Malu-maluin kalo New Vixion komstirnya masih oblag…

New Vixion penuh dengan hal baru..
Bahkan info teranyar, Spidonya semi digital mirip R15, desain dan penempatan skala atau LCDnya hampir serupa.. Berita ini semakin melengkapi spyshot yang susul menyusul sebelumnya.

Ada satu pertanyaan kecil, apakah Komstir Vixion anyar itu nggak oblagh lagi??? hehe

Begitu banyak keluhan dari pemilik Piksen soal komstir tunggangannya yang gampang rusak. Sebagai akibatnya kemudi menjadi nggak nyaman, dan paling parah mengganggu keseimbangan motor alias oleng. Kalau dibiarin apa bakalan sampai “nggak bisa berbelok”? bisa jadi..
Saya sendiri kurang paham mana yang disebut komstir itu.. 😀 (nggak gaul ya??? )
Vixion gianluigimario mengalami gejala suara aneh sekitar 6 bulan setelah inreyen. Tandanya ada “bunyi” asing kayak shock depan yang mentok.. Tapi ketika shock depan diperiksa, masih normal aja. Mau ditambah pelumas untuk suspensi, kata mekaniknya masih normal. Trus setelan di as kemudi itu pun berulang kali dikencangkan, bahkan dipukul dengan palu, namun hasilnya nihil.

Suara asing tersebut masih ada, namun anehnya setir Vixion masih normal nggak ada gejala berat atau bahkan oleng.. Karena kurang puas dengan pengerjaan beres maupun mekanik biasa, maka nyaris tiap servis rutin tempatnya nggak pernah sama..
Sampai suatu ketika oleh seorang mekanik, dikatakan kalau “kones”-nya sudah aus, waktunya ganti.. Apa “kones” itu sama dengan komstir yang dimaksudkan para blogger? nggak tahu, dan mekanik tersebut pun idem.. tahunya dia cuman “kones ya kones mas, nggak ada istilah lain…”

hehe ketimbang orangnya marah ya saya nggak tanya lagi..
Mungkin barangnya sama, namun apapun namanya wajib bagi New Vixion untuk mengembangkan kualitasnya.. Apalagi kalau rodanya makin lebar dan bodi makin berat, tentu kekuatan part vital tersebut harus lebih kuat.. Kalau masih kualitas abal-abal, bisa jadi keseringan ganti komstir..

Intinya, imho New Vixion harus menghilangkan ciri komstir oblagnya.. Jelas malu-maluin aja kalau motor canggih tapi komstirnya rapuh..Mungkin, pengalaman di Vixion lama cukup buat perancang Yamaha untuk tak mengulangi lagi kesalahannya..
Beruang tidak jatuh di lubang yang sama dua kali.. hehe
(gianluigimario)

Biasanya cewek kesulitan dengan KICKSTARTER, sekarang sudah enggak lagi…

Meskipun cukup jarang, ada beberapa cewek teman gianluigi mario yang demen pakai motor batangan dalam kesehariannya.. Salah satu diantaranya, mbak Tri temen SMA dulu.

Seperti lazimnya wanita Indonesia, mbak Tri ini nggak seberapa tinggi mungkin sekitar 155cm. Tapi soal selera motornya, nggak seprti kebanyakan wanita lain penyukabebek atau matik, doi sukanya sport.. Mulai GL max, GL pro, juga Megapro adalah yang sering dikendarainya. CBR 150 pun tak perkirakan pernah dibesutnya..

Untuk berangkat sekolah, si doi memang ‘hanya’ dengan Supra X aja. Karena mbak Tri ini pakai Jilbab dan rok panjang, tentuny a bakal menyulitkan kalo pakai sport. Nah GL max itu motor bapaknya, sedangkan Megapro milik kakaknya. Sekali waktu pernah juga njajal GL pro punya seorang teman sekelas.. CBR??? Sssstt..itu punya mantannya dulu, mas Aang :)..
Soal skill jangan ditanya, karena gianluigi mario sendiri cukup minder. Bagaimana tidak, lha saat SMA (tahun 2002) saya belum ahli/bisa/cakap naik motor, mbak Tri malah sudah lincah menaklukan motor laki.. minder poll.. (saya mulai agak cakap bermotor baru tiga tahun kemudian 😦 ) heheeee..

