Mesin motor di gas besar mati? pengalaman pas banjir..

Dulu waktu pakai Jupiter Z, pernah sekali menyebrangi banjir yang setinggi knalpot. Di daerah saya langganan bro nyaris tiap tahun masuk tipi direndam banjir tumpahan Kali Lamong.. Lewat genangan air, lancar jaya… jalur baliknya pun demikian, mesin masih perkasa.. Tapi selang beberapa meter setelah banjir berlalu, nggak ada air setinggi knalpot malah mesin gak mau hidup kalo di gas  besar.. Kenapa ya???

Setelah diusut, asalnya dari karburator yang kemasukan air.. Buka keran untuk drain BBM dari karbu, biarkan beberapa  saat terbuang biar airyang mengontaminasi habis. Lalu tutup kembali sekrup drain pake obeng minus.. Nyalakan mesin, gas poll, nggak ada lagi gejala mati.

Namun ketika Vixion yang mengalaminya, dengan rendaman air yang lebih tinggi nyaris mencapai Jok, garuk-garuk kepala jadinya. “masak injeksi juga kemasukan air, gimana ngedrainnya? “.
Perkiraan kasar sih, kalo elektroniknya kena cipratan air dan korslet jelas tamat riwayat Injeksinya, tapi kejadian itu nggak.. Masih bisa distarter namun gas besar kembali mati.
Kenapa ya???

Mau tidak  mau gianluigimario kudu menuntun si Piksen sampe melewati area bebas banjir, yang apesnya masih 2 km lagi.. Hufff.. ya, mau gimana lagi 😦
Itung-itung sekalian fitnes lah nuntun motor melawan arus banjir hehe.

Setelah 30 menit mencapai daerah aman, seluruh wilayah mesin diperiksa. Busi aman, belum tersentuh air. Injektor juga terlihat kering.. Lihat saringan udara juga steril dari air. Kelistrikan lainnya juga nggak basah.. hampir semua masih normal.
Garuk-garuk kepala lagi nih,,, “apanya ya?

Setelah beberapa lama berkutat di seputar Injektor, ketemulah sebanya dan ternyata sepele masbro : Ada  yang nyumbat jalanya udara buat mesin, yaitu Jas hujan!!!. Karena terhalang oleh mantel, volume udara yg masuk menjadi sangat terbatas, akibatnya ketika handel gas diputar dan mesin membutuhkan asupan campuran BBM dan udara yang melimpah, Udaranya nggak mencukupi.. Ealahhhh..
Masak itu aja penyebabnya? Iya lahhh, buktinyasetelah jas hujan dipindah ke Tas punggung, Si Piksen kembali lancar melaju sampai 120kpj tanpa kendala…

Hikmahnya apa?
Simpel saja : Jangan sampai menghalangi lubang udara buat campuran BBM ke mesin.. Biarpun motor nggak kerendam air saat banjir, tapi volume udaranya terbatasi oleh benda asing, tetep aja mesin nggak bisa jalan.. hehe.
Monggo kalau punya pengalaman sejenis..
(gianluigimario)

Advertisement

19 thoughts on “Mesin motor di gas besar mati? pengalaman pas banjir..

  1. tangi turu mlh entuk perawan

  2. dave says:

    emang lubang udara nya dmn mas?
    kok jd ky kejadian dulu byson yg mati mendadak ya?

  3. indaran says:

    wuih cuci motor mas.. :mrgreen:

  4. Kupaw says:

    lha gresik ya bisa banjir ta? kan bukit2 gitu bro. pencerahan otomotip nih, tq bro, kalo banjir saya gak brani nekat, mending cari warung kopi ato bakso. mbadog sek hehehe

  5. Donma says:

    aseeekkk dpt pelajaran coz ane jg make vixi

  6. Firdauschaniago says:

    Pantek

  7. Mario fauzi says:

    Marwan

  8. anwar says:

    Ini dia yang bikin ane bingung__ sampe si piksi di tinggalin di pos satpam kaga bisa di ajak pulang maunya nginep.
    Tadinya cuman kehujanan deras trus sampe tmpat kerja ane parkir plus di tutupin jas hujan.
    Pas mau pulang ane lipet tu mantel yang masih sedikit basah.. Ane taruh dI bawah jok.
    Heran napa piksi kok mati saat ane gas gede..
    Mesin nyala normal sampe ane tungguin panas juga gak mati. Tapi coba ane pake tetep aje gas gede mesin mati. Terpaksa ane tinggal pulang dgn berat hati.

    Mngkin ini solusinya..
    Apa karna mantel yg basah ane taruh d bawah jok kali..
    Kita coba aja esok. Thanks mas brow infonya

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s