Review singkat busi platinum CPR6-GP9 di Yamaha Vixion..

 Busi jelas salah satu komponen paling penting dalam mesin motor, layaknya korek api buat para perokok.. Busi ngadat merupakan hal yang sering bikin motor mogok..bisa diumpamakan orang yang ngerokok tapi api korek nggak menyala..hehe

Busi Vixion bawaan pabrikan sebenarnya sudah sip banget. Gianluigi mario memakainya selama sekitar 35Ribu KM masih maknyus. Kemudian tiba waktunya di servis bengkel Yamaha, ehh disaranin ganti busi anyar. Pemantik api mesin yang orisinil pun lengser disubtitusi dengan busi anyar..
Sayang nggak bertahan lama. baru 10ribu KM berlalu, Vixion sudah mbrebet (di putaran atas ) yang menjadi sinyal busi nggak normal. Terbersit ide pingin coba busi iridium, saya pun sedia uang seratus ribu🙂

Tapi beli ditoko langganan yang jualan giliran cewek sehingga kurang mengerti ‘iridium’. Setelah menghubungi pemilik toko, dia menyodorkan sebuah produk dari NGK, namanya “busi platinum” CPR6-GP9.. kata empunya toko diseberang sana, ini umum dipakai buat Vixon.
Cewek itu pun berspekulasi, “mungkin yang dimaksud iridium ya busi ini mas…
Mario cuman menyangkal dalam hati, “kalau irisium ya tulisannya iridium, nggak ditulisi platinum kayak gini..” Udah ah biarin lumayan buat coba-coba ketimbang bertahan busi lama yang mbrebet, lagi pula cuman 25 ribu rupiah saja..

Browsing internet soal “platinum”, ada sumber yang menjelaskan spek busi tipe ini ada diantara busi standar dan busi iridium.. elektrodenya agak runcing dan mengandung bahan platinum sehingga percikan api lebih mantap. Secara penghantar listrik,  platinum ada di urutan kedua.. Iridium memang terbaik, tapi cocoknya buat mesin balap aatau yang korekan (gitu katanya).. hehe. Ayo.. istilah teknis belakangan yang penting di uji duluuuu…

Hasilnya?
Pastinya gejala mbrebet ilang!!!
Kemudian performa mesin ‘sedikit’ lebih meningkat terasa saat digeber, tarikannya lebih maknyuss..kalau soal topspeed mah hampir sama. Untuk mengoptimalkan khasiatnya, maka  kudu diimbangi seting injeksi/karbu, dan cleaning air filter  agar pasokan bahan bakar lebih mantap..

Sebenarnya dalam hati ada rasa kurang sreg, karena kode busi tersebut CPR6xxx, padahal tipe buat Vixion kan sebaiknya CPR8xx atau 9xx.  Ini dipertegas seorang mekanik bengkel yang berpendapat CPR6 itu aslinya diperuntukkan buat jupiter MX, tapi masih bisa dipakai buat Vixion.. Haduuuh, busi MX di mesin Vixion😦
Biarin aja untuk sementara buat nyoba, nati aja kalau mati ganti beli yang CPR9.. hehe

21 thoughts on “Review singkat busi platinum CPR6-GP9 di Yamaha Vixion..

  1. kapan2 coba ah…

  2. indaran says:

    busi mantap, mesin mantap🙂
    btw..pabrik NGK di Jl. Raya Bogor 26 itu biasanya sy lalui kalau lg cari2 jalan menghindar macet ke rmh di Cibubur mas..

  3. dave says:

    wah,, jadi dapet yg kelas menengah ya mas?
    tapi lumayan lah mas daripada yg asli dari yamaha?
    belom apa2 dah rusak gt,, cmiiw..

  4. z1rider says:

    top speed tetap ? no problem. Yang penting tarikannya jossss🙂

  5. gasfuel says:

    ga salah beli busi tu?
    cpr6 itu buat kharisma dan supra x 125 om,,

    “Ini dipertegas seorang mekanik bengkel yang berpendapat CPR6 itu aslinya diperuntukkan buat jupiter MX”,
    ———————————————————————————————
    yg bener nih om bukannya mx pakenya cpr8 sama kaya byson,.

  6. Nara says:

    Performa gimana bro mario..???
    Busi si nara baru 3800 km kok dah ganti. Businya item ujungnya, pa setting COnya ketinggian ya..???
    Bro klo mo pasang kanlpot ori new satria fu yg gemerincing itu dipikson pa bisa PnP ya..???

    • performanya sih lumayan meningkat, karena secara teori pembakaran lebih bagus.. cuman kalo perlu bukti kudu pake Dyno test🙂
      kenapa businya nggak dibersihin dulu kang?
      wah biasanya perlu ditambah adapter knalpotnya..

  7. Vixi pakai CR8E, MX pakai CPR8. Coba aja lihat perbedaanya cukup signifikan dari bentuknya

  8. nmp merah says:

    mampir saja ke blognya bro neo skullsmoker anggota indomotoblog juga, artikel terakhir bahas busi.

  9. Anonymous says:

    makasih bro atas penjelasan nya

  10. Syaiful Amri says:

    Sepertinya kenal dengan model yang ada diatas motor….

  11. ceret says:

    setau saya busi VIXION kodenga CR8E

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s