Salah satu kekurangan Beat FI : mesin mati mendadak..

Beat FI adalah jawara motor terlaris (tapi belum saya cek datanya, lama nggak blogwalking).hehe
Skutik ini menjadi transportasi sejuta umat. Tak ada yang menyangkal prestasinya yang merakyat dan dipercaya.

Tapi ada (salah) satu kekurangan edisi awal injeksi varian ini : mesin sering mendadak mati di tengah jalan.

beat fi1

Isapan Jempol? bukan..
ada dua teman saya yang mengeluhkan ini, ditambah dua kali pula menjumpai di jalan beat Rider yang putus asa menghidupkan motornya.

Secara teknis saya nggak tahu sebabnya, dan belum tanya para suhu. Pasti AHM yang paling tahu..

Tapi saya cukup yakin tahu keadaan yang memicunya, serta solusinya, dari mengalami sendiri.
PEMICUNYA : melepas gas saat ada polisi tidur atau pemberhentian yang lain. Mesin bakalan sekarat, dan nggak mau dihidupkan.
sia-sia saja mengengkol mesin, atau menghabiskan aki dengan motor starter.

lontong

pernah pas beli lontong balap di pinggir jalan, tiba-tiba ada dua cewek beat rider yang motornya mogok dekat saya.
setelah satu menit dobel starter gagal menghidupkan, maka mereka berbagi tugas : gantian mengengkol, sampai keduanya kelelahan dan kibarkan bendera putih.
Mario dipanggil, dan sekali tekan elektrik starter, mesin pun menyala.

whiteflag_08_31

SOLUSINYA ???
putar gas sampai full, kemudian tahan dan nyalakan dobelnya. beres deh.
coba aja kalau nggak percaya.

Tapi hal ini nggak menyelesaikan akar masalah.. kira-kira kenapa motor injeksi baru itu kok gampang mati??? kawan saya sampai berniat menjual motornya karena problem ini! pernah juga dikira kepanasan mesinnya pun disiram air mineral. tapi belum mau hidup…
Silahkan berhipotesa.. heheūüėÄ

39 thoughts on “Salah satu kekurangan Beat FI : mesin mati mendadak..

  1. Masdaniblog says:

    Punya ane ndak mas.. itu mungkin settingan ECU saja..
    tapi.. beAT dirumah suaranya kayak klep kendor,, kasar….

    http://masdaniblog.com/2014/05/05/cara-mudah-mendaftar-wordads-monetize-your-blogs-bro/

  2. andhi_125 says:

    hemmm…nga-ha-em…ada komen??

  3. adhyg13 says:

    punya temen pernah juga.diengkol brkali2 g nyala.pdhl baru 4500 km.

  4. Punya ane (SPACY FI) dulu brebet sampe mati, komplen k ahass ternyata businya aja, trus d ganti. alhamdulillah sehat sampe sekarang

  5. setia1heri says:

    welkambek kang

  6. Papa Afnhy says:

    efek dibikin terlalu irit kali ya??

  7. produk gagal kali tuh?? hehehehehe

  8. hellodayat says:

    Beat FI sering mati mendadak karena diseting kebangetan irit sama AHM. AHM juga udah kebakaran jenggot karena tetangga sebelah yg irit beneran *ehh
    padahal di rumah punya beat karbu hihihi

  9. Taufik says:

    izin share om…
    Beat FI sya jg pernah mengalami mati mendadak pas lampu merah, ga kebayang klo mati mendadak pas nyalip kendaraan. Bawa ke pinggir putar gas full nyala lagi deh. Dibawa ke bengkel AHASS cuma di stel klep sama cek busi doang dan ga tau PENYAKIT’y Beat FI bisa mati mendadak.

  10. Din says:

    Punya teman saya juga, rata2 mati ketika gas ditutup. dari hasil browsing, katanya koilnya jelek, harus ganti koil. gas kekecilan? bukan, injeksi justru tidak mudah mati dibandingkan karburator. apalagi sudah diset rpm idle di bengkel ahass. mumpung masih garansi, buruan dituker koilnya,

  11. Tiong Sin says:

    beat saya juga sudah 3 kali mengalami begitu…. barusan sekali saya ke bengkel asli honda… jawabannya tidak memuaskan alias cuman stell klep…. alhasil hipotesa saya ada masalah serius dalam pembuatan honda beat… akhirnya setelah saya berdebat panjang dan kepala bengkel tidak bisa menjawab karena apa… saya meminta memo untuk histori dari kejadian ini… sehingga kalo mengalami lagi saya tidak mau cuman di stell klepnya saja + periksa kelistrikan dan busi. semoga ada jawaban yang jelas karena apa honda beat sering mati mendadak

  12. rachman says:

    Motor beat saya lebih dr 10 x mengalami mati mendadak bahayanya waktu mau nyalip hrs berbuat apa klo begitu terus.jual murah aja ya kali !