Ditahun yang sama pula, dia sudah riwa-riwi dengan GL Max Gresik- Surabaya untuk bimbingan ke kota Metropolis itu. Buat ukuran jaman dulu, wehhh  sudah berkendara luarkota di perspektif mario jelas luarbiasa bagi seorang cewek dengan motor sport. Bahkan bang Opi, teman cowok satu bimbel, suka mbonceng buat pulang pergi  ke tempat yang sama..

Kok gitu? Alasannya bang Opi serupa dg saya, belum tatag naik motor apalagi motor laki jadi mending numpang aja, yang ditumpangi cewek pun nggak masalah..

<gambar dari mas Rudi Soul>

Satu kendala dari mbak tri menyemplak motor batangan adalah nyelah kickstarter. Motor lawas kan dulu jarang ada elektrik starter (kecuali Tiger).. Mbak Tri cukup kesulitan menghidupkan mesin GL Max maupun GL Pro dengan starter engkol itu. Nah dalam hal ini bang Opi cukup berperan. Jadi kalau mau bimbel, mas Opi yang nyetarter tuh motor GL, kemudian yang mbonceng mbak Tri.. Sip laah..
Baru ketika Megapro milik kakaknya sudah ada dirumah, dia tak kesulitan bermobilisasi dengan motor sport.. Ketika bareng saya bonceng keluar kota dengan Vixion jadul mario, mbak Tri pun menawarkan diri mengganti saya menyetir kalau kelelahan..  waduh makasihh..

Wahhh gini nih skill cewek yang bikin para cowok minder.. Untungnya sekarang sudah lumayan lihai, haha.. Kalau ingat sepuluh tahun lalu waktu nggak bisa naik motor, jelas malu sendiri..

cewek gl max
(gianluigimario)

Berpikir indah saat akan menolong orang lain..

Hidup itu tak lepas dari menolong dan ditolong, karena susah buat manusia untuk berdiri sendiri tanpaperlu bantuan..

Semua orang tentu ingin selalu mendapatpertolongan dari Allah. Sesungguhnya kita selalu memerlukanya dalam tiap keadaan. Setiap hembusan nafas pun kita membutuhkannya, baik dikala tidur ataupun terjaga.. selalu demikian…

Pada hakikatnya Allah selalu menolong, kita mintai atau tidak. Hanya saja dalam beberapa keadaan tertentu yang mendesak dan kesempitan, kita begitu tertekan hingga merasa lebih perlu pertolongan Allah dengan segera, kita bermohon dan merintih kepadaNya dengan penuh kesungguhan, berurai air mata dan penuh kerendahan hati..

Nah sekarang ada sebuah pertanyaan kecil : ‘sampai sejauh mana kita mau menolong orang lain?’.
Karena tak semua manusia bersedia membantu ketika diperlukan sesamanya, ada yang berdalih tidak bisa dan ada pula yang bahkan ‘niat ‘ dalam hati saja enggan.. Pancen bener, menolong orang itu tidak gampang memerlukan kebesaran atau keluasan jiwa.

Saya mengajak teman-teman untuk berfikir sejenak mengenai tiga hal :
Allah senantiasa menolong kita selama kita menolong orang lain
– Bahwa pertolongan Allah itu begitu dekat..
– Barang siapa berserah kepada Allah dan berbuat baik, ia berpegang pada tali yang kokoh

Salah satu hal yang mungkin membantu hati kita adalah dengan mengingat Hadis dari Rasulullah
“..Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya”. (HR. Muslim).
Kita ini lemah, namun dalam hal ini lemah janganlah dijadikan alasan untuk tak mau menolong, tetapi  spirit yang indah itu adalah kita lemah kita memerlukan pertolongan Allah maka sepatutnya kita senantiasa mau menolong orang lain dengan harapan Allah akan selalu menolong kita..

Didalam Alquran ada sebuah firman Allah yang inspiratif mengenai hal ini
..Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.. “ QS AlBaqarah 214.
Kebanyakan penghalang manusia untuk menolong mahluk Allah ketikan diminta  adalah terlalu berpikir tentang diri sendiri, mengkhawatirkan dirinya sendiri takut ia kekurangan kalau miliknya diberikan pada orang lain, atau kesusahan dan kerepotan kalau waktunya diperuntukkan membantu orang lain. Padahal pertolongan Allah begitu dekat kepadanya.. Dengan keyakinan yang benar dan mantap, niscaya kita takkan ragu menolong orang lain walau harus memberi milik kita karena kita sendiri dijanjikanNya pertolongan yang dekat..

