Satria FU kompresi 10,2 :1 , Vixion 10,4 : 1 sama-sama boleh pake premium..

Satu lagi artikel ringan dari warung ini, soal bbm..

Adalah suatu fakta yang menarik, saya sering dengar rekomendasi Vixion untuk pake Pertamax disisi lain satria FU yang rasio kompresinya hampir sama jarang disarankan. Apa pengaruh injeksi pada Vixion yang membuat diskriminasi?

Diskusi aja yuk, kan sama-sama nggak tahu.. Buat para ahli ya diharapkan meluruskan atau ngasih tambahan knowledge aja.. ๐Ÿ™‚

Kalau dianalisa secara ringan (versi newbie), maka tidak diharuskan bagi keduanya pake pertamax kok. Mungkin ada beberapa referensi bahwa rasio 10 keatas diharapkan menenggak pertamax, bukan premium, namun saya pikir buat Vixion atau FU yang masuk kategori tersebut sah-sah saja tetep pake premium.. Banyak temen yang punya FU tapi jarang banget yang ngisinya pake pertamax-pertamax plus..
Kecuali yang sayang banget motornya, dan penghasilannya mapan. Jadi buat motor kelas premium yang harganya wahh ya nggak masalah beli bbm-nya semahal apapun.. hehe imho.

Kabarnya Vixion kalau nggak pertamax suara mesinnya ngelitik? wah, maaf saja gianluigimario nggak pernah merasakan gejala tersebut meski cuman dua-tiga kali saja belinya pertamax.. Yang pake FU? saya kira juga nggak ada masalah.. Soal Injektornya Vixion? bisa dibersihkan dengan injektor cleaner cmiiw. Yang jadi masalah kan kalau pake bebsin oplosan ngawur.. bukan bensin premium itu sendiri..

Jadiii?..
Yah, sependapat dengan opini bahwa jenis BBM nggak selalu dipatok dari kompresi, namun juga dipengaruhi daya beli konsumen. Selama pake bensin saja nggak ditemui masalah, ya tidak ada keharusan pakai pertamax.. Yang bergaji besar trus penginnya langganan bensin non subsidi? malah bagus kok recomennded banget buat ngurangi beban negara.. ๐Ÿ™‚

ย Apakah ada efek jangka panjang untuk pembakaran kompresi tinggi dengan premium terus menerus? wah silahkan ditambahi aja buat yang sudah mapan ilmu mesinnya ๐Ÿ˜€
(gianluigimario)

Advertisement

59 thoughts on “Satria FU kompresi 10,2 :1 , Vixion 10,4 : 1 sama-sama boleh pake premium..

  1. nomero uno kah?

  2. kalo premium tak majalah, brarti beli dieceran pinggir jalan jg tak majalah.
    Mungkin dulu dieceran, premium ada yg dioplos dg mitan, tp sekarang, harga mitan lbh tinggi dr premium, jd pengecer tak mungkin mengoplos dg mitan.
    Paling skr cuma takarannya aja yg jd pertimbangan, walaupun itu tergantung dr watak penjualnya.

  3. dave says:

    lagian penyebaran pertamax jg ga merata,,
    dah gt,, harga nya lebih dari 2x lipat premium,,
    padahal beli premium aja dah mahal..
    banyak orang ngomong,, bisa beli motor mahal,,
    tapi masa isi nya pake bensin subsidi,,
    alesan nya ya emang saia bisa beli motor mahal..
    tapi seuda itu kan uang nya abis buat beli tuh motor,,
    belom perawatan nya dsb,,
    jadi ya harus hemat2 dong pake premium,,
    sisa duit di pake buat cicilan motor,,
    dan biaya kehidupan sehari2,, hehe..

    tapi saia c ga pernah isiin motor saia pake premium,,
    cm awal2 aja tuh dari dealer di isi premium.. -.-
    itu jg cm setengah liter,, pelit banget ya? -.-

