Karena enggak kuat menanjak di Pacet, Mio pun dijual..ganti Vario 125 :)

Tetangga depan rumah, Bagoeng namanya kesehariannya memakai Yamaha Mio warna merah, kalau nggak keliru lansiran tahun 2007. Wuihh sudah lima tahun, bro..

Tapi sekitar tiga hari yang lalu si doi mengeluhkan matik tersebut..
Dipakai naik tanjakan di daerah Pacet (mojokerto) udah nggak kuat, “papar Bagoeng,” kira-kira kenapa ya?
Lha emang sudah lumayan tua, mas.. Mungkin packing buat pistonnya perlu ngganti, atau belt CVT sudah perlu disubtitusi ama yang baru ,“ sahut saya sekenanya.
Payah nih motor, bikin kawatir kalau-kalau di tanjakan terus meluncur turun gimana bisa-bisa masuk jurang ,“ sambungnya..

“ Emang kalau sudah dipakai lama ya ada beberapa bagian yang termakan usia dan performanya mengendur mas. Coba aja bawa ke Bengkel untuk dipastikan bagian mana yang perlu ngganti itu. “ Mario bersaran..

Tapi tak berapa lama kemudian di garasi mas bagoeng terlihat sebuah Honda Vario 125 anyar .. Waduhh ternyata dia wis nggak sabar dengan motor lamanya dan naik kelas sekaligus  pindah haluan ke pabrikan sayap kepak!!
Lho kok berubah jadi Vario mania mas Bagoeng.. Mio-nya dikemanain???
Jual wae .. laku 6,5 juta, “ jawabnya santai
Trus tunggangan barunya kena berapa??? “ tanya saya lagi.
ooo ini juga 6,5  mas.. “ sahut Bagoeng.
Kok murahhhhhh? Nggak mungkin lah..
Maksudnya cicilannya tiap bulan sekitar 650 ribu, hehe “ ujarnya tanpa menjelaskan berapa uang muka dan jangka kredit Vario tersebut..

Kalau pendapat saya sih, memang motor kalau sudah cukup lama masa pakainya jelas nggak sekuat saat masih baru. Tentu kesulitan kalau dituntut melahap tanjakan apalagi yang ekstrim, pasti resikonya cukup besar. Penggantian part-part mesin mutlak diperlukan meski tetap tidak akan menjamin  performa bisa seperti semula..
Bila kurang yakin, atau ogah mengeluarkan dana merestorasi motor lama, jalan satu-satunya ya kayak Bagoeng diatas : ganti motor baru.. 😀

Sampean pilih merestorasi motor lama atau beli kendaraan baru? tentunya ada faktor lain yang kudu dipertimbangkan.. monggo di share pendapatnya..
(gianluigimario)