Dan barangsiapa yang menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia orang yang berbuat kebaikan, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang kokoh. Dan hanya kepada Allah-lah kesudahan segala urusan.” QS Lukman 22.
Sebenarnya agama itu tidak rumit, kompleks, dan panjang berbelit.. Ketika kita mau menolong orang lain, berpikir simpel aja rileks tidak perlu takut atau khawatir banyak hal lainnya, karena Allah sudah meberitakan kepada kita bahwa “berserah diri dan berbuat baik” itu sudah merupakan tali yang sangat kokoh.. Berserah merpercayakan hati kita kepada Allah, sedangkan berbuat baik adalah amal shalih, termasuk menolong orang lain..

Nahh.. sudahkah kita menolong orang lain hari ini? Kalau kita sering merasa kesusahan, boleh jadi itu pertanda kita enggan menolong orang lain, hingga Allah menginginkan kita mawas diri..
(gianluigimario)

Jupiter Z1 mau dijadikan identitas dari Yamaha ??? … *sedikit oleh-oleh dari launching

 Oleh-oleh dari launching Z1 jatim mana???

Wah, karena nggak ahli meliput, menulis, juga memotret jadinya awut-awutan.. Cuman duduk manis dengerin presentasi, dengan sesekali mengernyitkan dahi tentang Teknologi baru di mesin Jupiter Z1..

Tapi biarpun acak-acakan, masih mending buat artikel ketimbang enggak.. kalau nggak di sharing, apa bedanya sama yang nggak ikutan launching? hehe..

Pertama melihat stand Yamaha di Center Point Royal Plaza surabaya, kesannya rame banget.. Panggungnya ditata dengan lighting yang spektakuler, sound system menggelegar, dan dipenuhi kru Yamaha Jatim yang mempersiapkan acaranya. Ada yang repot dengan Komputer, ada yang bagikan brosur dan leaflet, ada yang memandu pengunjung mencoba mesin Z1, dan beberapa kesibukan lain tumplek blek jadi satu..

Dari jatimotoBlog hadir lima orang, yaitu Ridertua, mbah Wiro, mas Rudy Soul cah Blitar, kang mario devan, dan saya sendiri sebagai pengasuh warung kecil papan bawah yang mendapat kekesempatan turut diundang di event STSJ, selaku main dealer Yamaha kawasan Jatim. Sedikit catatan, STSJ (Surya Timur Sakti Jatim ) itu ‘toko’nya ada di jantung kota surabaya jalan Basuki Rahmat, dikenal sebagai “Yamaha Sentral” . Saya tak asing dengan dealer ini karena sering berkunjung membeli spare part disana.

Lha beli aja kok begitu jauh? Lumrah, karena dealer di Gresik kurang lengkap dan hampir semuanya kalau ditanya mesti merujuk ke “Yamaha Sentral “ atau STSJ..

Kembali ke perhelatan utama.. Acara tersebut dimulai sekitar pukul empat sore WIB, ditandai dengan duduknya 5 orang petinggi Yamaha dari YIMM pusat dan STSJ jatim. Beragam slide dan powerpoint serta Video diperagakan dalam acara sekitar satu jam itu, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab serta foto bersama oleh awak media.

Ada beberapa kata kunci yang teringat dari ulasan panjang lebar itu, yaitu :
– Z1 merupakan rancangan mr Takeda, desainer YZF M1-nya Rossi dulu
– Z1 diklaim memiliki keunggulan 20-20, yaitu 20% power naik sebaliknya 20% malah bbm-nya lebih irit
– Z1 dibanderol 15,4 (spoke) dan 15, 9 (cast whell) –juta * harga jatim dan sekitarnya
– Yamaha mempersiapkan tim balap kejurnas dengan Z1 dan didukung mesin yang “easy to setting”
– Yamaha berniat menjadikan Jupiter Z1 sebagai identitas dari pabrikan garpu tala ini.
Mari coba pereteli singkat satu persatu, dari ingatan sekilas gianluigi mario..

