Satria FU perlu pesaing..

Sudah satu dekade semenjak Suzuki FXR mati suri. Banyak teori diajukan menjadi penyebabnya semisal launching di waktu yang nggak tepat, ataupun overprice. Tapi ia tak lantas musnah, karena segera sesudah diskontinyu muncullah Satria FU sebagai sang pengganti.
Pewaris yang hebat dan nggak tersentuh kekalahan hingga kini.

Satria-F-150-1

Produk Suzuki lain boleh jadi babak-belur dikeroyok Honda atau Yamaha. Sebut saja Shogun, Arashi, Spin, Smash. Dari perspektif teknis mereka tidak lebih inferior, namun tetap saja nggak bernafas panjang dalam hal penjualan. Desain pun tak kalah manis. Apalagi perkara harga, pabrikan tak henti menawarkan promosi. Ahh ruwet kalau bicara mengapa suzuki mengalami nasip apes seperti sekarang. Kompleks..

Tapi FU lain cerita.
Boleh jadi inilah (salah) satu produksi tersukses Suzuki. Berbagai macam strategi dari lawan nggak mempan untuk sekedar menggoyang dominasi Ef Yu. Ini dia penyumbang terbesar dari pendapatan Suzuki.
Jupiter MX coba menyaingi, namun masih jauh tertinggal. CSOne juga digadang gadang jadi penantang serius, malah layu sebelum berkembang. Kawasaki ZX130? jarang sekali mendengar pamornya. Bisa dibilang FU tanpa musuh.

Kenapa begitu sukar ditandingi?
Satu, dibekali mesin yang luarbiasa(untuk kelas bebek). Mekanisme DOHC yang diusung oleh dapurpacu berkapasitas 150CC terbukti bikin anak muda terpikat. DUa, model yang diusung sangat pas. Stylish dan ramping, namun kokoh. Tiga, nggak punya pesaing yang setara.
Konsumen yang mencari bebek ayago bakalan nggak punya pilihan lain. Apalagi bermesin dohc empat katub. Ada kah opsi lebih baik?

Masih menyisakan tanda tanya, keengganan pabrikan lain menelurkan yang serupa FU.
Apa investasi untuk kesana terlalu besar? Atau sudah pesimis bakalan mampu menggeser kedigdayaan Satria? Jawaban lebih logis barangkali mereka belum tertarik karena kelas yang lain lebih menjanjikan. Anda punya opini berbeda???

IMG-20130331-00129

Tanpa kemunculan pesaing yang berani, Satria FU akan sulit ditandingi sampai kapanpun.

4 thoughts on “Satria FU perlu pesaing..

  1. H3 says:

    setuju ….

  2. nganu ngini says:

    mungkin kompetitor enggan bersaing karena market nya kecil, mending jualan metik

  3. rusydi says:

    bro mau tanya, fontype dari tulisan satria F150 yang ada di halaman ini apa ya jenisnya? thnk

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s