Pulau Benteng, Mengare..

beberapa waktu silam sempat berkunjung ke wisata ‘langka’ di Gresik. mekipun secara geografis berada di pesisir utara, tidak banyak panorama pantai yang dikembangkan dikota ini, apalagi kepulauan.. wah lebih langka lagi. Nah Pulau Benteng di Mengare adalaha salah satunya.

karena itu saya beserta dua orang teman kerja sepakat kesana. cak sihab dan kang dwi.

mangare1

dari jalan raya pantura, masih perlu menempuh jarak 12km  memasuki wilayah pedesaan dengan pemandangan tambak ikan dikanan maupun kiri. jalan berpaving di beberapa ruas yang kondisinya rusak tak menghalangi niat kami untuk mengeksplor wilayah penghasil ikan tersebut. 30 menit kemudian, sampailah kami di pelabuhan , yang kemudian akan dilanjutkan naik perahu motor menuju pulau

???????????????????????????????

???????????????????????????????

tidak seberapa lama, perahu pun lepas landas ke tempat tujuan. ternyata pulau benteng dulunya digunakan untuk pertahanan dari serangan kapal laut jepang. Kini pulau itu tak berpenghuni, kecuali beberapa monyet tentunya. 🙂 sebagian pondasi yang dulu dibangun guna menguatkan pantai dari terjangan ombak pun telah rusak. berikut sedikit gambaran keadaan disana

???????????????????????????????

???????????????????????????????

 

mangare6

???????????????????????????????

pulai kecil ini masih sangat alami. sangat cocok bagi yang mencari ketenangan dan mengetahui warisan sejarah dari Gresik..
monggo

 

 

SupraX 125 bisa lari 125km/jam??

kalau lihat judul diatas, tampaknya trlihat korelasi antara kapasitas mesin (CC) dengan kecepatan yang bisa diraih. Mosokk???
paling tidak itulah pendapat teman saya marno.

Supra-X-125-Helm-In-13

lelaki paruh baya ini yakin bebek honda itu mampu berlari diatas 125 km/jam. dia pede nggak banyak kendaraan lain yang akan mampu mengejarnya.

mungkin saja hal itu bisa terjadi dengan beberapa kondisi :
– supra masih baru
– mesin modifikasi
– disinyalir saat lari secepat itu keseimbangan motor nggak stabil
– perlu trek yang panjang dan sepi

saya sendiri beberapa kali pernah menjajal supra X 125 standart namun belum pernah sekencang itu. bahkan di angka 100 lebih pun tangan kaki mulai kesemutan 😀 . Lagipula nggak semua cc langsung dapat ditafsirkan max speed, banyak faktor lain yang jadi pertimbangan, misal pada transmisinya.

penulis pun pernah punya jupiter Z 110cc , buat mengejar 100 kpj aja susahnya minta ampun. kalau cak marno bilang nggak banyak yang mampu mengejar, tentu saja karena masih berpikir akal sehat. ngapain juga balapan di jalan raya sampe sekencang itu. safety first bro..

 

Ninja vs megapro : tabrakan dan cedera kepala..

Ini kisah yang terjadi pada keponakan saya.
Bapak dan anak sedang berboncengan pakai revo.  berniat menyeberang jalan, ehh dari belakang secara tiba-tiba muncullah ninja dan megapro yang berkejar-kejaran. Karena kecepatan yang begitu tinggi, tabrakan pun tak terhindarkan. Revo terseret jauh, dan ninja nyungsep kepinggir jalan. megapro melarikan diri,.

Gambar-Drag-Ninja

Lazimnya kondisi di pedesaan, keluar rumah nggak ada yang memakai helm. si bapak hanya mengalami keseleo di kaki kanan dan kiri. namun si anak tak seberuntung itu..karena terlempar dari motor, ia pingsan dan segera dilarikan ke rumah sakit. diagnosa dokter memutuskan operasi karena terdapat gumpalan darah beku di kepalanya. biayanya 20 juta..

1_head-trauma-child

Salah siapa?

Bapak dan anak enggak pakai helm pasti keliru. Ninja dan megapro balapan  dijalan umum pun tak bisa dibenarkan. insallah insiden seperti itu nggak terjadi kalau kita semua tertib. meyalahkan satu pihak saja nggak akan menyelesaikan masalah..

Salah satu kekurangan Beat FI : mesin mati mendadak..

Beat FI adalah jawara motor terlaris (tapi belum saya cek datanya, lama nggak blogwalking).hehe
Skutik ini menjadi transportasi sejuta umat. Tak ada yang menyangkal prestasinya yang merakyat dan dipercaya.

Tapi ada (salah) satu kekurangan edisi awal injeksi varian ini : mesin sering mendadak mati di tengah jalan.

beat fi1

Isapan Jempol? bukan..
ada dua teman saya yang mengeluhkan ini, ditambah dua kali pula menjumpai di jalan beat Rider yang putus asa menghidupkan motornya.

Secara teknis saya nggak tahu sebabnya, dan belum tanya para suhu. Pasti AHM yang paling tahu..