Rancangan Mr.Takeda..
Sebagai mekanik pendesain tunggangan the doctor kala membesut Yamaha, Mr Takeda (dari namanya jelas asal jepang ) dapat tugas Yamaha Indonesia merancang sebuah motor yang memenuhi 3 kriteria.
1. Perfomance bagus, 2.Desain sporty abis, dan 3. Mesinnya irit.
Bagaimana bisa tiga hal itu dicapai sekaligus? tentu saja beliau Takeda sensei menerapkan teknologi rancangannya  sebelumnya yakni R6, R1, M1 ditansformasikan kedalam masterpiece : Z1

20 % lebih bertenaga tapi 20 % lebih irit, kok bisa?
Kalau dipikir sepintas jelas kurang logis. Masih ingat hukum kekekalan energi saat kita SMP dulu?  mestinya untuk power atau energi yang besar jelas sebanding dengan sumber tenaga lebih besar pula. Bagi saya sebelum duduk di presentasi, klaim Yamaha tersebut susah dinalar (oleh pikiran saya yang sok idealis hukum fisika) 🙂
Namun setelah mengikuti penjelasan petinggi Yamaha dari awal hingga akhir, saya lumayan tercerahkan. Jawaban dari 20-20 tersebut cukup kompleks, yakni perpaduan antara desain mesin revolusioner, rancamgan bodi aerodinamis, serta Injeksi yang diperbarui.
Mesin Z1 memakai teknologi YZ crank, yang lazim dipakai di motor offroad YZ450 namun dengan mekanisme yang diupgrade sehingga minim Vibrasi. Konon kata mas Abidin, salah satu petinggi YIMM, mesin Z1 ditempelkan ke bodi tanpa ‘karet’, sebagai pertanda bahwa Yamaha PeDe produknya minim getaran.

Rancangan aerodinamis baru dari body Z1 di desain untuk membelah angin dengan mantap serta pendinginan mesin yang lebih optimal, sedangkan  penempatan injeksi yang sudutnya disesuaikan menjadikan asupan udara dan bbm lebih ‘straight’ (lurus) dengan mengoptimalkan gaya gravitasi.

Soal Banderol…
Dengan harga 15,4 dan 15,9jt , tentu teknologi yang revolusioner itu cukup pantas. Value for perfomance nya cukup bagus. Saya masih ingat dulu tahun 2007 beli Jupiter Z seharga 13,1 (spoke) sedangkan velg racing dibandero 13,9 jt-an. Cukup lazim kalau dalam waktu 5 tahun naik 2juta-an, disamping pengaruh inflasi tentu saja lompatan teknologi barunya harus di apresiasi. Hanya saja timbul satu tanda tanya kecil, mampukah z1 115cc tersebut menyaingi dominasi Honda Supra X 125 (sekaligus meladeni Blade)???
Beda kelas memang, namun menarik untuk dinantikan sepak terjangnya..

Langganan juara kejurnas.
Ada hal yang cukup mencengangkan, ketika mr.Abidin bertutur kalau Z1 versi racing di sirkuit nanti bakal memiliki power 20,1 PS !!! ehhh 115 cc kok bisa semasif itu semburan tenaganya???
Tentu dengan perombakan yang nggak main-main.. ECU diganti versi balap, dapur pacu jelas alami upgrade besar2an, bahkan knalpot aja didatangkan dari luar negri, pesen ke produsen muffler buat tim motogp yamaha!!! ckckck. Yang menarik lagi, dengan diaplikasikannya komunikator pemrogram dan mapping ECU yang lebih easy setting, mudah di copy-paste.. Alat seharga $250 itu sayang nggak aplikatif buat Z1 massal..kudu ganti ECU racing dulu 😦

Identity of Yamaha? …
Dengan bejubelnya teknologi baru serta upgrade yang disematkan di All New Jupiter Z1,pihak  yamaha all out mendapuknya sebagai bebek premium yang diunggulkan mampu membawa nama besar garputala di percaturan motor Indonesia. Begitulah kira-kira kata Mr.Ogomori, direktur YIMM asal jepang ini menegaskan..


