Apakah 6speed pasti lebih powerful dari 5 speed, atau cuman menang keren?

Mulai MX, Byson, Vixion bahkan Scorpio yang berkubikasi 225 cc, Yamaha tetap konsisten dengan transmisi 5 percepatan untuk motor berkopling manual produksi mereka. Apa mungkin New Vixion jadi yang pertama bergigi enam buah?

Kembali kepada opini pabrikan, YIMM pernah mengeluarkan statement (cmiiw) bahwa mesin yang memakai transmisi 5 speed lebih halus dan responsif. Sehingga scorpio pun tak mau meniru si Macan meski power mesinnya lebih besar.
Mungkin yang jadi pokok pembicaraan adalah :
– apakah memang 5speed lebih responsif dari 6 speed
– dan apakah dengan beralih ke 6 speed power otomatis naik?
Sekilas dua soal itu terlihat sepele dan tidak perlu jawaban, namun justru disanalah (tampaknya) yang banyak dibahas pada New Vixion.

Coba kita buat uraian ringan mengenai itu.. 🙂

Imho, saya kurang dapat menilai dengan pasti apa iya 6speed masih kalah dari 5speed dalam hal respon engine. Karena hanya CBR250 dan Satria FU aja mesin 6speed yang pernah  tak coba geber, dan hasilnya cukup sulit dibedakan .. nyaris sama sensasinya hehehe.
Bisa jadi responsif enggaknya perlu melihat faktor :
– rasio gigi-gigi transmisi
– setingan karbu/injeksi
– setingan pada ruang bakar/klep
– bahkan oli mesin juga mempengaruhi respon motor
Jawabannya bakal sangat relatif dan variatif, karena susah mencari dua motor yang serupa pada point point diatas (sama rasio gigi, sama seting karbu, sama oli, sama seting klep) namun beda transmisi..
Kesimpulan (ringan) nya??? “responsif tidaknya transmisi tidak hanya dipengaruhi jumlah gigi saja”..

Pembahasan serupa berlaku untuk pertanyaan kedua..
Kalau bagi saya yang awam sih, 6 speed tak selalu menjamin lebih powerful . Karena produksi tenaga dari mesin kan juga dipengaruhi faktor lain, semacam mekanisme mesin, komposisi bore vs stroke, seting mesin, dsb.
Biarpun 6 speed kalau mekanisme dan bore vs stroke nya berkarakter lebih inferior, maka hasil dynotest mungkin saja kalah sama 5 speed  yang teknologi mesinya lebih advance.
Bingung?? Saya aja juga kebingungan :mrgreen:

Singkatnya, Yamaha tampaknya bakal bersikukuh memakai 5 speed untuk varian New Vixion dan tak terpengaruh meski kompetitor  akur dengan 6 percepatan.. Memang sih kalau dilihat sepintas, jelas yang 6 speed bakalan lebih keren dan menarik, tapi dalam perspektif saya sih asalkan performa memang lebih powerful (dari desain ulang ruang bakar) atau perbaikan pada komposisi gigi, dan semacammya gak masalah biarpun New Vixion masih 5 speed.

Yang jelas sih imho power harus naik karena bobot keseluruhan meningkat.. Soal YIMM mau pakai 5 atau 6 percepatan biarin aja terserah mereka.. hehe
nah, piye pendapat sampean?
(gianluigimario)

Advertisements

50 thoughts on “Apakah 6speed pasti lebih powerful dari 5 speed, atau cuman menang keren?

  1. zimbia says:

    pertamaxxx

  2. indaran says:

    menarik..menurut sy benar2 bergantung kpd kebutuhan penggunaan (dan marketing point tentunya) 🙂

    yg jelas, semakin byk gear, semakin mudah mempertahankan powerband optimal. Namun utk motor harian, dgn alasan praktis dan cost prod, mgk 6 sdh cukup, 5 tdk masalah (serahkan pd divisi marketing xixi). Kini, seiring tuntutan persaingan dan maksimalisasi performa (speed ataupun efesiensi bbm), khususnya pd kendaraan roda 4, bahkan sdh ada yg dilengkapi 7 bahkan 8 gear maju..dahsyat. Paling mudah, tentu sj pakai cvt, bagaikan punya gear tidak terbatas hehe.. :mrgreen:

  3. dave says:

    kalo gigi nya sedikit nti kalo mo makan susah,, :p

  4. mr.you says:

    gear 5speed vixion sy rasa sdh pas krn tipe mesin square,lain halnya jika vixion karakter mesin overbore yg kt tau tipe seperti ini cepat gapai top speed jd mutlak hrs 6speed

  5. bensincampur says:

    Jd terlihat ganjil (nanggung) mendingan genap :mrgreen:

  6. gl max says:

    mungkin tergantung ratio giginya.anggap saja umpama nilai 100 mau dibagi 5 atau dibagi 6 tetep aja ketemu 100.mu

  7. gl max says:

    mungkin tergantung ratio giginya.anggap saja umpama nilai 100 mau dibagi 5 atau dibagi 6 tetep aja ketemu 100.mungkin begitu analoginya

