New Megapro produk yang bagus. Tarikannya halus, tramsmisinya sip, pun udah dilengkapi Rear disk brake serta spido digital. Kalau secara engine dibandingkan dengan Byson, rasanya NMP masih sedikit unggul meski sama-sama masih karbu.
Bedanya hanya di desain bodi.. yang katanya si kebo lebih “anak muda “ dan “gagah”.. Yaaa, soal ginian emang bukan ilmu pasti namun pastinya tergantung perspektif penilai..
Seorang teman sebaya, Akah namanya beli NMP sekitar bulan januari lalu. Tentu saja masih lumyan kinyis-kinyis.. Arek suroboyo ini perlu alat transportasi buat pulang-pergi ke kota Pudak tiap harinya, dan Astrea Grand sebagai motor sebelumnya dirasa kurang memadai..
Pilihan motor batangan dari Honda yang dianggapnya paling pas ya New Megapro.
Ternyata Akah kurang sreg dengan tampilan asli si NMP. Shield samping yang menempel di tangki pun dia lepas untuk mendapatkan perubahan suasana.
Padahal kalau dilihat sepintas New Megapro yang tangkinya ‘telanjang’ malah terlihat aneh.. kurang pas..
Si Akah ini termasuk yang sering memberdayakan “kickstarter” dari New Megapro ketimbang selalu menghidupkan motor dengan Elektrik start. Tapi entah karena faktor apa, cukup susah ngidupin mesin NMP dengan engkol.
Perlu 5-6 kali engkolan baru mesin menyala, itu pun ketika gas dilepas mesin kembali mati dan perlu beberapa kali tendangan lagi..
Coba elektrik start, ternyata normal saja nggak ada masalah atau kesulitan serupa.
Apa memang mekanisme kickstart NMP berciri seperti itu, atau Akah aja yang nggak ahli?
Saya juga pernah sekali dipinggir jalan menjumpai seorang yang mengalami asalah serupa dengan NMP-nya. Setelah membeli sesuatu ditoko sparepart dan berniat pulang, pemuda itu saya lihat berulangkali ngengkol New Megapro yang susah dihidupin..
Hal ini bukan masalah besar sih sebenarnya, namun dua kebetulan yang cukup menarik..
Kalau begitu kudu rajin merawat baterai agar elektrik starter New Megapro tetap prima.. 🙂
(gianluigimario)
kick starter lbh baik dlepas aja..hehe..
menurut pengalaman saya dengan megapro primus yg d rumah, ngengkol buat idupin mesin megapro sbnernya mudah aja sepanjang kondisinya normal n standar
cukup putar kontak ke posisi on, n engkol kick starter tapi setelah sampai posisi pol bawah agak dtahan sbentar.. nmp juga sama aja
kalo diengkol tp langsung dilepas n apalagi digas y tambh susah
cmiiw
waduh, si Akah kurang pengalaman 🙂
wkwkwk…emang karakter sport honda gitu kayaknya dalam hal engkol mengengkol mas…:D
wew.. sudah hapal diluar kepala rupanya 😀
klo gl pro black engine ane kickstarernya ditahan poll sampe bawah malah nendang balik wkwkwk (maklum belom dekompresi) ujung2xnya sendal jepit jadi korban 😀
mungkin statsionernya terlalu rendah bro,saya stasioner set stasioner diangka 1400 s/d 1500an rpm cukup ngengkol tanpa menyentuh gas mas bro.. dan cukupsekali tendang
wah perlu dikasih masukan tuh temen saya 🙂 thanks mas nana..
walah kok sama ya sama nmp saya, baru 1 th 3 bulan baterai soak. Pakai kick stater susah hidup butuh tenaga extra. Coba tanya pak RT apa nmpnya juga susah hidup kalau di engkol.
sama tho?? 😀
insallah kalo ketemu orangnya coba tak ‘komplain’ hahaha..
ky nya nmp punya temen saia ga segitu susah d,, imho..
tapi emang pada jarang pake engkol c,,
biasa nya pake jengkol,, eh electric starter.. 😛
memang jarang yang pakai.. 😛
walah sama nasibnya dengan megapro primus milik kakak………..!!!
susah banget kalau diengkol……….!!!
tapi kalau ditendang lebih keras n jangan dilepas dulu pas sudah di bawah engkolannya sudah nyala………..!!!
tapi harus plintir gas terus di rpm 2000 selama +- 3 menitan………!!!
tetapi kenapa gen GL PRO sama GL MAX malah mudah baget diengkol kalau mau nyalain mesin……….???
aneh betul………!!!
*tepok jidat nih
GL Max yang lawas (sebelum neotech) juga nggak kalah sulit..
yahh maklum lah namanya juga MOTOR SAMPAH
wahh kata-katanya sarkatis…
motor sampah dikasih kau jg mau taik!