Layak kita tunggu bersama apakah bisa jupiter Z1 menyandang semua target tinggi yang dibebankan Yamaha, dengan bekal revolusi teknologi yang nggak tanggung-tanggung itu? Waktu yang membuktikan.. Meskipun secara Value motor ini sangat bagus, kita tidak lupa bahwa ‘bagus’ saja belumlah cukup..ada banyak faktor lain yang patut diperhitungkan juga.. (termasuk mindset konsumen Indonesia)

Monggo dinikmati bersama sajian acak-acakan sekaligus laporan dari launching Z1 surabaya ini. Kalau amburadul mohon dimaafkan, maklum..blogger newbie yang nggak ahli menulis, meliput, juga memotret… 🙂
(gianluigimario)

Launching Jupiter Z1 di surabaya, bisa ketemu tetua jatimotoblog :)…

Kata bang IWB New Jupiter Z1 bisa tembus 115 kpj!!!
jos banget tuhh buat ukuran jupiter standart, lhawong punya saya dulu, juga 3 atau 4 milik teman yang lain dalam waktu yang bersamaan mentok di sekitar 100-105 km/jam..

Wah jadi nggak sabar pingin lekas ikutan launching Z1 di Royal Plaza Surabaya, kebetulan warung Gianluigi mario juga dapat undangan… Nggak sabar pula ketemu tetua jatimptoblog pak Heru aka ridertua dan Mbah Wiro pengasuh blog Nyobamoto, serta teman-teman yang lainya.. Lama nggak jumpa semenjak donor darah beberapa waktu lalu.

<Ridertua, gambar diambil dari warung bonsai>

Ada yang titip pertanyaan soal Z1 nanti?

titip warung ridertua aja, lhawong saya cuman ngikut aja, hehehe.
Karena nggak punya kamera, bahkan kamera HP pun gak ada, gianluigi mario nekat pinjem tetangga.. Dipikir-pikir nggak pantes lahh masak diundang launching sama jurnalis kok nggak bawa foto, eh kodak, eh kamdig :D.. Bisa-bisa dinilai nggak menghargai panitia nih..

Yukk.. siap siap berangkat ahhh.. Ehhh mana kamera pinjaman tadi, tak masukin tas aja biar nggak kelupaan.. hehehe. Monggo semuanya..
(gianluigimario)

Rasanya semua spyshot New Vixion masih biasa aja tuh, nggak fenomenal… *opini kecil

Kalo  lihat bejubelnya “spyshot” New Vixion belakangan ini, komentar saya sih simpel : BIASA aja tuhh, hehe…

Ban dengan tapak melebar, tangki anyar, shroud membesar, bodi belakang lancip, headlamp di permak, spakbor buritan juga pake motif anyar, kunci kontak anti maling.. apa lagi??? sampean tentunya lebih paham, karena saya hanya baca sekilas dan lihat fotonya aja..

Buat saya berita tersebut memang bagus buat refreshment Vixion yang sejak 2007 belum alami perubahan berarti selain warna, strip, atau headlamp. Namun demikian imho belum bisa digolongkan ke kabar fenomenal. hehehe Bagus belum tentu fenomenal lohhh..

Seiring dengan bergantinya tahun, jelas perubahan mutlak perlu! Lihat saja semua kompetitor lain, arah desainnya sudah mengalami pergeseran menuju ‘lebih futuristik’.. Emang bener Vixion cakep kata orang, tapi lima tahun nggak berubah kan termasuk kolot atau overconfident? Jadi tentu saja lazim kalau ada major facelift. Nanti pasti, tidak bisa tidak, bakalan muncul pro dan kontra..

Yang luar biasa bagi saya kalau yang alami perombakan sisi engine-nya.. ini baru fenomenal. Biarpun belum alih jalur ke DOHC, namun mesin kem tunggal Vixion tetap punya nilai lebih, entah itu di sisi karakter atau konsumsi bbm..
Kalau pesaing terdekat (nanti) adalah turunan dari CBR, jelas bukan tandingan New Vixion di area putaran tinggi, tapi nggak mutlak kok.. Dengan sedikit seting atau tergantung juga kemampuan rider imho New Vixion bisa ‘mendekati atau menyamai’ laju “bayi CBR” tersebut di jalanan..
Dengan catatan Power  engine yang sekarang ditambah dan transmisinya diramu ulang!

RDB, digital speedo, secure key shutter, ban tubeles, atau body gagah atau apapun itu yang bisa dinilai dari spyshot sporadis, itu hanya sekedar tampilan, baju, atau bahkan aksesoris. Jantung utama Vixion adalah engine-nya.. Orang awam mungkin membeli sebuah motor dari desainnya, namun tentu saja dalam jangka panjang segi permesinan sebagai tenaga penggerak motor tak kalah penting..imho.

