Akhirnya rpm bawah Vixion pun nggak lagi endut-endutan …

Efek dari tarikan Piksen yang mirip motor kehabisan bensin semakin menjadi-jadi.. Beberapa bagian vital mesin pun diperiksa satu persatu, mulai dari kelistrikan , percikan busi yang masih cukup bagus, dan tak lupa pelumas mesin pun diganti sebagai langkah pamungkas.

Pemasangan busi yang kata mekanik bengkel sedikit longgar pun dikencengi hingga mantap. Proses perbaikan di bagian ini bahkan sempat bikin Vixion malah mogok selama beberapa lama. Namun akhirnya seluruh rangkaian  servis berhasil dilalui..

Apakah akselerasi putaran bawah telah kembali normal???
Sayangnya seluruh usaha diatas nggak memiliki efek positif, bahkan esok paginya ketika dipakai berboncengan, kentara benar kalau tarikan semakin payah. Dipakai ngebut masih OK, namun kala harus berjalan pelan semakin berantakan. Si embak yang mario bonceng pun terlihat kurang nyaman..

Tanpa banyak pikir, busi platinum yang belum berusia 5000rpm itu harus diganti! Meskipun terdengar aneh barang mahal kok berusia pendek, namu sudah nggak tahan lagi dengan penyakit mesin yang bikin nggak nyaman banget.
Sebagai bahan percobaan, dipilih Denso CPR9 seharga 15ribu.

Meski terbilang murah, terbukti penyakit kronis mesin langsung amblas.. Laju Vixion pun normal lagi, tanpa ada sinyal kehabisan bensin kayak sebelumnya. Rupanya busi memang komponen yang kritis. Yang jadi pertanyaan adalah, busi mahal kok malah cepat mati? tanya kenapa😀

30 thoughts on “Akhirnya rpm bawah Vixion pun nggak lagi endut-endutan …

  1. kayaknya karakter busi platinum memang ndut2an di putaran bawah om…
    tp jos di putaran atas.😀

  2. brigade jalan raya says:

    Katanya itu juga karena efek percikan listrik yang dihasilkan terlalu besar sehingga mesin ga seirama. Dengan kata lain campuran bahan bakar dengan udara ga normal. Akibatnya ada rasa ga enak ketika jalan. Kayaknya low…🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂

  3. Rony says:

    enak yang standar aja mas mario..hehe..

  4. ohiyaa kan ada tuh busi yg harus di set dulu, mendingan standart deh😀 http://brigade15.wordpress.com/2012/11/13/honda-jazz-full-gadget/

  5. jake e lee says:

    yg standar aja dah, btw thx bro infonya

  6. Har says:

    Busi platinum cocok nya utk motor yg suka main rpm tinggi.
    Standar sj sdh oke kalau utk di pakai harian.

  7. Just Aldy says:

    Untuk rpm bawah sepertinya busi platinum cocoknya untuk motor yang kompresinya lebih tinggi lagi.. #IMHO😀
    http://justaldy.wordpress.com

  8. e63 says:

    5000km kali mas. Mungkin jenis platinum termasuk busi dingin mas, jadi karakter bawa nya harus pake ngebut(mungkin jenis busi racing yg tahan dengan suhu tinggi rpm atas)

  9. mr.you says:

    mosok mw kenceng,cm modal ganti busi doang wkkk…wk.. gak bisalah.ganti busi dr std ke platinum ato iridium gak signifikan nambah power

  10. doni says:

    Nice info kang… Jadi hilang juga keraguan dalam memilih busi… Tks

  11. az3angle says:

    itu karena beberapa busi racing(yg mahal) di disain untuk menahan panas dari mesin racing,hmmm pernah baca di m+ seh penjelsanya

  12. dave says:

    wogh,, lebih baik pake yg standar aja kalo gt mas,,
    daripada coba2 tapi merusak ke yg laen,, imho.. cmiiw..

  13. mario giant says:

    hmm busi mahal buat motor yg mahalan lah yaw
    kalo busi murah cocoknya sama motor yg murahan

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s