Vario 125 turun mesin karena kelalaian pembersihan radiator?

Ini cerita pengalaman seorang kawan baru yang kenal di bengkel resmi AHASS. Vario 125 miliknya sedang dipereteli oleh dua orang mekanik. Kemudian dia pun mulai berkeluh kesah problematika rumah tangga, eh problematika yang terjadi pada skutiknya :mrgreen:

 
Ide pokok kisahnya yang panjang lebar adalah si Vario baru turun mesin.
Lho kenapa mas? Kan usianya baru setahun..
kelalaian di bengkel resmi lain tempat mas.”

 
Kelalaian piye maksute mas?
setelah di servis oleh mekanik, motor saya bawa pulang. Garansi servis seminggu. Tapi baru beberapa hari sudah bersuara kasar, klitik-klitik. Akhirnya saya balikin ke bengkel semula. Kemudian mekanik yang sama mendiagnosa kalau perlu turun mesin! Saya marah .. karena seminggu yang lalu sebelum diservis masih normal, eh kok sekarang bilang harus turun mesin

vario 125
Wah, kok bisa begitu ya?
katanya servis radiator kurang bersih, sehingga kotoran menyebabkan kerusakan parah pada kruk as dan silinder. Ganti kruk as kudu turun mesin dan menelan biaya 700ribu. Silindernya pun berrgaris-garis tapi belum parah. Mungkin perlu ganti juga di servis berikutnya.

 
Aduh sayang sekali ya, motor yang masih baru kok turun mesin, hanya karena kelalaian pembersihan radiator. Saya sendiri nggak bisa menyalahkan dia, karena dia awam soal mesin ,nggak ikut utak-atik dan membayar kepada bengkel resmi dengan pasrah dan percaya 100% untuk merawat si Vario. mungkin lain kali dia perlu belajar soal servis mesin 🙂

 
Apa mekaniknya salah? Kurang penting mencari siapa yang salah. Yang pasti saya mengingatkan pembaca agar hati-hati biar kejadian turun mesin itu nggak menular ke motor sampean hanya karena penyebab sepele. hehe 🙂

12 thoughts on “Vario 125 turun mesin karena kelalaian pembersihan radiator?

  1. REC*303 says:

    Saya juga pernah tuh kejadian sama mekanik yang waktu kerja kayak melamun gitu tapi bukan mesin melainkan masang kampas rem depan scoopy saya gak bener. Alhasil setelah servis thus jalan sebentar dijalan ada ibu2 nyeberang saya rem depan dan belakang eh tiba2 bletak ada yang kayak masuk ke kolong scoopy saya dan rem depan blong hampir nabrak ibu2 tersebut. Setelah berhenti mendadak sampai ban belakang nge-lock karena kaget saya cari tuh bunyi sebelumnya eh ternyata kampas rem saya copot, akhirnya kembali ke Ahass dengan perasaan dongkol mau komplen tapi yang nangani malah mekanik lainnya dan mekanik lain tersebut yang malah minta maaf atas kelalaian temannya yang menangani saya sebelumnya. Dan mekanik teledor tersebut setelah agak lama baru nongol dan mereka ngobrol2 setelah itu mekanik teledor tersebut berlalu begitu saja tanpa minta maaf ke saya. Kejadian sudah lama sih tahun 2011 tapi gara2 baca postingan masbro ini jadi keinget lagi yah sekedar share aja. Kejadian di dealer Heronusa Bali jalan raya kuta

    Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

  2. andhi_125 says:

    sawat radiator ae…
    kalo saia, tak-pisuhi di tempat 👿
    kalo masih gak beres juga, langsung ke headchief mekanik di ahass situ, marahin deh..kesalahan mereka kok konsumen yang tanggung
    http://aslimalang.wordpress.com/2014/05/07/impresi-lanjutan-vario-110-fi-fisik-2/

  3. bejoman says:

    sik bentar…. sy kok gak ngeh.
    apa hubungannya ya kotoran radiator sampe kena kruk as sama blok silinder ?
    kalo mesin kehabisan oli baru saya dong…

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s