Vixion anyar mbrebet, apa ya sebabnya???

VLVL (vixion lagi, vixion lagi..), bulan-bulan kemarin begitu banyak yang beli Vixion di kantor saya, terhitung sekitar 4 orang.
Salah satunya Kang Temu, yang ngambil Piksen hitam dari dealer YES Gresik di daerah Bunder.

Nah tadi pagi ketemu, si doi menanyakan permasalahan motor yang masih inreyen itu sering mbrebet. kalau dipakai melaju kecepatan diatas 90kpj, gejalanya seperti BBM telat suplai, berdampat pada tarikan yang ‘endut-endutan‘. Anehnya, sambung dia, kejadian itu cuman pas gigi 3 atau 4 aja. Bila sudah menginjak persneling terakhir, laju motor kembali normal.

Gianluigi mario, yang juga pernah mengalami, memberi saran bersihin filter udara dibawah jok.

Cak Temu pun menambahkan kalau ia barusan aja dari bengkel resmi untuk servis resmi sekaligus komplain penyakit tunggangannya. Para mekanik disana pun sudah melakukan aksi :
– Servis reguler (ganti oli, bersihin filter udara, filter oli)
– Seting injeksi,
Namun hasilnya masih nihil, alias mberebet susah ilang.

Ada saran untuk mengganti busi dari salah seorang tukang, dan Cak Temu sudah beli busi anyar hanya saja belum dia pasang. Tapi masak iya motor yang masih baru alias inreyen belum 5000km sudah ganti busi? Piksen saya aja 35.000km baru dilengserkan setelah 2,5 tahun!!!

Gimana, ada para  ahli mesin yang bisa kasih penjelasan atau masukan lain buat Cak Temu?Apakah kualitas busi bawaan Yamaha Vixion mengalami degradasi performa?
Monggo di share…:mrgreen:
(gianluigimario)

53 thoughts on “Vixion anyar mbrebet, apa ya sebabnya???

  1. Gmc Paradise says:

    cc nya ditambahin bro hehehehehehe
    mampir2 bro http://gombongmotorcommunity.com/

      • akbar says:

        sama persis kaya punya saya mas, pada RPM 6000-7000 biasanya nyundul-nyundul. konsultasi ke BERES biasanya hal itu terjadi krn pemakaian bhn bakar yang krg berkualitas sprti premium. tapi jujur saja sampe skrg sy tetep setia sm premium MURNI. solusinya ganti busi, tapi kl ganti yg standart pengalaman sy ga bertahan lama. paling dpt 300-400km kambuh lagi. mending coba daytona/TDR racing atau kalo aq baca artikel sekalian nyoba pake iridium aja mas brow (denso/NGK). oke sob…..? sy tunggu reviewnya….

      • sip..
        coba entar tak buatin artikel kecil😛

  2. indaran says:

    krn busi kah?
    Wess mantau aja..🙂

  3. indaran says:

    memang umur busi membingungkan mas..
    baru atau lama bukan jaminan masih optimal pijarnya.. *sok yakin*:mrgreen:

  4. dave says:

    kalo motor saya biasa nya gigi 2 tapi di bawa pelan pas jalanan turun tanpa di gas jadi ndut2an gt,, kalo dah agak kenceng c biasa aja,, nyambung ga?

    • nyambung, mirip-mirip dikit🙂

    • dave says:

      berarti mungkin saluran campuran antara bensin gt kurang kale ya mas? ga tau jg c,,😀
      btw kalo kopling motor gt bisa kebakar gt ga c mas? jadi kecium kaya bau karet kebakar *kampas kopling yg kebakar gt ky di mobil2..

      • kalo kopling terbakar di motor biasanya karena narik tuasnya ‘setengah’/nggak full..

        Kalo ditarik full–> kopling nggak toching antar asbestosnya
        Kalo dilepas –> kopling saling mengunci
        Kalo ditarik setengah -> terjadi gesekan lalu overheat dan gosong🙂
        saya pernah ngalami..

      • dave says:

        berarti bisa kebakar seperti di mobil2 gt kan ya?
        masalah nya waktu itu saya berada di posisi macet parah,,
        dan berada di tanjakan,, mana lagi siang2 tengah hari gt..
        dalam kondisi susah buat netralin gigi..
        dimana musti tahan setengah kopling,,
        atau musti masuk gigi,, netral dikit,, ga lama jalan,, repot,,
        dimana orang ma mobil ma motor saling ribet gt,, ckck..
        kasian motor saia,,😦

      • kebakar parsial (sebagian). kalo parah udah nggak bisa jalan sama sekali..
        harusnya ditarik atau dilepas aja, pokok jangan setengah2..

      • dave says:

        owh,, jadi kalo lagi macet gt,, mo di teken, teken sedalem2nya gt ya?
        kalo mo di lepas, lepas sekalian gt ya mas?
        ok mas,, thx byk info nya..

