Aki rusak jangan langsung diganti..

hehe, salam persaudaraan.
mohon maklum jika di edisi reborn, gubuk kecil ini akan menggunakan bahasa penyajian yang nggak lazim, sedikit Jenaka. :mrgreen:

konstruksi aki mf

Aki rusak, atau tekor cirinya apa?
menurut versi mekanik bengkel resmi dan montir pinggir jalan, akan bisa diketahui dengan mengamati tegangan keluar aki.
normalnya berkisar antara 12-13V DC , nah jikalau aki sampean drop menjadi 10V dc, nyaris bisa dipastikan aki itu sedang menjalani hari-hari terakhir. Apalagi kalau sudah kapasitas arus (Ampere)nya telah melemah..(terlihat dari ketidak mampuan memutar motor starter). alamat cepat tutup usia

saran saya: jual aja ke loakan. laku 10-20rb 🙂
nanti mau diapakan sama bang loak, terserah beliau. sejauh yang saya tahu (pernah saya intip di tempat kerjanya), dia akan membongkar aki (kering) itu, lalu disolder, kemudian ditutup lagi. Cak Di nama kerennya si dokter bedah aki itu.
toko aki loak

Lalu ganti baru atau bekas?
saran saya : jangan dua-duanya dulu. kita cek tempat lain.

kuproks

Satu. KIPROKS.
fungsinya adalah menyearahkan tegangan agar bisa merecharge(isi) aki sampean. kalau bagian ini rusak percuma beli baru (atau bekas yang masih fungsi, harganya 40RB made in Cak Di garansi setahun katanya), aki bakal terus tekor dan rusak karena nggak pernah diisi.

spul

dua. SPUL.
fungsinya sebagai generator tegangan, mengubah gerak putar menjadi energi listrik kebalikan dari motor starter. Sulit menjelaskan detil bagian ini, karena dulu pas pelajaran Fisika saya nggak masuk (atau telat), trus pas ujian tanya bangku sebelah :D, hehehe.
Kalau dia rusak, nggak ada setrum yang dihasilkan..atau disearahkan.

kabel

tiga. KABEL.
barangkali semua perangkat kuproks, spul, atau aki sehat tapi kok masih nggak kompak bekerja, itu bisa dari kabel yang korosif, kotor, atau nggak nyambung. sia-sia tho sampean beli baru semua, tapi perantara arus listriknya nggak ada?

Kesimpulan kecilnya : kalau aki rusak, baiknya periksa dulu bagian lain sebelum aki. Sebelum baterai anyar sampean kembali tumbang dalam hitungan hari, mending telaten cek bagian lain terlebih dulu.

regulator
Nggak punya waktu (tapi punya uang), gampang..titipkan aja dibengkel. 🙂

8 thoughts on “Aki rusak jangan langsung diganti..

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s