Hati-hati gejala oli habis !!! fatal akibatnya buat mesin..

Untuk sementara, analisa ngawur diliburkan dulu digantikan promote safety berupa pernik2 tips atau berbagi pengalaman soal keselamatan berkendara, Kalau dipikir pikir lumayan manfaatnya, hehe. Analisa ngawurnya nanti juga keluar lagi lha orang yang nulis masih tetep suka ngawur kok :mrgreen:

Kali ini pengalaman 3 orang teman soal oli mesin dan seputarnya.

Tetangga gianluigimario, sebut saja kang herman pernah punya Shogun lama (lupa tahunnya). Yang pasti sebelum shogun 125. Nah suatu ketika setelah ganti oli, teman kita ini tampaknya kurang kencang menutup baut buat ngetap olinya.
Dia ngerasa kok lari motor nggak kayak biasanya, akhirnya setelah diperiksa ketemu kalau olinya nyaris habis!!! merembes dari bawah blok mesin.. Stelah diganti tuh baut dan diservis, tak lama kemudian si shogun pun dilego, kawatir rusaknya makin parah,,

 

Nah ketika saya di Jogya ada peristiwa yang nyaris serupa, bahkan lebih parah. Kita kan serombongan mau ke pantai selatan bersama sekitar 10 orang. Salah satu anggota grup ada yang pakai motor china ( tanpa sebut merk) yang mirip Honda Supra lawas itu.
si mochin ada diposisi dua dari belakang.. pas lampu merah keliatan seperti mesinnya kok berasap, kita curiga dan mau ngasih info ke orangnya, ealah… tepat setelah lampu merah motornya langsung mogok nggak mau hidup sama sekali.
Usut punya usut, TUTUP OLInya hilang!!!, mesin pun kering kerontang dan macet… pulang deh ke bengkel nggak jadi tamasya..

Pengalaman berikutnya diceritakan oleh teman kantor mario, kang SW namanya. Sekarang emang tongkrongannya HSX125 yang masih baru (2011), tapi coba tebak apa motor sebelumnya?? sama kayak herman : Shogun R 110..
Kang SW berkisah tentang perjalanannya pulang kerja. Si Shogun dibetot kencang buat mengejar waktu..
tiba-tiba pas kecepatan tinggi, dari mesin keluar bunyi ‘Srekkkkk!!!” tuturnya..
lha suara apa itu kang??? ” mario angkat tangan ajukan pertanyaan.
tak pikir pasti kena Silinder dan Pistonnya karena Olinya kurang..” jawab kang SW
Perjalanan tetap dilanjutkan namun dengan jauh lebih pelan karena takut mesin macet..
sampai dirumah, oli mesin tak drain lha kok tinggal separuh gelas aqua!!” lanjutnya
waduhh, cuman 100ml kang.. Trus nasib shogun sampean piye? ” Saya tanya lagi..
seminggu kemudian harus ganti piston, sekitar 300ribu!! ” ..
Waladalahh..

Beberapa sahring diatas  bisa kita jadikan pelajaran agar lebih berhati-hati jangan sampai masalah oli dispelekan hingga akhirnya fatal buat mesin. Meskipun sebabnya bisa berasal dari sebuah baut saja, efek berikutnya nggka main-main. Jadi kalau oli ngerembes, ada suara asing, mesin berasap ngak normal, atau gejala lari mesin payah perlu dicurigai tuh ada masalah di Oli mesin atau packingnya yang ke piston ada yang bocor.,

biar lebih aman, bawa aja ke bengkel dulu.. mencegah lebih baik dari pada mengobati.. hehe
(gianluigimario)

42 thoughts on “Hati-hati gejala oli habis !!! fatal akibatnya buat mesin..

  1. Anonymous says:

    waahhhh parah baget tu yg motor china,,,, ampe lepas tutupnya,,, http://chozinahmad.wordpress.com/2012/07/04/wow-helm-valentino-rossi-di-prj-dijual-seharga-8-juta/

  2. zero seven says:

    setuju, terima kasih atas infonya
    bermanfaat sekali 🙂

  3. MWDS says:

    tapi yang aneh pada motorku justru sering kehilangan baut pada bodi, jadi kadang sering bunyi “plakplakplak”
    padahal motor ane masih standart pabrik……!!!

  4. indaran says:

    Jgn sampai deh oli kerontang..hancur mesin.
    Lbh baik motor gak service sampai businya mati sendiri, tapi ‘royal’ mengganti oli bahkan lbh awal dari jadwal. Begitu mas, temen ane berpendapat, setelah mesin kharisma-nya jebol krn mengabaikan kesegaran pelumasannya. :mrgreen:
    Skrg jd perhatian sekali dgn kondisi oli hsx 125 nya, tp tetap membiarkan busi dan karburator sampai ‘menyerah’, baru di service..hadeeh 😦

  5. warung DOHC says:

    wahhhhhh wis pernah dulin jogja ta mas e? 🙂

  6. Dide says:

    kayaknya itu emang penyakitnya shogun 110
    masalahnya teman sy tahun 2005 dulu juga pernah ngalamin baut olinya longgar atw dol jadi oli ngerembes lewat celah baut

  7. redbike92 says:

    wah ati2, nek oli sampek mampet, mesin srak srek
    lha temen ane malah bilang
    :”ganti oli tu ga penting”

  8. REC*303 says:

    Saya gak pernah ngalamin habis olie seperti yang disebutkan diatas, olie Motul gak menguap sama sekali

  9. dave says:

    wah,, parah kalo gt c,, ckck..
    musti sering2 cek..

