Hadis ke 17 arbain nawawi : berbuat baik pada segala urusan..

Bismillah.
Hadis Arbain Nawawi kan sangat populer, dan telah di-syarah Ulama2 besar, dari jaman dulu sampe sekarang.
Saya ini ndak punya ilmu yang mumpuni, bakat yg hebat, atau pemahaman kuat..tentunya bukan apa2 dibanding mereka. Oleh karena itu, disini saya ga berniat men-syarah seperti mereka. Saya cuma mau menulis point2 singkat yg ditangkap pikiran saya dari membaca penjelasan Ulama2 trsebut. Boleh ya?
Kalo ada yg keliru terimakasih bila diingatkan.
Kalo benar, itu semata dari Allah.

mari mengkaji  Hadis berikutnya..

عَنْ أَبِي يَعْلَى شَدَّاد ابْنِ أَوْسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِنَّ اللهَ كَتَبَ اْلإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ، فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا الْقِتْلَةَ وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذِّبْحَةَ وَلْيُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ وَلْيُرِحْ ذَبِيْحَتَهُ .  [رواه مسلم]

Terjemah hadits / ترحمة الحديث  :

Dari Abu Ya’la Syaddad bin Aus radhiallahuanhu dari Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Sesungguhnya Allah telah menetapkan perbuatan baik (ihsan) atas segala sesuatu . Jika kalian membunuh maka berlakulah baik dalam hal tersebut. Jika kalian menyembelih berlakulah baik dalam hal itu, hendaklah kalian mengasah pisaunya dan menyenangkan hewan sembelihannya. (Riwayat Muslim)

Catatan singkat :
Hadis ini menekankan untuk berbuat baik dan tidak menyakiti ,tidak hanya khusus kepada sesama manusia, namun juga terhadap segala sesuatu, termasuk hewan yang akan disembelih.

Diantara bentuk kebaikan kepada binatang adalah :
– menempuh cara tercepat bila menyembelihnya
– Menajamkan pisau
– menyenangkannya, dengan tidak berlaku kasar, dsb

Syariat agama senantiasa mengandung nilai kebaikan, bahkan dalam penyembelihan hewan sekalipun telah diatur agar terlaksana tanpa menyakiti makhluk-Nya ..
Semoga bermanfaat.
(gianluigimario)

Advertisements

6 thoughts on “Hadis ke 17 arbain nawawi : berbuat baik pada segala urusan..

  1. dave says:

    kok ngomongin potong hewan mas?
    ga ngerti mode on..

  2. Rovi sezy says:

    dieropa malah ada perdebaTan ato pelarangan mengenai penyembelihan hewan secara islam ataupun yahudi ..trutama dr kalangan aktivis pencinta hewan katanya hal tsb temasuk kekejaman,tdk berprikehewanan..

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s