Transmisi kasar ? bisa karena rantai, pelumas, atau koplingnya…

Kalau sebuah mekanisme girboks atau persneling kasar atau ‘kemrosak’, itu memang sudah bawaan mesin dari pabriknya. Pengin lebih halus apa iya kudu ganti mesin atau girboks? Hehe usul yang terlalu prestisius..

Imho belajar dari mengalami sendiri, ada beberapa cara agar transmisi sebuah motor  (terutama tipe sport) agar lebih halus :
– Cek rantai, apakah sudah rusak waktunya ngganti
– Ganti oli dengan pelumas yang paling pas buat transmisi biar lebih smooth,
– Setelan kopling, atau ganti kampasnya dengan yang lebih joss

Adakah hubungannya antara rantai dengan persneling kasar? Kalau dilogika mungkin agak jauh hubungannya, namun mungkin saja. Karena ketika kaki menaik-turunkan tuas persneling, maka secara langsung rantai sebagai perantara power antara mesin dengan roda akan bereaksi. Jika Rantai sudah aus, beberapa bagian seret, atau kekencangannya tidak merata maka proses penyaluran tenaga mesin akan terganggu, dan transmisi pun akhirnya menjadi tidak halus.

Jika rantai memang sudah nggak layak, atau umurnya sudah cukup tua ganti aja dengan yang baru, coba rasakan niscaya transmisi bakalan tambah sip..

Pelumas jelas nggak bisa sembarangan, kudu sesuai dengan tipe mesin dan spesifikasi yang ditetapkan pabrikan. Belum tentu suatu oli yang lebih mahal bakalan lebih pas dengan suatu mesin. Tiap pelumas punya karakter tersendiri, umur yang nggak sama, tingkat kekentalan, dsb. Kalau masbro selalu pakai oli bawaan mesin namun dirasa kemrasak, ada baiknya mencoba pelumas lain merk yang banyak di pasaran. Gianluigi Mario sendiri sedari dulu sering nyoba berbagai pelumas, mulai dari Top1, Motul, Shell, BM1, bahkan Enduro pun pernah..


Itung-itung buat nambah pengalaman dan mengenali karakter bermacam oli, mana yang paling pas buat tunggangan saya..

Mengenai setelan kopling mah agak teknis dan saya juga kurang faham, jadi ya  serahkan saja ke mekanik terpercaya aatu bengkel resmi.. Say amah cuman pengguna aja :). Ada yang ngusulkan coba setel kopling, pernah juga dapat saran ganti kampas racing Daytona, dan lainnya.

Kalau kedua cara sebelumnya (rantai atau oli) nggak mempan, nggak ada salahnya minta pendapat ke  ahli mesin buat yang ketiga ini (kopling). Atau mau coba setel sendiri juga boleh, kan motor sampean sendir :mrgreen:.. (tapi nggak tanggung jawab kalau ada apa-apa) hehe.

Kalau masih kasar juga?
Udah, nyerah aja emang sudah bawaanya.. Bila nggak tahan lagi ya ganti motor aja, ketimbang cuman ganti girboksnya aja belum tentu lebih mantap..
(gianluigimario)

Advertisements

16 thoughts on “Transmisi kasar ? bisa karena rantai, pelumas, atau koplingnya…

  1. wardiketel says:

    betul, pernah ngalami. Ganti rantai terus halus lagi kalau oper gigi perseneleng.

  2. Dide says:

    Spec oli juga pengaruh misalkan oli dengan spec

    API SL lebih licin daya lumasnya dari API SJ , kekurangannya karena lebih licin jadi bisa menyebabkan slip kopling

    JASO MA2 lebih baik dalam mencegah slip kopling dari pada JASO MA

    Jadi untuk motor sport supaya performa bagus tanpa slip kopling lebih baik cari spec oli yg sudah API SL dan JASO MA2

  3. Nichoz Ahmad says:

    mantap,,,

    chozinahmad.wordpress.com/2012/07/08/tips-menghilangkan-coklat-di-leher-knalpot/

  4. REC*303 says:

    Kalau CS1 memang kayaknya bawaan dari gigi 1 ke gigi 2 ataw sebaliknya pasti kasar alias bunyi “jedak/jeglek” gitu. Sekarang nyoba Motul Hi-Tech 4T lumayan mengurangi gejala tersebut meski kadang suka muncul

  5. Wiro Sableng says:

    Setelah ganti kampas kopling pakai BRT, menggunakan oli Enduro Racing, perpindahan gigi jadi kasar banget…
    Sekarang ganti pakai oli Enduro biasa perpindahan gigi rada halus tapi istri komplain karena akselerasi jadi lelet… (motorbini)

  6. nunk iman says:

    saran yg terakhir kui lho…
    sesat.
    :mrgreen:

  7. redbike92 says:

    lho emang V-ixionya kang mario kasar transmisinya?

  8. andhi_125 says:

    kalo rante belum pake o-ring, bisa dicuci pake solar trus dilumasi pake oli baru…tapi not recommended lho nya…
    kalo kopling, biasanya lebih ke feeling…terlalu dalem atau malah terlalu ringan(kopling cethek kalo di daerah sini)…
    bisa disetel sesuai feeling. kalo dah mentok, tapi tetep gak enak, kemungkinan besar kampas kopling..
    CMIIW…pengalaman pribadi

  9. dave says:

    yahh mas,, klo ga mo kasar transmisi nya,,
    pake matic,, ompong ga pake gigi,, :p
    btw ternyata perawatan motor ribet bgt ya? -,-

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s