  10. ridertua says:

    Gejala dompet menipis apa yak…tanda-tandanya 😀

  11. Nofgi says:

    Waduh bahaya tuh.
    Kalou sampai beli piston baru gara2 oli bocor, dompet bakalan tambah tipis aja xixixi …

    http://nofgipiston.wordpress.com/2012/07/04/maraknya-motor-trondol/

  12. Yoshi says:

    harus sering2 cek oli nih
    saya sering telat ganti oli 😦

  13. cigit says:

    sob kemaren motorQ juga ngalamin seperti cerita2 di atas,,,,,,, kehabisan oli tinggal 1 tetes doank waktu tu2p olinya di buka . Gmana solusinya sob ??? Sekernya lecet smua

  14. Master Don says:

    salam kenal buat para agan2 semua..ni ane jg mo berbagi cerita pengalaman pribadi..
    {ni sangat pribadi jangan bilang sipa2 ya..}

    sekitar setengah bulan kemaren aku brkendara pake cb th79 aku merasa baru brjalan beberapa kilo mesin terasa panas,aku tdk curiga krn suara mesin msh halus normal.tiba dilampu merah brhenti,,ketika lampu ijo aku langsung tancap gas gigi 1 ampe 3 mo oper ke 4 dari mesin langsung trdengar suara krekkkkkk.. suara kasar tenaga mesin menurun 90%..akirnya daripada nyurung cb dgn roda besar2 yg tentu berat aku paksa mesin nyampe rumah yg kira2 1 stengah km..waktu aku cek trnyata oli habis dan sampe sa’at ini cb_pun msh mangkrak belum dibongkar..untungnya msh ada cb satu lg buat jalan harian.. kemungkinan piston noken dan templarnya harus ganti..ini pengalaman menyedihkan sepanjang hidup saya..
    ini rahasia..jangan bilang pada yg lain..

  15. Santoso says:

    Sebelumnya saya sangat tidak merawat motor Honda Revo 2011 saya, tetapi setelah pertengahan juli 2013. motor saya mengalami kehabisan oli dan macet total. akhirnya saya kapok bro……
    hitung di hitung habis hampir 1 juta bro………
    sekarang saya benar benar harus menjaga dan merawat motor pencari kehidupan saya ini dengan sebaik baiknya……
    jangan ulangi kebodohan saya yah bro……..
    Sudah hidup seirit iritnya gak tahunya sekali kena harus irit kiri kanan… hehehe…..

  16. Anonymous says:

    oli itu ibarat darah kalau habis tau ndri kan akibatnya

  17. Salam mellertambenk binmazzakat says:

    Pux saya supra x nie stlh mau gnti oli olix tkor n stlah i2 spedax berasap pdhal sblm d gnti oli gk brsap.
    apa sbabx dan g5n s0lusix biar gk brasap?

  18. Nur says:

    Saya brusan gnti oli,tp kok stlah qu cek oli.y cmn dkidt yaks,, apw emg bgtu klo gnti oli ato dri bgkel oli.y belomt di gnti,,tlong bntu ya..

  19. Ahmad says:

    Supra x kehbsan oli kira apanya yg harus diganti m0hon solusinya

  20. Alesha Hibatillah says:

    Motorku blm ada 3 th..sktr 3 bl lalu turun mesin.krn oli kering.kemudian sbln kemudian jg sama mkn biaya sktt 850 rb untuk 2x ke bengkel.
    anehnya sbulan kemudian hal yg sm terjadi oli pun kering spt semula dan mkn biaya 435 rb.
    eh skrg br beberapa hr sktr 14 hr dah kering lg oli.
    knp ya ada yg tahu ?
    Motor honda blade bln 11 th 2011.

  21. Anonymous says:

    bang ,motor gua kok baru naek spek ,pas dipasang smua ,pas dinyalain bunyi suara aneh gitu ,kaya suara rante keteng kena ,tapi lebih parah lagi ,sampe’sampe kalah suara knalpot bobokan ama suara aneh itu ,itu kira kira kenapa yaa??

    *jawab dong om mekanik

  22. Anonymous says:

    kalau kehabisan oli, efek utama yang diganti àpá aja yaa, àpá itu harus turun mesin? ýg tau coret”

    • umam says:

      Baru ganti oli ko ad suara srekkk srekkk kasarMriang… banget…tapi lama kelamaan ilang kalo udh jalan 5 km…apanya y bos…kadang suka bunyi lagi…

  23. Fajar Kurniawan says:

    Kalo Mio udah macet mesinmya gmna …

  24. kaisar anak bangka says:

    Mw tanya,saya punya motor shogun 125,sering kurAng oli
    Nanti pas ganti oli apakah motor saya berasap gx? Jawab nya mass…

  25. DPA says:

    Numpang komen kang…
    Kalau di daerah yg hawanya panas (kayak domisili saya skrg) ganti olinya malah dua bulan sekali atau 1000km.
    Karena pernah saya coba sampe 4 bulan gak ganti, tuh mesin jadi berat bgt.
    Olinya berkurang separuh.
    Gak perlu mahal, yg penting sudah memenuhi syarat pabrikan.

Please leave a comment, thanks..