  4. Yoshi says:

    keduanya tidak disarankan pake pertamax,
    karena pertamax mahal ๐Ÿ˜ฆ

  5. Ok terimakasih infonya gan…

  6. bayu mandala says:

    vixion ane satu setengah taon pake pertamax,memang mesin terasa lebih alus,tarikan rada smooth(rada lemot).lama2 hrg pertamax menggila tmbus 10.600/lt.akhirnya vixion kasi minum premium,ternyata tarikannya terasa ganas&gesit.walopun kompresi dah gede tapi kalo setingan timing pengapiannya bbm premium,terasa percuma dkasi pertamax buang2 duit aja.karena motor yg dirakit di indonesia,seberapa besarpun kompresinya dirancang minum premium.kalo ada yg bilang fu,vixion,mx,vario series,xeon,cs1 wajib pertamax,hanya pernyataan gagah2an saja.secara teori memang benar kompresi besar 10-10,9:pertamax,11-11,9:pertamax+.tp dlm prakteknya gak ada yg kuat kasi minum pertamax terus2an

    • yayaeucup says:

      saya pernah baca artikel juga begitu, hampir semua motor di Indonesia di setting bisa pakai premium, karena udah bisa di Indonesia motor atau mobil di Indonesia bisa di katakan pasti pernah minum premium. salah satunya karena SPBU di daerah pinggiran jarang ada pertamax.

    • budie says:

      setujuuu. saya pake vixion. 1 thn pertama okelah pake pertamax. seiring waktu pertamax makin mahal. akhirnya ngisinya gantian kadang premium, kdng pertamax. karena ga bisa kasih pertamax terus-terusan.

  7. c-seratus says:

    kalau sy mas, selama ini pakai rasio 2:1 utk mobil (dua kali isi premium, satu kali shell super, setara pertamax). Motor yg lama, selalu premium..hehe. Motor yg terakhir, msh pakai shell super sampai skrg. Perbedaan yg dirasakan, kalau pakai shell/pertamax, gas buang rasanya (relatif) lbh bersih. Tdk ada bau bbm sama sekali waktu pagi hari memanaskan mesin dan warna ujung lobang knalpot netral/bersih. Dgn premium bbrp hari sj, warna mulut knalpot mjd kehitaman spt ada residu jelaganya. Sdh jelas mana yg baik dan kurang, tp apa blh buat, pemakaian pertamax mengikuti isi kantong. :mrgreen:

  8. achmad sya'roni blog says:

    yang harus pake pertamax itu yang kompresinya diatas 11:1 itupun masih bisa dikasih minum premium kalo kepepet

  9. Dede,,, says:

    Ini nih yg bikin ane galau mo bli motor berkompresi tinggi (vixion ,,fu,,cs1),,,wajib prtamax,,,jd premium itu oke2 saja toh,,,

  10. mantri says:

    vixion n fu sbelum d pasarkan d sini, para engineer sudah mperhitungkan bs minum premium yaitu dg mnurunkan kompresi tnpa mengorbankan tenaga motor. Pbrikan merekomendasikan agr pengguna motor d atas agr penggunaan pertamax tk menjaga kondisi mesin.

  11. kalkun says:

    kompresi yg tercantum di spek adalah rasio kompresi secara hitungan volume ruang silinder saat TMA dan TMB. Kalo tekanan riel pasti tidak terlalu tinggi karena adanya overlaping klep, jadi tekananannya masih aman untuk premium, CMIIW

  12. bayu mandala says:

    rasanya sih tidak ada pabrikan yg berani menganjurkan bahwa produk massalnya yg berkompresi gede untuk minum bbm pertamax,krn resikonya motor prod massalnya bisa tdk laku.

  13. Mimi says:

    Halow bos numpang sharing pengalaman aja. Vixion ku yg 1,5 tahun lalu di beli langsung modif ban n pelk ,pasang hr4+box,ratio gear 14:44, selalu pake pertamax / plus / shell. Powernya berisi,lumayan lah, contohnya aja gigi 1 lepas kopling tanpa gas(idle) rpm 1500 tuh motor bisa jalan, cocok bgt buat macet2an,gak pegel, hehe. kemaren2 3 minggu yg lalu karena ada pengeluaran ga terduga, terpaksa jatah pertamax nya habis, untuk pertama kali nya isi premium deh. 45ribu fultangki, apa yg terjadi? motor berasa berat, kerasa lah perbedaannya. Dan yang parahnya, klo buka gas di urut(eco riding kalo bahasa gaulnya), tarikan awal(baru buka kopling rpm 2000an) pasti ada gejala mesin kaya mau mati, kalo bahasa sundanya endut2an(haha). jadi ga bisa pake mode lepas kopling tanpa gas lagi, soalnya jadi boyo bgt letoy ga ada tenaga, gas juga kudu rada dalem. tapi masih enak2 aja sih(enak dikantong), wah setelah kupikir2 mungkin ini ada hubungan dengan pengaruh modif. keberatan coy, wkwkwkwkw.
    -cuman sharing2 aja-

  14. kakashi says:

    saya juga mulai berat nih pake pertamax terus, mau coba premium aah…

  15. kharis27 says:

    premium campur pertamak lebih Joossss ,.,.,.

