
– Memang dari strategi atau kebijakannya
– Tidak memiliki mesinnya atau prototypenya.

Kalau Yamaha bersikeras untuk menetapkan strategi tidak meramaikan sport seperempat liter ini,saya pikir itu takkan bertahan lama. Mengapa? karena kelas tersebut semakin hari tambah diminati dan memiliki prestise yang sangat tinggi meski secara prosentase masih jauh lebih kecil dari kelas umum, namun perkembangan segemnnya sendiri terus bergulir.. tahun demi tahun..

Nah kalau soal permesinan, meski untuk saat ini YIMM tidak punya, namun Yamaha Global pernah mengeluarkan varian-varian 250cc, misalnya Zeal, atau bahkan Fazer. Tentu buat pabikan sekelas Yamaha tak sulit buat mesin beginian, kalau mereka mau..apalagi kalau histori sudah mencatat mereka pernah menelurkan kapasitas tersebut.. Tinggal mengembangkan saja, kan sudah ada pondasinya.. hehe

Pada intinya dengan berasumsi simultan bahwa Yamaha akan tertarik ikut 250cc dan fakta bahwa membikin mesin kapasitas tersebut tidak sukar buat mereka, maka gianluigi mario yakin, cepat/lambat deretan motorsport 250liter akan menyertakan nama pabrikan garputala ini..


Segera? Rasanya tidak.. karena Yamaha kalau mempersiapkan sesuatu biasanya nggak main-main dan nggak keburu, melainkan merisetnya selama beberapa lama. Kalau kang taufik bilang 2014, itu artinya 2taunan lagi.. :).

Spyshot-nya kapan ya? nggak sabar nihh :mrgreen:
(gianluigimario)

Advertisements

16 thoughts on “Cepat atau lambat, Yamaha pasti akan ikutan produksi 250CC..

  1. dave says:

    scorpio 225 cc,, tinggal bore up dikit jadi 250,,
    tapi apa mesin 250cc bore up itu bisa bersanding ma 3 pabrikan laen?
    dimana dah DOHC,, 2 silinder,, injeksi,,
    apalagi kalo ngomongin power,, gmn neh yamaha?
    btw gw250 dah keluar belom ya mas?
    kok ga denger kabar nya lagi c?

  2. zulfauzi says:

    yamaha tinggal pasang mesin YZF250 ke sasis R-125 aja

    tapi tanpa material titanium dan duralium

    pake aluminium alloy

    dengan kompresi diturunkan jadi 10,5 : 1

  3. SULBOY says:

    kompresi dibawah 10..aja.
    dipadu dengan Kelezatan mesin WR250X..pasti…Yummy.

    ūüôā

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s