  13. rizka says:

    Motor beat saya jg sering mati mendadak dan dah ga keitung jumlah nya, udah di bawa ke bengkel dan jawabannya katanya itu dari programnya jd harus disetel ulang…..biarpun udah di setel ulang tp jg masih sering mati apalagi kalo kena hujan (bukan kebanjiran) udah pasti ga bisa distater….. bener2 mengecewakan……

  14. maryadi says:

    motor beat saya dah sering mati mendadak jg, saya kapok beli motor beat, sebaiknya jangan beli motor beat lagi sebab bahaya bila sedang kencang tiba tiba mati mendadak ditengah jalan

  15. ahmad says:

    Urun rembug

  16. ahmad says:

    Dari pengalman selama ini masalah mesin fi mati tiba2 ini disebabkan oleh kompresi yang ngedrop karena valvenya terganjal kotoran sisa pembakaran.

    Solusinya,

    1. Intake manifold & valve in dibersihkan
    2. Injector dibersihkan
    3. Filter diganti bila sudah kotor (+/- km 16.000)

    Solusi 1 & 2 selalu diberikan secara gratis di ahass mandiri motor Porong Sidoarjo setiap servis lengkap dgn tarif Rp. 55.ooo,- dengan alat pembersih injector “HIGH PRESSURE CLEANER”.

    Solusi ini terbukti membebaskan mesin fi dari gejala mesin mati tiba2, cobalah….buktikan sendiri.

    Untuk info lebih lanjut tentang “HIGH PRESSURE CLEANER” dapat japri via email wwimuhajir@gmail.com atau sms di 081553030526

    Tq.

  17. zulfi says:

    gak jelaz aneh gk da solusi tolol

  18. Away says:

    udah setahun lebih , beat fi saya gk pernah mati ngedadak, apa cuma belum waktunya mati ngedadak ya. hehe

  19. Anonymous says:

    Waduh.. Ngeri juga ya. Soal’y saya baru punya beat pop nih??

  20. Hendri says:

    Betul jg bro, beat ane jg sring mati mendadak apalagi klu ada polisi tidur.product gagal nich beat fi

  21. adi says:

    Bukan cuma beat, saya juga punya honda vario tahun 2013, kejadiannya juga sama… sering mati ketika melewati polisi tidur (maaf bukan polisi yang sedang tidur.. maksudnya gundukan gitu..), malunya lagi kalau ada kawan yang iseng disekitar.. katanya honda rusak jangan dipakai.. jual kilo-an aja ke pajak loak….. (busyet ini kawan gak tau kita lagi kesel), terus varionya dorong ke pinggir jalan…. berdirikan dengan tumpang/cagak 2, kunci kontak putar on-off dua kali… gas penuh dan tahan sekitar 10 detik beberapa kali, engkol….. maka hidup kembali (Kurang dari 5 Menit Varionya hidup kembali) hehehe…….

    • hendri says:

      Beat ane dah bagus gan,setelah bolak balik ke ahass belum juga dapat penyakitnya,ane cek sendiri tuh motor rupanya kepala businya tuh dah karatan didalamnya trus ane bersihin. Alhamdulillah sampai sekarang oke, semoga bermanfaat cekidoot.

  22. Rizki says:

    Saya tidak (belum) memiliki Hxndx Bitch atau Varix, punya saya Blxde FI 125. Problem yang dihadapi adalah sama, motor mati mendadak kalo gas dilepas saat motor jalan atau sedang idle. Bahan Bakar saya selalu pakai Pertamax sesekali saya isi Shell V Power (sekelas Pertamax 95). KM motor saat hal ini mulai bermasalah adalah sekitar 4000 km dan terus bermasalah hingga kini (8800 km). Busi sudah diganti sesuai spek yang dituliskan di Manual Book.

  23. belin says:

    Bagai mnapun matik honda gk ad tandingan,,,,,,,,,yg lain lewat,

  24. Anonymous says:

    Beneeeeeer nih BIT POP ane juga sering mati mendadak bikin dongkol aja… Hanjakal boga bit -_-

  25. yanto says:

    sharing aja gan, beat saya beli januari 2014
    sekarang sudah 10000 km
    pernah mati mendadak. lalu saya gugling cari penyebabnya.
    ada 2 analisa
    1. kompresi beat lebih pas pake bbm ron. 92 jd klo pake ron 98 akan cepat over heat.
    sokusi pakai bbm ron 92 keatas
    2. seting angin pada trothle body.

  26. Ai maryati says:

    Kejadiannya persis sekali seperti yg baru saja alami, motor sy beat pop, pada saat melewati polisi tidur, gas seperti hilang, dan beberapa meter dari sana lgsg mesin mati, lalu sy kontak kembali kuncinya, tekan starternya, di gas kencang sambil ditahan aga lama, lalu melaju lg sampai ke tujuan dengan hati cemas takut mati lg.

Please leave a comment, thanks..

