Duke 200, Ninja Injeksi, Inazuma..jajaran motor mahhaaalll..

Ediyan tenan..beberapa tahun lalu jarang ada motor mahal di sini, seingat saya.. Sekitar tahun 2000, Honda NSR dan disusul Sonic termasuk sedikit yang mahal dan diluar pakem umum..

Saiki??? wehh kita banyak dibanjiri motor dengan harga hebattt..

Ada harga (biasanya) ada rupa. NSR misalnya, dengan mengusung teknologi yang setingkat diatas motor 2-tak lainnya, dikabarkan lajunya kencang banget melebihi Ninja RR. Seorang teman SMA dulu ada yang kesekolah bawaanya tuh motor, mesti dilirikin sama rekan yang lain.. ckckc, pantes lhawong motor kerenn..makanya mahal betul, tembus 30 juta(dulu) cmiiw..

Tak ketinggalan juga Nova Sonic juga begitu. Meski cuman bebek yang cungkring..kalah gagah sama tiger dan kubikasinya pun lebih kecil, saya dulu tak habis pikir bagaimana banderolnya bisa melambung melebihi si macan..cukup jauh pula. Baru sekarang ngeh soal itu, rupanya perbedaan harga datang dari beda teknologi atau mekanisme yang canggih..

Nah untuk saat ini, bisa dibilang bejibun motor yang harganya kayak gituan. Ninja 250, CBR250, Inazuma, KLX 250, dan terbaru Duke 200 ada dikisaran 40-60juta. Apa ekonomi kita makin tumbuh pesat? atau selera orang sini yang mulai berkembang mengikuti tren manca??? Mungkin jawabnya adalah “kompromi” dua hal diatas..Yaitu meningkatnya daya beli (nggak semua) orang indonesia dipadu dengan selera yang meningkat akan motor premium ber-prestise tinggi.


Ninja Injeksi contohnya. Jagoan kawasaki dikelas 250cc ini versi karbunya sudah sangat disegani, dan memiliki segmen yang bagus. Selain dikenal kencang, hasil dari mekanisme DOHC serta dual silinder, modelnya pun sangat gagah. Dengan tambahan kecanggihan teknologi Injeksi, pantas rasanya bila ditunggu banyak penggemarnya.

Inazuma pun nyaris serupa.. dobel silinder SOHCnya ditawarkan sekitar 44jt (kata Ridertua). Yang lebih ediyann lagi pasti KTM DUKE 200, diperkirakan berbanderol 60jt!!!. Meskipun masih satu silinder dan kubikasinya masih dibawah CBR250, heran juga lihat seberapa jauh harganya melesat.. Super Kencang??? 200cc tentu ada limitasinya.. Cakep banget? nggak juga, tapi emang modelnya eksklusif beraliran supermoto. Prestisenya yang bikin mahal? kalau dipikir-pikir sepak terjangnya aja belum bergaung disni..

Entah apa yang masing2 bikin supermahal, yang pasti varian tersebut takkan lahir atau didatangkan kalau tidak ada prospek di sini.. Itu artinya, semahal apapun banderol yang di kalkulasi, tetap saja “logis” dan “menggiurkan” untuk kalangan yang tertentu diatas. Perpaduan daya beli dan selera itu tadi lho.. :mrgreen:

Gianluigimario jelas mengagumi perkembangan teknologi, performa, maupun harganya..namun karena Ekonomi dan Selera-nya melebihi kemampuan, ya berhenti disini aja.. ‘sekedar mengagumi’ hehehe.
Kalau pembaca ada yang kagum dan beli, boleh dunk saya dipinjami, hehe biar tak share soal impresi-nya.. 😀
Monggo di komentari..
(gm)