Mending tunggu Beat injeksi supaya head to head sama Mio J… *analisa ringan

Setelah mencermati dua motor sport premium, nggak ada salahnya kalau ganti kita soroti dua matik dikelas entry level. Ambil saja Yamaha Mio J dan Honda Beat. Dua diantara skutik terlaris..

Ini dia tabel kecil yang saya rangkum dari situs resmi kedua pabrikan..

Pertama coba kita kupas sedikit Mio J terlebih dulu.
Dengan meninggalkan teknologi karbu, matik penerus generasi mio ini diklaim lebih irit sekaligus bertenaga. Memang aplikasi injeksi tersebut jelas mengangkat value dari Mio J, setingkat lebih advance ketimbang kompetitornya yang masih konvensional. Tapi kalau soal klaim irit dan bertenaga itu belum pasti presisi.
Lihat aja tabel resmi dari pabrikan : Meski unggul kubikasi sekitar 5 CC, Mio J malah kalah power dari Beat sebesar 0,5 PS. Mileage mah mungkin 11-12 lah, ini mungkin bisa dicatat dari data hasil test ride.

Kemudian kita beralih ke Honda Beat.
Punggawa matik Honda di kelas entry level ini penjualannya merajai nasional. Dengan mengandalkan desain imut, harga yang bersaing, serta nama besar Honda sebagai produsennya, dominasi dinasti Mio selama beberapa tahun pun tumbang..
Jika dibandingkan dengan Mio J sekarang (sebagai pengganti Mio Sporty), Beat tertinggal dalam hal belum injeksi. Juga kabarnya bodi yang kecil tersebut kurang stabil handlingnya pada kecepatan tinggi..

Berapa harganya di kawasan Jawa Timur?
Untuk Mio J CW dibanderol 13,65jt sedangkan Honda Beat CW berada di angka 13,2 jt.
Dengan formasi harga seperti ini, rasanya Beat masih punya keunggulan dari sisi Harga sedangkan Mio J menawarkan teknologi baru sebagai penyempurna Mio sporty yang sudah terpercaya. Mungkin untuk beberapa saat penjualan Beat belum akan tergeser, namun kalau Teknologi injeksi Mio J sudah diterima luas pasti bakal mengancam atau bahkan melengserkan matik Honda tersebut.

Saran kalau mau beli, pilih yang mana??? Jika Beat nanti sudah dibekali PGM-FI trademark Honda, mesti bakalan head to Head dengan YMJET FI dari Mio J. Untuk saat ini imho Mio J lebih worthy, tinggal tambah 400rb-an sudah dapat teknologi terkini.. Namun bila sampean suka Beat nan imut, dan nggak begitu peduli mau injeksi atau masih karbu ya pinang aja matik Honda tersebut 🙂

Mending sabar aja tunggu Beat injeksi, kemudian simak lagi komparasi berikutnya dari warung ini sebelum memutuskan pilih mana.  hehehe..
Mudah-mudahan warung ini diundang testride-nya :mrgreen: Kapan ya AHM, Beat injeksi lahir?
(gianluigimario)

18 thoughts on “Mending tunggu Beat injeksi supaya head to head sama Mio J… *analisa ringan

  1. Prabu Melaz says:

    Ingat! Design memegang peranan penting. Dan disinilah kelemahan mio j! Tak ada gebrakan design yg menawan.

    Jadi,kalo ada yang bilang bhw mio j ga laku karena injeksi,maka itu adalah kesimpulan yg salah. Karena vario 125 laku keras mskpn injeksi!

  2. ibnu says:

    bagaiman dgn suzuki nex fi

  3. cah bagus says:

    penilaian desain memang sangat subyektif.
    menurut penilaian saya yg subyektif ini, desain mio j cukup jelek.

  4. dave says:

    tapi emang beat kurang stabil,, imho..

  5. indaran says:

    kalau dari pengalaman mas, mau injeksi atau karburator, stabil atau kurang stabil…yg jelas kecepatan matik2 kecil ini gak main2.
    ‘kapok’ mengikuti konvoi (mio, mio j, beat, scoopy) di rute cikidang – pelabuhan ratu, yg terkenal tikungan tajam, menanjak dan menurun ekstrimnya, dilalui ala ‘speed touring’ dgn riding rapat ‘wheel to wheel’.
    salute :mrgreen:

  6. bimo96 says:

    semoga facelift 😀 bukan cuma ganti teknologi ama stripping 😀

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s