Sulitkah mendeteksi kalau komstir Vixion sudah waktunya ganti???

Sudah jelas bahwa kalau motor setirnya seret atau susah dibelokkan, disinyalir ada masalah pada komstirnya.. Bisa saja hanya sekedar perlu dikencangi aja, atau malah sudah saatnya ganti sparepart baru..

Namun anehnya, Gianluigi mario nggak pernah berhasil mendeteksi gejala itu..

Seorang mekanik Yamaha sempat beropini bahwa setir si piksen alot banget, dan perlu penggantian cone race (kones) agar bisa kembali normal. Tapi yang jadi masalah, menurut saya sendiri yang memakainya setiap hari tak kurang dari 50km, si Vixion nggak kerasa ‘berat’ tuh buat membelok 😦
Akhirnya penggantian kones/komstir pun di tunda..

Kemarin saat ikutan turing Gresik-Blitar juga nggak ada perasaan berat dari kemudi Vixion, apalagi gejala oblakk.. Memang sih kedua pundak rasanya lebih pegal dari biasanya, tapi kan wajar pada perjalanan ratusan kilometer sedangkan setiap harinya cuman puluhan km saja.
Apakah rasa cepat penat itu sendiri sudah cukup jadi bukti adanya masalah di setir si Piksen?

Ketika seorang teman gianluigimario membonceng ke Surabaya untuk melihat pameran komputer, ia berulangkali mengeluh. Selain mengeluhkan kemudi yang berat, katanya handel gas juga terlalu seret.. Wah, bukti-bukti semakin kuat nih.. tapi anehnya saya sendiri nggak sedikitpun merasakan gejala itu. Handel gas kayaknya normal, setir juga masih seperti biasa, biarpun mario berusaha keras  mencari sendiri gejala itu,  hasilnya nihil..

Apakah semua kondisi masih normal, hanya pak mekanik dan teman saya aja yang gampang mengeluh, atau memang betul-betul susah memakai feeling untuk mendeteksi gejala komstir yang rusak??
Entah..  namun karena hal itu dirasa nggak vital dan mendesak, Vixion pun masih terus dipakai ngantor..  Biarin aja dulu, hehe.. :mrgreen:

 

 

 

Advertisements

27 thoughts on “Sulitkah mendeteksi kalau komstir Vixion sudah waktunya ganti???

  1. Nichoz Ahmad says:

    biasanya kita sendiri memang sulit merasakanya ,karena tiap hari memakai sehingga perubahan yang sedikit-sedikit itu tidak terlalu terasa, memang harus ada orang independen,,, wkwkwk

    http://chozinahmad.wordpress.com/2012/09/06/beredar-isu-new-tralis-dibekali-fitur-helm-in/

  2. H3 says:

    Kalo piringan atas bawah belum cacat >> cukup pelor dibersihakan + olesi dg grease (high temp) >> dipasang lagi..
    Goodluck bro….

  3. vixy182 says:

    biasanya kalo nikung bisa ngelawan setangnya bro…, oblak dikit… Kalo dikencengin atau di kendorin serba salah…. Kalo Di kencengin…stang agak keras ketika belok tapi oblak ilang…. di kendorin tambah oblak 🙂 …apalagi di bawa di jalan berbatuan bunyinya gak enak jedug2.. Barusan baru ane ganti juga tu si komsir koplak

  4. dave says:

    mungkin setang nya rusak sedikit demi sedikit,,
    ya karena mas pake nya sehari2,, ya ga kerasa,,
    tapi yg jarang2 pake ngerasain pasti ga enak nya,, imho.. 🙂

  5. GMC says:

    Trims bro…dah saya pasang balik linknya
    salam kenal

  6. GMC says:

    wokeyyy bro…

  7. Anonymous says:

    Kok gak mampir ke rmh ku..bro….

  8. Dr.Feelgood says:

    gampang ko mas gian, klo untuk mendeteksi perangkat komstir yg sudah tidak atau kurang bagus lagi. tinggal di belok2an sampai mentok ke kanan dan ke kiri. jika dirasa berat dari jika dibandingkan sewaktu masih baru, dan juga kemudian kemudi terasa seperti agak bergelombang ketika di putar kanan kiri. maka sudah hampir dipastikan perlu diservis jika masih bisa diperbaiki, tetapi bila sudah parah. maka jalan satu2nya ganti komstir baru.

  9. Nofgi says:

    Aku juga bingung mas mendeteksinya …
    Klow komster bisa sampai pecah gak ya … ? Takut ntr bahaya buat riding.

    http://nofgipiston.wordpress.com/2012/09/06/pantaskah-yamaha-byson-pakai-fairing/

  10. mr.you says:

    3 bulan yg lalu,ane br ganti komstir kena 230rb(200rb part+30rb ongkos)part asli yamaha.awalnya gejala limbung,berat.akhirnya di kendorin konesnya lumayan membantu sih cuma dipke gak enak saat ngerem&.ketemu jln lubang.

  11. lau mang mash betah xa pkek aja itung 2 ngirit kantong ,hahahai

  12. ujang says:

    ini vixion ane juga gan, kalo belok trus balik lagi ke tengah (motor di standar dua) itu tandanya komstir udah jelek apa gmn ya.

  13. rahman says:

    kalo sekarang harga komplit komster brapa ya??

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s