Yamaha Xeon, sudah ada sistem indikator self checking tapi belum injeksi?

Gianluigimario pernah keliru menganggap kalau Yamaha Xeon sudah injeksi..
Berangkat dari komposisi mesin  yang tersusun oleh forged piston dan DiaSyl, saya kira pendistribusian bahan bakar sudah seperti Vixion yaitu sudah mengadopsi teknologi injeksi. Baru ketika melihat lebih dekat tuh mesin motor dan ngecek di situs resmi Yamaha, nyatanya masih pakai karbu..

Namun rupanya bukan saya saja yang keliru mengira Xeon sudah injeksi, paling tidak ada dua teman yang beropini serupa. Salah satunya itu kang Doni. Bahkan alas an yang dikemukakannya lebih logis dan susah dibantah..
Ketika itu di parkiran kantor ada sebuah Yamaha Xeon, lalu kang Doni berujar
Xeon iku sip banget mesinnya mas, apalagi sudah Injeksi..
Kontan saja saya sanggah “ Belum mas Doni, isih karbu.. Tuh lihat mesinnya kelihatan karbunya dari sini “.
Lha di panel spidonya ada indicator mesin yang bisa kelap-kelip persis kayak Vixion.. Apa itu nggak bagian dari system injeksi? “ Sergahnya.


Saya pun langsung mengecek bagian panel instrument dan dashboard, dan emang bener lampunya mirip bener sama punya Piksen.. Wah gimana jawabnya ya? Coba aja Mario  berspekulasi
Wah mungkin lampu indicator itu sudah pakai CPU untuk mengecek sensor2 mirip dengan Vixion. Tapi yang pasti belum injeksi mas.. Tuh keliatan karbunya” jawab saya sambil menunjuk kompartemen mesin.
Yang sudah injeksi itu baru mio J sama Fino,  Xeon belum.. Nggak percaya coba Tanya dealer atau cek di brosurnya, hehe “ mario menambahkan..

Setelah mas Doni  pergi, saya masih mikir juga. Belum injeksi tapi sudah ada self checking system kayak Vixion.. wah-wah menipu nih kalau nggak ngerti. Apa system timing kelap-kelipnya juga mirip di Vixion? Rasanya ngga sama persis deh kan masih beda teknologi. Namun system self checking seperti ini biasanya sudah ada CPU dan memori untuk mendukung fungsi tersebut..

Kalau dipikir sebenarnya ketimbang feslip ganti warna nan colorful tuh Xeon mending dicangkokin injeksi sekalian, kan system pendukungnya sudah ada, tinggal ganti throttle bodi yang buat Injeksi cmiiw. Mungkin YIMM mengganggap waktunya nya belum pas, atau karena ada alasan yang lainya..

Nah yang punya Xeon atau yang lebih paham mekanismenya, silahkan dishare, apa bener sudah ada CPU buat indicator self checking sistemnya? Apa kodenya sama persis dengan si Vixion..? Biasanya warung ijo sudah mbahas nih yang ginian.. monggo..
(gianluigimario)