  8. gl max says:

    halah kepencet jd dopost

  9. iwak tempe says:

    ya tetgantung ratio gigi2 nya…. apakah bertambahnya gigi utk entengin tarikan ato tambah top speed…

  10. bimo96 says:

    kalo 6 kan malah jadi motor drag 😀

  11. MWDS says:

    kalau motor batangan pada model Diamond yang merupakan model lawas jadi tidak terlalu wajib memberi gigi 6, tetapi harus diberi pada >200cc keatas……..!!!

    sedangkan model Deltabox, Twin Tube(Pentagon), Turbular(Teralis) harus wajib diberi gigi 6 karena model yang sudah modern walaupun masih di 150cc, baik DOHC maupun SOHC
    tetapi menerapkan gigi 6 pada karakter mesin 150cc SOHC (overstroke) jauh lebih rumit n susah daripada karakter mesin SOHC (overbore) maupun DOHC…….!!!

    *analisa ringan

  12. Anonymous says:

    saya rasa yamaha lebih melihat urgensi pemakaian motor yang digunakan untuk harian, makanya produknya lebih mengandalkan torsi, dan tetap pada 5 percepatan, karena ya memang untuk harian yang stop and go mode riding

  13. bagas29ps says:

    Klo saya cukup kerennya aja, ga pernah ngebut sih. Gigi 5 di piksen aja jarang kepake 😀
    http://bagas29ps.wordpress.com/2012/08/22/gaulrokok-masa-sih/

  14. z1rider says:

    5 speed jadi 6 speed, logikanya sih akselerasi lebih cepat, kan rasio nya rapat rapat alias kec. maks pada gigi ke – 5 di yang udah 6 speed, biasanya lebih rendah daripada yang masih 5 speed 🙂
    http://z1riders.wordpress.com/2012/08/22/wajar-jika-nicky-hayden-harus-absen-pada-gp-brno-kecelakaannya-parah-brooo/

  15. H3 says:

    Gigi 6 utk overdrive (turun rpm) irit bensin..

  16. zero seven says:

    6 speed itu agar ketika pindah gigi, putaran mesin (rpm) enggak ngedrop terlalu jauh.

    Makin banyak tingkatan speed nya, makin nggak gampang ngedrop rpm nya 🙂

    http://zulfauzi.blogspot.com/2012/08/macam-macam-jenis-porting-part-5.html

  17. arifudin says:

    mas bro 5 speed kok lebih bagus dari 6 speed, bearti lebih bagus lagi yang 4 speed gt!!! Kok tdk bs maju Ind ini,, kalau tdk suka kcpatan silahkan!! Mbil2 dunia saat ini yang matik aj menaikkan ke 6 speed malah ad yg 8speed. D motor 6 speed sangat perlu buat bore up. Biar tdk usah mainkan sproket.

  18. iron says:

    betul bos tergantung powerband. powerband luas gak perlu banyak gigi. conthnya mobil hardtop kalo gak salah cman 3 gigi. power besarnya mampu narik yg berat2, akselerasi mantap.

  19. Widodo says:

    Klo stju 6 speed,krn dri pnglman dg mtor sya Yamaha Scorpio Z,rasa nya stlh prsneleng 5,msin seakn mnta oper gi2 lgi,apalagi dg cc yg ckup bsar 225,rasanya kok nanggung klo cuma 5 speed,bnar ulasan Bro2 di atas,rpm 6 speed lbh stabil drpd 5 speed,apalagi dg embel2 sport touring yg notabene utk jarak jauuuuh,akan lbih nyaman klo 6 speed,smoga saja dari pihak YIMM ada yg baca opini2 ini,jd utk kdpan agar mluncurkn Yamaha Scorpio Z 6 speed,,,,,,,salam BROTHERHOOD,,,,,,

  20. Deltabox says:

    kalo pengen motor setingan harian tp larinya tambah panjang ya tinggal kecilin dikit aja gear roda belakangnya..ga perlu nambah speed-6,minimalisir biaya… (recommended aja bwt yg tinggal diperkotaan datar) 😀

  21. Anonymous says:

    Tergantung dari berat ringannya rasio,percuma 6speed tp rasionya berat,keburu di tinggal sama5speed

  22. Anonymous says:

    kayaknya utk yg suka sensasi kebut kebutan ala racer tapi gada uang lebih utk bli motorsport bisa coba beli gearbox 6 percepatan utk vixion..
    <<<<<<< kayak saya ini… 🙂

  23. prasetya says:

    vixion meding gear 6, gear 5 masih ringgan rasionya, masih geter mesinya, masih bisa naik rpmnya

  24. kakang says:

    beli gear ratio 6 speed nya dimana ?
    kasih tau dong 085799309665

  25. Gentora says:

    Ya tergantung kebutuhanlah. Kalau butuh untuk turing, pakai motor yg khusus turung, kalau butuh motor untuk balapan pakai motor khusus balap. Gitu aja.

  26. Arif says:

    Beda pada jumlah dan bentuk gigi primer honda dan yamaha

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s