Sampai kapan Matik akan berjaya???

Millenium baru juga menjadi perubahan tren motor di tanah air. Sebelum tahun 2000, mayoritas roda dua adalah bebek dan sport. Bahkan beberapa dua tak masih merajalela. Sebut saja RX king, RGR, FIZ-R, atau Satria (2-tak). Di mana-mana baik penjuru kota maupun pelosok desa, itulah tunggangan jamak rakyat indonesia. Kaya maupun miskin, pria ataupun wanita..

Tapi kemudian era baru datang.

Motor matik menjelma menjadi raksasa baru yang langsung mencuri perhatian. Sebut saja Jetmatic milik KYMCO, lalu Nouvo lansiran yamaha. Pada awalnya secara sales biasa saja, bahkan beberapa orang pesimis akan berapa lamanya varian anyar ini mampu bertahan dari desakan bebek maupun batangan.

20120808-matik-1

Ada yang beralasan tanggung, juga tak sedikit opini bahwa mesin matik lemah saat melintasi rel kereta api, belum lagi pendapat mengenai efisiensi bahan bakar yang jelek alias boros. Segelintir orang yang concern soal nilai ekonomi berargumen harga jual skutik akan terjun bebas.. Singkatnya semua pesimis.

Namun penetrasi jalan terus.

Dan hasilnya? tak bisa dipungkiri merekalah penguasa roda dua tanah air untuk saat ini, dan mungkin beberapa tahun mendatang. Honda Beat dan Yamaha Mio adalah bukti sahih akan pernyataan diatas. Belum lagi bejibun tipe lainnya yang telah tersebar luas. Populasi mayoritasnya akan tersaji didepan mata ketika kita membaur di tengah lalu lintas jaman sekarang. Tengok kanan kiri, toleh depan belakang, hasilnya sama saja : kebanyakan menunggang matik. Semua wanita? tidak juga, malah kaum adam disinyalir tak kalah banyak.

Emang apa sih nilai utama matik kok begitu dominan mencuri hati pengguna otomotip? Alasan teratas pastilah simpel. (tanpa pindah gigi atau tarik kopling).
Lalu mudah membawa barang. Juga harganya relatip ekonomis. Imut?bisa jadi. Pilihan juga tak sedikit..

Sampai kapan matik akan menjadi primadona?

Pasti perlu paranormal jempolan untuk menjawab pertanyaan sulit ini. haha. Tampaknya itu tak akan terjadi dalam waktu dekat, meski motor baru tak henti diguyurkan. Namun ia tak mungkin jemawa terus-terusan..mana ada tren di dunia ini yang abadi? Semua selalu berubah kecuali perubahan itu sendiri (frasa terkenal).
Tapi kapan? boleh jadi ketika selera masyarakat sampai pada titike saturasi (jenuh). Atau mungkin ketika ada opsi baru yang lebih memikat, katakan saja lebih simpel, lebih ekonomis, lebih lucu, dan semacamnya. Atau sebab lainnya..

ya11

Sungguh menarik meneliti perkembangan roda dua indonesia. Ada pasang dan ada surut. Ada diskontinyu dan ada raja baru. Semua selalu berubah. Tapi siapakah yang beneran tau kapan waktunya Matik akan lengser??? ūüėÄ

 

Advertisements

2 thoughts on “Sampai kapan Matik akan berjaya???

  1. gc133hijrah says:

    Kalo ada yg lebih praktis dari matik, barulah motor-mobil matik akan terjungkal.
    Tp kayanya ngga dah kecuali nanti ada motor-mobil yg bisa voice command, alias digerakkan dengan suara. Dan itupun transmisinya tetap akan matik.
    Bahkan mungkin sepeda juga bisa jadi matik, gear cassette-nya bisa pindah sendiri tergantung kondisi track-nya….
    Kalo menurut ane, transmisi matik akan abadi, baik motor-mobil.
    Kecuali motor mobil masa depan menganut model tenaga medan magnet macam kereta supercepat….

  2. st3v4nt says:

    Tunggu sampai transportasi publik dibenahi, harga bensin gak disubsidi, dan R4 terjangkau kebanyakan pekerja baru matik ( semua R2) berkurang popularitasnya.

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s