  16. Rony says:

    setau saya smua pabrikan menganjurkan bengsin tanpa timbal..tidak spesifik menyebutkan tingkatan ron bbm..ini brlaku untk mtor 20 jtan lho ya..n kalo g salah juga premium d negara kita ud bebas timbal..so kalo mtor2 produk lokal,ato yg djual apm..aman2 ajalah minum premium karena ud dsetting sdmikian rupa n tentu mengorbankan sdkt performa..
    untk satria fu karena mesin ud dohc,dsarankan minum pertamax..karna mesin rawan ngelitik kalo pake bbm ron 88..ktanya mekanik suzuki sih..teknisnya ane kurang paham mas..wkwkwk
    kalo ane sndiri alhamd selalu isi supra pgmfi dngn pertamax..lumayan irit,1 liter masi bsa menempuh 62 km-an..

  17. Fersan says:

    Isi bensin ya sesuai kompresi yang benernya bro. Kalo gak mampu belinya itu udah urusan pribadi menurut opini saya. Sebab kompresi dan oktan itu adalah HAL MUTLAK. Kalo karena kantong kurang, lalu dibilang ” Boleh ” berarti, dasar opininya bukan karena kebutuhan mesin, tapi karena faktor diluar mesin. Kompresi dan RON itu adalah mutlak hukumnya. Gak ngelitik pun sangat relatif, karena ngelitik itu ada yang sifatnya halus. Cuma yang bener2 peka yang bisa rasakan.

    Mau irit ya dicoba cari cara biar dapet BBM RON 92 dengan cara lebih murah. ketik aja di google RON 92 2 TETES. Cara ini sudah dibuktikan Tabloid Motor Plus.

  18. Dedot says:

    Bensin ,pertamax,plus sma aja keluarga bbm ..Jd buat apa plih2..Toh mesin tep jalan n ga sah malu…,,,yg pnting bli pke uang hsil krj sndri…Ok…Go motor indonesia

  19. Anonymous says:

    mas mas.. kalo oplosan bensin campur pertamax terus menerus.. ada maslah dengan mesin gak? ane pemakai mio soul yang injeksi.. karena ane kalo weekend ane plg kampung jadi agak tekor kalo pake pertamax.. alhasil ane ganti bensin kalo jarak jauh tapi untuk keseharian ane pake pertamax karena jarak pergi tidak jauh sejauh plg kerumah saat weekend

  20. Prynt says:

    Mtr vixiku dari thn 08 smpai skrang pake premium ok2 aja tuh..

  21. Jacksparow says:

    Betul gan!!!

    Jangan sampek motor mesyem ๐Ÿ˜‹
    Tapi anak bini kusem ๐Ÿ˜ค๐Ÿ˜คAsyeeee daah

  22. Desuka Buitenzorg says:

    Bro,,,, Salam kenal,,,,
    pengalaman Yamaha NVL saya,,, kalau di isi premium,,, suara mesin kasar,,, performa torsi dan Horse power jadi rendah sekali,,,, tetapi kalau di isi Pertamax,,, apalagi Pertamax Plus,,, suara mesin halus sekali,,, performa torsi dan Horse power nya mantap,,,, mohon Pencerahan Bro,,, terimakasih,,,
    sehat dan sukses selalu Bro,,,,

  23. Anonymous says:

    Gak apa2 pake Fu diminumi premium. Aq punya fu 2 unit..2009 dan 2013..minumnya premium aja tp normal2 aja dipake tiap hari..tp aq gak suka bleyer2 kya mtor 2tak..makenya cepat tp ngegas kalem..

  24. i putu suardika says:

    Pakai premium dlm jngka panjang bs merusak komponen2 di dlm mesin.. Soalnya bhan bakar yg oktanya rendah tidak mampu menahan kompresi mesin..
    Premium untuk kompresi : 7:1~9:1
    Pertamax : 9:1~10:1
    Pertamax plus :10:1~

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s