Knalpot Jupiter MX gampang korosif???

Apa persamaan antara Jupiter MX dengan Vixion? tentu saja cukup banyak, karena masih satu pabrikan.. Tetapi mengenai knalpot, bisa jadi dua-duanya sama rentan keropos..
Masak iya???

Mas Ipoel, seorang rider MX lansiran 2009 mengeluhkan hal itu. Muffler dari tunggangan miliknya cepat banget mengalami korosi, sehingga sekali waktu si MX roboh knalpotnya langsing patah..
Tak lama kemudian ia menemukan tukang las yang sukses menyambung knalpot sehingga motornya pun normal lagi. Tapi tak bertahan lama, beberapa bulan kemudian ditemukan lobang lain di dua tempat yang berbeda.. Tak lupa bengkel las langganan pun dikunjungi. Sekali tambal kena 25 ribu..

Nah pagi ini, Mas Ipoel komplain lagi kalo saluran pembuangan motornya itu kembali bocor..
” Jual aja mas.. ” komentar saya sambil bercanda. 🙂

Teman gianluigimario yang lain, pemilik Vixion warna marun juga mengalami masalah serupa. Cak Timbul, menemukan keropos yang parah di pangkal knalpot, yang memaksanya mencari tukang las di pelosok desa. Setelah ketemu dan sukses mengalami ‘operasi kecil’, suara Vixion pun kembali nyaring..
Tapi nggak jauh beda dengan Mas Ipoel, usia knalpot pesakitan itu nggak lama..
Ketika dibawa lagi ke tukang, sang patri menyarankan ganti leher milik knalpot GL Max, lebih kuat katanya. Welehh.. Vixion blasteran dong , hehe

Nggak jauh-jauh, Jupiter MX 2007 milik adik saya juga begitu. Dua lubang berdiameter sekitar 5 milimeter bikin suara mesin menjadi cempreng dan tarikan sedikit loyo. Untungnya setelah ketemu bengkel patri yang pas, hingga sekarang masih belum bocor lagi..

Apakah dari bahannya sendiri kurang bagus, perawatan nggak sip, atau iklim kota Gresik yang dekat laut bikin gampang korosif?
entahlah.. mungkin tiga-tiganya berpengaruh secara simultan.. 😀
(gianluigimario)

Advertisements

26 thoughts on “Knalpot Jupiter MX gampang korosif???

  1. Rony says:

    mungkin karena dket laut aja mas..d desa saya para pemilik vixi n mx adem2 aja soale..hehe..cepu jauh dr laut soalnya..

  2. Zul Fauzi says:

    ya, mungkin karena dekat laut itu, kalo teman saya yang tinggal di parang tritis, dia melapisi knalpotnya pake cat semprot tahan api yg warna item sebulan sekali, ini dijual di toko bangunan

    jadi knalpot seperti baru terus, enggak kuning.:D

    http://zulfauzi.blogspot.com/2012/09/mesin-satria-fu-itu-emang-mirip-ya-sama.html

  3. Dr.Feelgood says:

    perlu diselidiki penyebab utamanya secepat mungkin, supaya nanti bisa dilakukan pencegahan agar knalpotnya bisa lebih tahan lama mas he. btw punya saya shogun juga karatan mah sama, dibagian leher knalpotnya,dan rata2 knalpot motor 4 tak yg dicat hitam dove hampir semua mengalami karatan seperti itu. tapi klo sampai ada yg patah. wah gak tahu juga mas banyak penyebabnya seh.

  4. MWDS says:

    bukan dari laut kayaknya masbro……!!!

    karena tetanggaku juga punya…..!!!
    karatan juga……!!!
    padahal masih kinyis”, baru 5000km
    tetapi sudah kayak karatan……!!!

    tetapi kenapa MP milik kakakku lansiran 2009 tidak ada gejala serupa……!!!
    lha aneh betul……..!!!
    sungguh sangat mengherankan………!!!

  5. dave says:

    vixion nya c mas gmn tuh?

  6. Anonymous says:

    Entah kenpa kenpot jupiter mx puya aku ,cepet bnget kropos. .bikin gx gengsi. Mz brro

  7. ahmad nawal says:

    berarti ga aku aja ya ?, knalpot MX ku juga korofis, diameter nya hampir 10 cm

  8. rudi says:

    knalpot ku juga korosi dari taon kemaren… belinya taon 2007… sempat di las karbit knalpotnya di tampal… (tampilannya bikin ga PD) 2 bulan tahan sesudahnya bolong tempat lain lagi…. tampal pake aspal.. ga tahan juga pake lem besi ga tahan juga…. udah pake silikon red…. eh tahan rupanya udah 5 bulan ga nyebar bolongnya hahaha…..

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s