Memang patut diapresiasi upaya YIMM mempercantik New Vixion, namun dalam perspektif saya itu tetap hal yang biasa.. New Vixion berperforma hebat, itu baru luar biasa…
hehehe.. ini cuman opini saya lohh
(gianluigimario)

Hati orang yang takwa itu seperti lautan… *sebuah instropeksi

Kemarin salat jumat ada satu hal yang mengesankan dari khutbah, yaitu hubungan antara takwa dengan lautan.. Emang ada?

Yang dimaksudkan adalah arti Takwa itu (salah satunya ) adalah jiwa yang luas, seperti halnya lautan atau samudera. Orang yang bertakwa memiliki hati yang seluas lautan, yakni mampu menerima ujian dari Allah apapun dengan tetap dalam keimanan.. Ia juga bisa menerima seperti apapun makhluk Allah itu, tanpa mencela..

Layaknya samudera yang asin namun suci, ia menampung segala yang ditumpahkan kepadanya pahit atau manis, hitam, merah, kuning, atau tidak berwarna juga ia terima, Seperti itu pula hati orang yang takwa sebenar-benarnya, bagaimanapun bentuknya manusia dia memandangnya sebagai ciptaan Allah sehingga tak pernah ia membenci atau mencelanya karena yang dari Allah mesti ada hikmahnya..
Baik kepada manusia yang sabar atau pemarah, menjengkelkan atau menyenangkan, usil atau ramah hati orang bertakwa senantiasa tak mendiskriminasikan, semata karena Allah..

Padahal kalau saya renungkan hikmah ini, ternyata hati saya malah kebalikannya..

Begitu gampang saya mencela orang lain, menjauhinya hanya karena tak suka sebiji tabiatnya, enggan bergaul karena diusili, bahkan menggunjingnya bila ada perbuatannya yang menjengkelkan.. Sungguh hati ini masih jauuuhh dari sifat takwa, meski setiap jumat diingatkan untuk bertakwa.. Subhanallah..

Nah, saudara-saudara semua bagaimana bila kita berupaya melatihnya di bulan mulia ini? Ketika terbersit akan mencela orang, ingatlah hati dan lautan.. Saat ada kebencian kepada pribadi lainnya, ingat lagi tentang hati orang takwa dan samudera, begitu seterusnya..

Dengan memohon karunia dariNya, kita mengharap kebencian hati ini dihilangkan sehingga kita menjadi orang yang betul-betul bertakwa..amiin. Mari memulainya bersama…
(gianluigimario)

Dimana ada balapan liar, hampir pasti ada Satria FU pretelan ban cungkring..

Semakin sering ketemu balapan liar dijalanan. Dan hampir pasti, disana ada satria FU..

Sebagai salah satu kawasan pinggiran kota Gresik, daerah saya jelas nggak seramai metropolitan. Cukup lengang dan banyak lahan kosong berupa tambak dan sawah dikanan kiri jalan. Beberapa waktu lalu jalan utama masih sempit, paling lebar 3-4meter aja, jadi kendaraan yang lewat pun tak terlalu banyak.

Setelah mengalami pelebaran oleh pemprov jatim, jadilah sebuah jalan baru yang mulus dan mencapai lebar 5-6 meter. Truk besar sudah lalu-lalang, mobil mobil juga tambah padat, dan yang tak mau kalah : Balap liar juga semakin meriah..

Fenomena seperti itu masih baru baru ini aja terjadi. Lha selain dari faktor sarana serta sikon yang mendukung, dipadu dengan semakin mudahnya mendapatkan sebuah sepeda motor , balapan jalanan makin lumrah dan rutin. Kebanyakan sih saya temui malam hari, diatas jam 9 malam..

Cukup miris melihatnya. Bagaimana tidak, nyaris seluruh pemain balap adalah anak muda dengan motor cungkring, knalpot free flow, tanpa helm maupun safety gear namun kendaraan dipacu sekencang-kencangnya!! Suara raungan mesin yang dipaksa berputar rpm tinggi menjadi santapan telinga. Welehh.. anak muda  pancen luar biasa. Nggak pernahkah mereka dapat pendidikan bahwa berkecepatan tinggi tanpa pelindung kepala sungguh bahaya??? tentu sudah, namun namanya jiwa remaja yang (katanya) darahnya bergejolak mana peduli..
Yang penting hepi dan berekspresi..

