Hati orang yang takwa itu seperti lautan… *sebuah instropeksi

Kemarin salat jumat ada satu hal yang mengesankan dari khutbah, yaitu hubungan antara takwa dengan lautan.. Emang ada?

Yang dimaksudkan adalah arti Takwa itu (salah satunya ) adalah jiwa yang luas, seperti halnya lautan atau samudera. Orang yang bertakwa memiliki hati yang seluas lautan, yakni mampu menerima ujian dari Allah apapun dengan tetap dalam keimanan.. Ia juga bisa menerima seperti apapun makhluk Allah itu, tanpa mencela..

Layaknya samudera yang asin namun suci, ia menampung segala yang ditumpahkan kepadanya pahit atau manis, hitam, merah, kuning, atau tidak berwarna juga ia terima, Seperti itu pula hati orang yang takwa sebenar-benarnya, bagaimanapun bentuknya manusia dia memandangnya sebagai ciptaan Allah sehingga tak pernah ia membenci atau mencelanya karena yang dari Allah mesti ada hikmahnya..
Baik kepada manusia yang sabar atau pemarah, menjengkelkan atau menyenangkan, usil atau ramah hati orang bertakwa senantiasa tak mendiskriminasikan, semata karena Allah..

Padahal kalau saya renungkan hikmah ini, ternyata hati saya malah kebalikannya..

Begitu gampang saya mencela orang lain, menjauhinya hanya karena tak suka sebiji tabiatnya, enggan bergaul karena diusili, bahkan menggunjingnya bila ada perbuatannya yang menjengkelkan.. Sungguh hati ini masih jauuuhh dari sifat takwa, meski setiap jumat diingatkan untuk bertakwa.. Subhanallah..

Nah, saudara-saudara semua bagaimana bila kita berupaya melatihnya di bulan mulia ini? Ketika terbersit akan mencela orang, ingatlah hati dan lautan.. Saat ada kebencian kepada pribadi lainnya, ingat lagi tentang hati orang takwa dan samudera, begitu seterusnya..

Dengan memohon karunia dariNya, kita mengharap kebencian hati ini dihilangkan sehingga kita menjadi orang yang betul-betul bertakwa..amiin. Mari memulainya bersama…
(gianluigimario)

Advertisements

4 thoughts on “Hati orang yang takwa itu seperti lautan… *sebuah instropeksi

  1. dave says:

    ya kita harus lebih sabar..

  2. MWDS says:

    mantap………!!!

    ulasannya jos……!!!

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s