Modifikasi paling umum dari Satria FU : ban cungkring dan dibikin ceper..

Weleh-weleh.. 3-4 tahun lalu masih cukup jarang seliweran Satria FU di jalan. Gianluigimario masih ingat betul, ketika mau cari referensi soal mileage dari jagoan suzuki itu, sulit mendapatkan teman yang nyemplak si eFYu.. Sekarang kok malah menjamur.. Kiri kanan rumah aja sudah banyak yang fans berat.

Tapi setelah dicermati sesaat, kebanyakan anak muda yang punya FU mesti memodif tuh motor. Biar kencang atau biar keren, dua tujuan paling umum 🙂

Perombakan terbanyak, imho ada di sektor kaki-kaki. Seliwar-seliwer di jalan sudah jarang Satria pakai ban standar, mayoritas sudah ganti  custom. Hanya 1 kali saja saya pernah melihat FU diganti ban gambot, itu pun beberapa tahun yang lalu dan pengendaranya agak tambun..jadi wajar lah biar lebih gagah dan kuat menahan beban.

Yang suka banget ban cacing inilah yang mendominasi. Ketika seorang diantaranya ditanyai alasannya, dia menjawab enteng : “ larinya lebih mantep !!!” ..
Tapi kan cengkraman rodanya berkurang, dan rawan kena tilang, bro.. ” saya berargumen
yah, itu memang konsekuensi mas.. hehe ” sahutnya acuh..  Walahh dasar anak muda 😀

Modifan populer berikutnya itu shock belakangnya dikasih pangkon agar lebih rendah. Entah apa tujuan sebenarnya dari tren ini, padahal Satria FU kan nggak termasuk motor yang bikin dingklik, imho. Lagi pula resikonya lebih besar diantaranya kolong spakbor yang bisa terkikis roda, dan mesin nyangkut kalo ada polisi tidur.

Tapi mereka yang FU nya ceper kadang tak perlu alasan logis.
Pokok ikut tren aja masbro, urusan lainnya mah gampang..
Duhh.. ekstrim nih pendapatnya..
Ada juga yang memasang knalpot freeflow biar suaranya garang dan bikin bising..

Yah, mau gimana lagi kita kan nggak ikut punya motor ya cuman bisa ngasih masukan tapi nggak bisa mencegahnya. Padahal kalau dipikir-pikir, Satria FU tanpa ban kecil, ceper, atau knalpot bedelan pun sudah keren dan kencangnya minta ampunnn.. Tapi karena kebanyakan remaja nggak cukup dengan ‘standart’, maka begitulah akhirnya. Rombakan yang kadang malah merugikan.

FU oh FU, motor bebek super favorit anak muda..
(gianluigimario)