Nah tidak mengagetkan, kalau motor paling sering jadi objek balap liar ediyan itu adalah Suzuki satria FU. Dengan predikat bebek terkencang di dunia (versi siapa ?) dan nggak mahal, namun gampang dioprek dan di modif..
Sayangnya bentuk modif itu kadang nggak sehat. Selain ban cungkring, bodi peretelan, muffler dilepas, biasanya semua lampu juga dimandulkan..  Bisa dibayangkan, dimalam hari geber motor tanpa lampu? ckckck. Kasihan juga pengendara lain yang lagi papasan, nggak ada isyarat lampu tahu-tahu mak bedunduk sudah didepan mata. Kalau sudah gini siapa yang keliru?

Bukan waktunya saling menyalahkan, karena sekarang memang zamannya anak muda yang suka cangkru’an dan balapan atau freestyle nekat itu sudah biasa. Mungkin sebagai para orang tua perlu mengingatkan.. Dan lapangan pekerjaan juga perlu diperluas, kan kalau ada kerjaan yang positif  kans untuk kegiatan kurang bermanfaat bisa diminamalisir.  Juga patroli pak polisi kalau bisa rutin ya pak? hehehe..

Oh balapan liar, kapan ya pelakunya menyadari bahayanya lebih besar ketimbang sekedar gengsi dan prestise??? Saya juga (pernah) muda, namun cukup sulit memahami pikiran anak muda sekarang 😦
(gianluigimario)

Tidak dengki dan hasad kepada saudara adalah sifat penghuni surga..

Diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: “Dahulu kami duduk-duduk di sisi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sekarang akan muncul kepada kalian dari jalan ini, seorang lelaki dari penghuni surga.

Anas radhiyallahu ‘anhu berkata: “Lalu muncullah seorang lelaki dari kalangan Anshar, jenggotnya meneteskan air karena wudhu. Orang tersebut mengikatkan kedua sandalnya di tangan kirinya. Orang itu pun mengucapkan salam. Keesokan harinya, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan yang seperti itu. Muncul lagi lelaki itu seperti pada kali yang pertama. Hari ketiga, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan hal yang sama, dan muncul lagi lelaki itu seperti keadaannya yang pertama.
Tatkala Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah berdiri, lelaki itu diikuti oleh Abdullah bin ‘Amr bin Al-’Ash radhiyallahu ‘anhuma.

Kemudian Abdullah berkata: “Sesungguhnya aku bertengkar dengan ayahku, lalu aku bersumpah untuk tidak masuk kepadanya selama tiga (hari). Jika engkau mempersilakan aku tinggal di rumahmu hingga lewat tiga hari, maka akan aku lakukan”. Lelaki itu berkata: “Ya.
Anas berkata: “Adalah Abdullah –yakni bin ‘Amr– bercerita bahwa ia menginap bersamanya tiga malam. ” Anas berkata lagi: “Ia tidak melihat lelaki itu shalat malam sedikitpun. Hanya saja bila ia terbangun dari tidurnya di malam hari dan menggerakkan (tubuhnya) di atas kasurnya, ia berdzikir kepada Allah dan bertakbir, sampai ia bangun untuk shalat fajar. Hanya saja, jika ia terbangun di malam hari, ia tidak berucap kecuali kebaikan.

Abdullah berkata: ‘Tatkala tiga malam itu lewat, dan aku hampir-hampir menganggap remeh amalannya, aku berkata: ‘Wahai hamba Allah, (sebenarnya) tidak ada ketegangan dan pemboikotan antara aku dengan ayahku. Namun aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berucap (tiga kali): ‘Sekarang akan muncul kepada kalian salah seorang penduduk surga. ’ Lalu engkau muncul, tiga kali. Saya ingin tinggal menginap di tempatmu sehingga aku tahu apa amalanmu. Namun aku tidak melihat engkau banyak beramal. Apa gerangan yang menyebabkan kedudukanmu sampai seperti yang disabdakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam?’ Dia menjawab: ‘Tidak ada, kecuali yang kamu lihat ’
Abdullah berkata: ‘Aku pun meninggalkannya. ’ Tatkala aku berpaling, ia memanggilku.

