Honda 6 speed vs Yamaha 5 speed?
Sudah berulang kali ini jadi polemik dan perdebatan mengenai mana yang lebih digdaya.. Lho bukannya gigi yang lebih banyak otomatis bakal lebih superior? Mesti bakal muncul opini-opini yang berseberangan dan saling ‘counter’ kelebihan masing-masing.
Ada klaim lebih responsif, kehalusan saat pindah gigi, power transfer yang lebih sempurna, gigi terakhir absurd, dan sebagainya.
Memang betul pada contoh Honda Tiger, transmisi ke-6 ‘hanya’ dipakai untuk menurunkan rpm sedangkan tenaga sudah tak lagi bertambah.. Ada banyak testimoni soal si macan ini.
Tapi buat saya pribadi (imho), secara Psikologis 6-speed lebih unggul apapun teorinya dari segi teknis. Biasanya mindset kita lebih cenderung kepada ‘gigi’ yang lebih banyak, walaupun belum pasti performanya, hasil test ride, bukti dyno test, dan semacamnya..
Secara first impression, transmisi 6 percepatan “menang” selangkah..
Hehe, ini cuman pendapat ngawur saya..
monggo berbagi opini 🙂
Kalau dalam mindset saya yang namanya motor sport ya 6speed
http://rec303.wordpress.com/2012/09/04/akhirnya-indonesia-akan-mempunyai-sirkuit-lain-selain-sentul/
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!
bener sekali.. Mindset= psikologis.. motor sejati ya 6 speed 😛
IMHO, kalau soal Gigi semua sepertinya sama saja::IMHO::
6speed, tapi pendek-pendek(rapat)
5speed, tapi panjang-panjang(nafas panjang)
*Kesimpulan Pribadi, semua sama saja kalau masih selisih cuma 1gigi…
kalo sudah 7gear baru sip 😀
udah ada kok 7 speed(Produknya HINO)
Produk roda dua? 🙂
ada, prosuknya HD….cuma lupa series apa!!
sip lahhh.. percoyo kok 😀
kalo ngeliat komen ini . 6 speed pendek pendek bagus nya malah sohc kenapa karena penggantian gear jadi bisa di rpm rendah kan cmiiw . kalo 5 speed dohc pun mantab karena rpm jadi tinggi iya ga sih cmiiw ya cuman nimbrung aja
emang teralis nya dah yakin 6 gigi mas? hehe..
yakin, kata spishot IWB
klo new piksen yakin dah 5 gigi mas?
itu juga dari spishot wak haji dan mas iwan.. 🙂
saya sih berharap ikutan 6 juga 😀
wah,, berarti masi belom pasti mas,,
sabar2,, mudah2an gigi nya 6,, biar sama,,
sip. 6 lebi afdol 😛
wah, sip jg mas… kalau sj r15v2 udah masuk, dan nanti, p200ns, 6 gears gak cm tiggi, cbr dan ninja… cmiiw

dan fu..
sipp.. most waiting gear 😀
Gigi 6 lebih halus kunyahannya. imho 🙂
mantap dan smooth 😛
Sayngnya lom pernah coba gigi ke 6 motor …
http://nofgipiston.wordpress.com/2012/09/04/motor-jadul-mampu-ngebut-sampai-245-kmjam/
coba aja bro, biar tau bedanya 😀
dijalan raya gigi 6 jarang terpakai,bro..kecuali di sirkuit… https://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2012/09/04/wacana-pembatasan-jarak-tempuh-motor-apa-lagi-ini/
yup, buat yg perlu geber topspeed..
unggul di mindset mas bro….
betul.. (mindset=psikologis) hehe
saya pake tiger memang sering pake gigi 6 secara trans sumatera
perbandingan gigi akhir bedanya dikit koq sama mega pro primus
jadi fungsi 6 gigi hanya untuk merapatkan tangga power band 🙂
sip tigernya.. jadi pengin nyoba 🙂
tambah gigi jd 6, top speed bisa naek? ya nggaklah tambah cc baru top speed bisa naik
wow.. perlu bore-up 😀
jika tak suka kencang mubadir bicara 6 speed, jika sudah sering mengunakan top speed terasa sekali kegunaan 6 speed. Jika padat lalulintasnya ,tdk pernah ad jalan sepi lempang dan lurus, pakai matic aj.
sipp 🙂
6 speed lebih oke, soalnya rata2 kebanyakan motor yg sudah mengaplikasi 6 speed limiter putaran mesinya dipatok sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan yg kurang dari 6 speed. tpi untuk motor yg mengaplikasi 6 speed yg dimaksud di artikel ini, entah berapa rpm putaran mesinnya. bisa jadi dibwah 11ribu ataupun 10ribu rpm saja. ya nanti sja kita liat setelah semua datanya sudah valid. he 😀
saya juga setuju 6 speed ahhhh 😀
hehehe…. 😀
pokoknya damai.. 🙂
asal damainya gk pake uang 50rebu untuk uang damai xixixi…..
haha,, jaman gini susah.. 🙂