      • sip.. pokok jangan tanggung😛

  5. smartfaiz says:

    Coba treatmen pake pertamax🙂

  6. Koplax says:

    Dijual saja…..trus ganti sepeda motor baru…

  7. mr.you says:

    BUSI PENYEBABNYA ITU BRO,akhir2 ini kualitas daya tahan busi sekarang sudah jelek.acuan ganti busi setiap 6000km sudah tdk bisa di jadikan dasar penggantian busi. baru2 ini vixi ane jg gitu baru pake 3500km motor dah tersendat2 larinya,ane sempet bingung ane kira,aki soak kah?,injector kotorkah?,throtle body kotorkah?.begitu di bawa ke beres ganti busi+2 pcs yamaha carbon cleaner..langsung jos lagi

  8. Gmc Paradise says:

    Mungkin bro, soalnya kalau masalah diatas tidak jau ama busi n kotor karbunya
    http://gombongmotorcommunity.com/

  9. hollow says:

    coba cek cop businya mas bro .. pengalaman ane cop busi rusak , padahal baru 2 bulanan vixi ku … ya larinya ndut ndutan gitu

  10. BNT RACING PEKALONGAN says:

    GANTI BUSI BAWAAN SATRIA FU GANNNNNNN

  11. viksen child-gone says:

    iya mas bro…itu mslh busi😀 vixi ane klo dh 4000’an KM psti “endut-endutAn” (kudu ganti busi) persis ky kurang bensin😥 tp klo ane tu di gigi akhir (5) dgn kcptn stabil di 80kpj (sering naik-turun krn endut2An)😦
    Tolong donk YMKI kualitas busi di PERHATIKAN😥

  12. hendra says:

    sama gan kalau punya ane brebet di gigi 5 masih bingung cari penyebabnya kira2 apa ya penyebabnya

  13. Dhera YCLC says:

    Mu tanya kang,,
    vixi gw,sumpit nya gw struk,tp gw pkek plek tpak lbar,ban blakang ukuran 90/80..
    Gear pkek 39..knpa kok brat yah,,lari 100 aja ngyo..??mnta solusinya dung kang??

  14. G-sonk says:

    Itu emang bawaan dari Sana , ! apalagi klo dr brhenti langsung gas tarik penuh larinya kyk telat bensin !
    By pengalaman Vixi 2010

  15. hidayat says:

    vixion ane tiap bulan pasti ganti busi boz…
    tolong solusinya ya !!!

  16. budi says:

    Filter dibawah jok,,jgn di taruh barang/mantel yang nutupi filter..karena minggu2 kemarin ak prnh ngalami hal yang sama.vixion ane yang inrayen jg mbrebet kaya gitu.trim’s

  17. permana dewi says:

    Masalah yang sama tapi untuk MIO J.. Sama” injeksi kan. Mio J’ku baru 4bulan masih 2000km.. Tp gas’nya sudah nyendat.. Apa hanya penggantian busi aja ya ? Perlukah Yamaha Carbon Cleaner ?

  18. Aswin says:

    iy gan punya ane jg hbz ane cuci truz g bisa jalan brebet brebet gtu
    kata teknisinya harus ganti busi
    ane turutin

    tp masih tetp jg
    knp y

    thanks

  19. CHAN says:

    ATUR STELAN KLEPNYA SETIAP 6000 KM,,, TRUS SALURAN KLSTRIKNNYA JGN SAMPE TERGANGGU,,,, INSLOH VIXI KMBALI SEGAR,,,

  20. busi itu boss ….
    dikarena settingan awal injeksi biasanya bikin busi jadi ngadat…
    gak peduli piksen baru atau lama. kalau setting injeksinya kurang pas. ya harus resiko di busi. oleh karenanya CO harus di sett sesuai kebutuhan ruang bakar. saat motor diam maupun motor di bawa lari kenceng. dan kebanyakan mekanik cuma di sett secara diam mesin dihidupkan kalau gak mbrebet berarti sudah. padahal itu salah..
    harus di pake jalan dolo baru bisa menyimpulkan setting CO nya tepat atau tidak.. kasus sama juga ada di mari
    http://vixion-sambi.blogspot.com/2012/10/kenali-performa-busi.html

  21. bayu says:

    mas bro…
    vixi baru gw jg gtu bro…
    tp wktu saya liat2 kya ny vixi yg kna sakit kya gini hrus pke carbon cleaner….
    mas bro hrus gnti busi baru trus isi full tank ny vixi n cmpurin 2 btl carbon cleaner bro….
    alhmdulillh sehat smpe 3000 km busi ny mr.vixi…

  22. agak kerass narik kopling

  23. vixi ane kembali ngadat, pertama ganti busi, kedua ganti aki, ketiga ganti kiprok,, terus kembali k bengkel resmi Y, service n setting injeksi dsb.. tetep nihil alias masih endut2an.. mohon masukannya, monggo Mas-mas..
    dan satu lagi masalah kopling berpengaruh ga sama penyakit ini??

  24. ipanase says:

    cop busi
    busi
    dll, wah makan busi?

  25. bimo says:

    setting injeksi? memang injeksi bisa di setting ya om?😀

  26. sendi zazu says:

    Motor Vixi saya berebet & kalo di turunan saya lepas gas agak lama trus saya tarik lg kok ada nge los nya gtu ya & musti nunggu nembak dlu kenalpot kalo G nembak dia G ngegas & kalo di turunan saya panteng gas sambil tarik kopling napa ya kadang suara motor seperti yg di endut” padahal gas nya saya pantengin.. Tolong yg tau problem & cara mengatasi ny kasih tau saya.. Trimakasih

  27. Anonymous says:

    kalau poenya gw.. di gigi 1 2 3 over ,kalau di 4 5 mah jozz nympe 137 km larinya bro ..,

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s