Pentingnya ‘kickstarter’ saat motor mengalami problem kelistrikan..

Semua motor premium sudah meninggalkan fitur “kickstarter”, bahkan sekarang disinyalir beberapa produk kelas mid-end juga akan meniadakan fasilitas ini. Sepintas memang terlihat tidak penting, jika baterai maupun motor starter dan mesin secara keseluruhan berfungsi normal.

Namun pada beberapa kasus, imho fitur ini masih diperlukan di motor sekarang.

Misalnya ketika kasus aki bermasalah. Cukup merepotkan jika harus mendorong motor hanya untuk menyalakan mesin yang sebetulnya mudah saja dilakukan dengan kickstarter. Gianluigi mario punya tetangga yang dulu memiliki Thunder 125 generasi awal. Nyaris tiap pagi minta bantuan orang untuk mendorong (push start) demi menghidupkan mesin suzuki itu.

Sekering yang mengalami problem atau masalah kelistrikan lain, yang biasanya cukup sering terjadi pada produk entrylevel, akan memiliki solusi yang lebih ringkas dengan starter engkol.

Saya punya seorang teman, sebut aja si Wati namanya. Saat kuliah dulu doi pakai Vega R warna oranye untuk mondar-mandir kampus atau pulang kampung dari Surabaya menuju Kota Gresik. Wati pernah mengalami kecelakaan yang menyebabkan kaki kanan si doi masih merasa sakit hingga kini.

Nah suatu ketika mau mudik bareng ke Gresik , ditunggu lima menit lebih Wati  nggak juga muncul, Gianluigi mario pun balik kucing menyusul.

Ternyata di depan kos dia sedang kesulitan menghidupkan motor. Si vega akinya rusak, sementara Wati masih nggak bisa menggunakan kaki kanan yang sakit.. dengan kaki kiri coba dia engkol mesin bebek Yamaha itu, hasilnya nggak maksimal karena kurang powerfull.

Mario yang saat itu masih pakai Supra X pun menawarkan untuk tukar motor aja, karena elektrik start Supra masih normal. Saya engkol tiga atau empat kali Vega sudah menyala.. Rupanya cuman masalah baterai yang mati, mesin nggak masalah. Kami pun meneruskan perjalanan.

Kesimpulannya adalah keberadaan elektrik starter memang sangat membantu, maka seharusnya perawatan aki lebih diperhatikan. Tapi dalam keadaan darurat, kickstarter adalah solusi yang praktis..

28 thoughts on “Pentingnya ‘kickstarter’ saat motor mengalami problem kelistrikan..

  1. Rony says:

    iya mas..tp memang arah ke depannya seperti itu,kick starter ditiadakan..yah brarti emang kitanya aja yg harus lbih care sama motor..begitu aki udah ada gejala soak y dganti aja..hehe..toh harga aki spd motor juga murah..

  2. indaran says:

    apalagi motor matik, yg kick starternya dilepas, mutlak hrs sehat akinya ya mas..
    Spt mio kawan sy yg tanpa ks, suatu saat akinya soak, kalang kabut dia hehe🙂 Akhirnya bisa nyala setelah jumper aki dgn motor lain…

  3. Ghuno says:

    klo motor2 injeksi kick starter jg gak guna mas bro… klo aki soak gak jln jg fullpumpnya….

  4. z1rider says:

    Kickstater memang kadang diperlukan🙂

  5. kontraktor says:

    salam kenal slalu yaaa…:)

  6. dave says:

    emang motor yg ga ada engkol starter bisa di dorong terus di nyalain gt?

  7. penting banget…

  8. MWDS says:

    kalau motor tanpa kick starter ya seperti masakan tanpa garam…….!!!
    :mrgreen:

  9. kankkunk says:

    kick starter sebaiknya masih ada..ya walau jarang terpakai, setidaknya buat jaga-jaga aja kalo bermasalah..ataupun kalo tanpa kick starter harus part yang nggak gampang rewel seperti sibier maupun ninin 4 tak..🙂

  10. Dr.Feelgood says:

    jelas perlu sekali. kecuali moge. moge pake kick starter, wah hahahah bisa keram otot kaki mas xixix…….:mrgreen:

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s