Ia berkata: ‘Aku tidak punya amalan (yang menonjol) kecuali apa yang engkau lihat. Hanya saja aku tidak dapatkan dalam diriku kedengkian terhadap seorang pun dari kaum muslimin. Dan aku tidak hasad kepadanya atas kebaikan yang Allah Subhanahu wa Ta’ala berikan kepadanya.
Abdullah berkata: ‘Inilah hal yang menyampaikan engkau kepada kedudukan itu. Dan inilah yang tidak dimampui (susah dilaksanakan)’.
(HR. Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman, 12/8-9, no. 6181, dan Ahmad dalam Al-Musnad, dan dishahihkan oleh Al-‘Iraqi rahimahullahu dalam Al-Mughni ‘an Hamlil Asfar, 2/862, no. 3168)

Catatan kecil :

Salah satu amalan yang terlihat remeh namun begitu sukar dilakukan adalah tidak iri dan dengki atas nikmat orang lain. Saking susahnya, hingga di dalam kisah ini diceritakan oleh Rasulullah pemilik hati dengan sifat tersebut bakal masuk surga..

Bagaimana caranya menghilangkannya? pastilah sulit minta ampun.. Namun beberapa hal ini mungkin dapat membantu :
– Mengingat kalau Allah sudah membagi rizki dengan seadil-adilnya
– Mengekang hawa nafsu untuk selalu memburu harta berlebihan
– Mensyukuri apa yang telah diberiNya pada kita..
– Sering mendoakan kebaikan untuk orang lain.

Amalan yang sulit, ganjarannya jelas nggak main-main.. Mari mulai membiasakannya dari sekarang..
(gianluigimario)

Nggak sepenuhnya benar, kalau dibilang New Megapro selera orang tua…

Seringkali muncul opini kalau desainnya New Megapro itu hanya cocok buat orang tua atau bapak-bapak. Padahal pendapat tersebut belum mutlak keshahihannya, coba saja kita lihat dari berbagai perspektif.

Tak semua yang pakai NMP di seputaran lingkungan gianluigimario adalah pria berusia lanjut. Bahkan kebanyakan malah remaja seusia saya. Misalkan ada tujuh orang yang saya ketahui pemilik NMP, enam diantaranya itu kawula muda. Yang paling anyar itu kang Endra, barusan beberapa bulan lalu meminang NMP gres.. Berapa usianya? masih sekitar 24tahun.. hehe.

New Megapro memang bak simalakama. Di negeri India muncul sebagai motor sport yang sukses, namun didatangkan AHM menggantikan Megapro lawas yang sudah malang melintang dan jadi salah satu favorit. Sebuah spekulasi tentunya, namun pasti ada pertimbangan masak untuk itu. Memang primadona di india belum tentu jadi jawara disini..

Kalau diteliti sepintas, sebenarnya NMP adalah sport Honda paling laris saat ini. Beberapa saat lalu dia konsisten ada di posisi dua dan terus mengancam Vixion.  Mungkin baru-baru ini aja salesnya ngos-ngosan karena Byson sebagai pesaing dekat digenjot produksinya dan mengalami facelift..  Kalau untuk jadi nomer wahid jelas susah karena beberapa value Vixion yang menonjol, tak dipunyai New Megapro.

Kembali ke ranah desain, seorang cewek teman kantor mario, Bu Widi namanya malah menyebutnya sebagai produk sport yang tampilannya paling bagus saat ini, ketimbang penampakan Megapro edisi sebelumnya.. Beberapa kali menjumpai cewek-cewek penyemplak New Megapro di kota Pudak cukup menguatkan pendapat bu widi tersebut.

Pancen nggak mungkin meraih persetujuan mutlak dari semua orang kalau soal desain, karena bakalan amat subjektip. Namun melihat populasinya yang cukup besar, rata-rata usia pemilik yang nggak semuanya kaum paruh baya, dan juga opini2 yang mendukungnya maka bisa dibilang NMP cukup sukses. Bisa jadi nama besar produsen maupun kurangnya opsi di kelas mid-end dari Honda menguatkan penjualannya, tapi kalau disebut NMP itu motor selera bapak-bapak kok rasanya nggak benar.
Lha pemiliknya kan malah banyak yang anak muda??? masih kurang bukti, silahkan cari sendiri.. heheehe.
(gianluigimario)