Kalau CB 150 ‘teralis’ unggul secara teknis, visual dan value apakah New Vixion masih berjaya? *opini ringan

Cukup menarik kalau ngelirik perang opini soal gearbox new Vixion yang “cuman” 5 biji. Sudah pernah saya prediksikan, kalau YIMM sangat pede dengan transmisi tersebut.. Tapi hari ini coba kita pandang dari perspektif calon lawannya dari Honda, yakni CB150, atau si teralis.

Vixion jadi raja sport tanah air (dalam hal sales) itu sudah tak bisa dipungkiri. Tapi layak digaris bawahi bahwa sedikit banyak predikat tersebut dipengaruhi fakta bahwa kompetitor yang ada belum memberi perlawanan mati-matian.. Nah kalau sudah si teralis (masih isu) bener diplot sebagai penjegal Vixion, apakah tahta tersebut akan berpindah tangan???

Kita lihat kebelakang kunci sukses Vixion, pertama adalah soal mesin. Di jaman peluncurannya maupun 4-5 tahun sesudahnya, faktor ini masih digdaya dan belum tersentuh. SOHC 4V, liquid cooled, injection..siapa yang bisa lawan? CBR150 pasti superior tapi kan lain segmen pasar. NMP masih konvensional, apalagi Thunder yang nyaris tanpa inovasi.
Jika betul CB150 sebagai gacoan anyar mengusung engine DOHC, pendingi cairan, dan PGM-FI (apalagi ditambah 6 speed) maka secara teknis Vixion sudah ‘dilewati’. Ada yang menyanggah kalau karakter torsi Vixion tetap jadi kelebihan? karakter sih imho bisa di bentuk dari setting, yang penting mah potensi power maupun torque-nya lebih bagus..

Kemudian alihkan fokus pada kunci Vixion berikutnya, desain yang macho. Meski sama-sama dicomot dari India, New Megapro kurang ‘eye catching’. Deltabox frame-nya seakan tanpa lawan..
Isunya kan CB150 pakai baju “trellis frame” ala ducati ya? Katakan saja benar begitu, maka ini cukup buat bekal menantang desainnya si Raja sport Yamaha itu. Hasilnya belum bisa ditentukan, karena kita belum tahu rupa final si CB150, apalagi sambutan masyarakat luas..
Pastinya potensi untuk “fenomenal” secara desain itu sudah ada..

Terakhir, rahasia sukses Vixion adalah harganya. Dengan kombinasi engine mutakhir dan desain ramping nan yahud banderol Vixion masih termasuk ‘murah’. “value for money” ini lah faktor penting yang mengatrol penjualan si Piksen.
Jika Honda berani menyerang dengan harga yang lebih rendah, atau sama dengan New Vixion maka dijamin pertarungan keduanya bakal seru. “value for money” New Vixion jika harganya sama pasti masih kalah (imho) dari si CB 150..

Apalagi si CB 150 sebagai penantang membawa nama besar Honda yang sudah punya imej serta basis konsumen yang kuat. Ini bisa dianggap sebagai nilai lebih..

Tapi gen Vixion kan termasuk “prime mover” yang kukunya sudah menancap dalam? Memang benar itu faktor yang berpengaruh, namun imho bila secara teknis, visual, maupun value ada yang lebih bagus niscaya cepat atau lambat keunggulan tersebut menjadi kurang berarti..

Pertarungan memang belum ditabuh, namun bocoran spek sudah semakin terang..
Biarpun gianluigimario belum pasti beli, namun mengamati sengitnya kompetisi aja sudah sangat menarik.. New Vixion vs CB150 : mari prediksi sendiri-sendiri, monggo
(gianluigimario)

Advertisements

16 thoughts on “Kalau CB 150 ‘teralis’ unggul secara teknis, visual dan value apakah New Vixion masih berjaya? *opini ringan

  1. zero seven says:

    Si Trellis ini kayak Si Buta dari Goa Selarong
    lama gag keliatan, begitu muncul, bikin geger jagad persilatan 😀
    layak ditunggu
    kalo performa kayak Scorpio, mungkin bakal jadi kawan bermainnya Satria FU ane, hehe :mrgreen:

    http://zulfauzi.blogspot.com/2012/08/pulsar-yang-ini-udah-dohc-4-valve.html

  2. dave says:

    belom tentu jg teralis lebih bagus dr vixion,,
    soal nya spec nya aja belom ada,,
    jangan terlalu pesimis ma new vixion mas.. 🙂
    semua nya masi belom pasti,, hehe..

  3. indaran says:

    beli mas….nanti review luar dalam.. :mrgreen:

  4. mr.you says:

    dohc=superior,sohc=inferior adalah pemikiran salah.vixi sohc lumayan irit,teralis dohc akankah seirit vixi?

  5. Dr.Feelgood says:

    wujud utuhnya dan secara spesikasi detalinya masih belum tahu, jadi dipending dulu opininya kang hehe………. 😀

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s