Kisah Habib dan dua potong roti..

Suatu hari Hasan mengunjungi Habib. Habib menyuguhkan 2 potong roti gandum dan sedikit garam kepada Hasan. Tiba-tiba seorang pengemis datang, dan Habib memberikan roti dan garam itu kepadanya.

Habib,” tegur Hasan yang terlihat bingung, “ kamu orang yang baik. Alangkah  lebih baiknya jika kamu juga berpengetahuan. Kamu mengambil roti dibawah hidung tamumu dan memberikan semuanya kepada pengemis. Mestinya kamu berikan sebagian untuk pengemis, dan sebagian lagi untuk tamumu.”

Habib diam saja..

Tak lama berselang, seorang budak datang membawa sebuah baki yang berisi daging panggang, manisan, roti yang lezat, dan uang lima ratus dirham. Budak itu menyerahkan semuanya kepada Habib. Habib menyedekahkan  uang tersebut kepada fakir miskin, dan menyuguhkan makanan lezat itu kepada Hasan.

Guru,” katanya ketika Hasan tengah makan, “ Anda orang yang baik. Alangkah lebih baiknya jika anda juga memiliki sedikit keyakinan. Pengetahuan harus diiringi dengan iman.

Catatan kecil :

Kalau kita baca kisah diatas, sebenarnya tidak ada yang keliru diantara kedua orang alim tersebut. Hasan benar mengenai hak seorang tamu, akan lebih bijaksana (dan berpengetahuan) kalau roti tersebut dibagi sehingga hak tamu dan hak pengemis pun sama-sama terpenuhi..

Namun Habib berada pada level keyakinan yang luar biasa. Dia memberikan seluruh makanan bukan berniat mengecewakan tamu, tetapi menuruti keyakinan hatinya bahwa Allah akan membalas orang yang berbuat baik dengan balasan yang tak terlintas oleh pikiran, lewat perantara apapun yang Dia kehendaki..
Dan keyakinannya tak disia-siakan oleh Allah.

Di bulan puasa ini, mari perbanyak sedekah dan infaq kepada orang yang memerlukan. Yakinlah Allah pasti akan membalas kebaikan, kalau bukan sekarang mungkin akan dijadikan bekal bagi kita di kehidupan nanti.. aminn..

Semoga berguna
(gianluigimario)

16 thoughts on “Kisah Habib dan dua potong roti..

  1. dave says:

    “seorang budak datang membawa sebuah baki yang berisi daging panggang, manisan, roti yang lezat,”

    jadi laper mas,, ckck.. kynya enak tuh,, hehe..

  2. indaran says:

    jd ingat dgn Kyai As’ad Syamsul Arifin dari Jember mas… Subhanalloh.

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s