Tapi saya cukup yakin tahu keadaan yang memicunya, serta solusinya, dari mengalami sendiri.
PEMICUNYA : melepas gas saat ada polisi tidur atau pemberhentian yang lain. Mesin bakalan sekarat, dan nggak mau dihidupkan.
sia-sia saja mengengkol mesin, atau menghabiskan aki dengan motor starter.

lontong

pernah pas beli lontong balap di pinggir jalan, tiba-tiba ada dua cewek beat rider yang motornya mogok dekat saya.
setelah satu menit dobel starter gagal menghidupkan, maka mereka berbagi tugas : gantian mengengkol, sampai keduanya kelelahan dan kibarkan bendera putih.
Mario dipanggil, dan sekali tekan elektrik starter, mesin pun menyala.

whiteflag_08_31

SOLUSINYA ???
putar gas sampai full, kemudian tahan dan nyalakan dobelnya. beres deh.
coba aja kalau nggak percaya.

Tapi hal ini nggak menyelesaikan akar masalah.. kira-kira kenapa motor injeksi baru itu kok gampang mati??? kawan saya sampai berniat menjual motornya karena problem ini! pernah juga dikira kepanasan mesinnya pun disiram air mineral. tapi belum mau hidup…
Silahkan berhipotesa.. hehe 😀

Pilih Ninja baru atau bekas?

saya mau bercerita tentang tetangga sebelah, sebut saja namanya Syarif, yang pingin ganti tunggangan. Dari jupiter MX ganti kelas menuju Ninja R 2-tak.

boleh dibilang keluarga Syarif nggak tergolong konglomerat. Maka tak heran cita-citanya pun ditolak oleh sang ortu. Namun dia punya strategi lain setengah memaksa, yaitu puasa bicara ke ortu sampai keinginannya dipenuhi.

satu bulan hasilnya masih nihil.
satu bulan lagi, ortu tetep kukuh..
bulan ketiga pun datang, sang bokap mulai luluh…

ninja bekas

Syarip pun dijanjikan Ninja anyar di dealer. Sayangnya harus inden terlebih dulu, dia pun ogah.
Syarip maunya instan, kayak mie… 🙂
Sang bokap pun menyebar spionase di toko mana ada yang jual Ninja bekas yang masih tahun 2013an.

Akhirnya dapat juga.. “man jadda wajadda”( siapa sungguh-sungguh bakal tercapai). ada yang Jual Ninja kinyis kinyis belum setahun ditambah bonus Velg jari kecil, maka si ninin pun ditebus 27,5 juta . setelah nego alot tentunya..

ninja bekas 2

Lho, anyar-nya kan 28,5 juta, kok selisihnya tipis?
iya tapi kan ngereyen kudu indent. Lagi pula barange masih mulus+ dapat 2 pasang Peleg.

Nah, mending mana : Ninja baru atau beli bekas? saya pilih vixion aja :mrgreen:

vixion Baru

Aki rusak jangan langsung diganti..

hehe, salam persaudaraan.
mohon maklum jika di edisi reborn, gubuk kecil ini akan menggunakan bahasa penyajian yang nggak lazim, sedikit Jenaka. :mrgreen:

konstruksi aki mf

Aki rusak, atau tekor cirinya apa?
menurut versi mekanik bengkel resmi dan montir pinggir jalan, akan bisa diketahui dengan mengamati tegangan keluar aki.
normalnya berkisar antara 12-13V DC , nah jikalau aki sampean drop menjadi 10V dc, nyaris bisa dipastikan aki itu sedang menjalani hari-hari terakhir. Apalagi kalau sudah kapasitas arus (Ampere)nya telah melemah..(terlihat dari ketidak mampuan memutar motor starter). alamat cepat tutup usia

saran saya: jual aja ke loakan. laku 10-20rb 🙂
nanti mau diapakan sama bang loak, terserah beliau. sejauh yang saya tahu (pernah saya intip di tempat kerjanya), dia akan membongkar aki (kering) itu, lalu disolder, kemudian ditutup lagi. Cak Di nama kerennya si dokter bedah aki itu.
toko aki loak

Lalu ganti baru atau bekas?
saran saya : jangan dua-duanya dulu. kita cek tempat lain.

kuproks

Satu. KIPROKS.
fungsinya adalah menyearahkan tegangan agar bisa merecharge(isi) aki sampean. kalau bagian ini rusak percuma beli baru (atau bekas yang masih fungsi, harganya 40RB made in Cak Di garansi setahun katanya), aki bakal terus tekor dan rusak karena nggak pernah diisi.

spul

dua. SPUL.
fungsinya sebagai generator tegangan, mengubah gerak putar menjadi energi listrik kebalikan dari motor starter. Sulit menjelaskan detil bagian ini, karena dulu pas pelajaran Fisika saya nggak masuk (atau telat), trus pas ujian tanya bangku sebelah :D, hehehe.
Kalau dia rusak, nggak ada setrum yang dihasilkan..atau disearahkan.

kabel

tiga. KABEL.
barangkali semua perangkat kuproks, spul, atau aki sehat tapi kok masih nggak kompak bekerja, itu bisa dari kabel yang korosif, kotor, atau nggak nyambung. sia-sia tho sampean beli baru semua, tapi perantara arus listriknya nggak ada?

Kesimpulan kecilnya : kalau aki rusak, baiknya periksa dulu bagian lain sebelum aki. Sebelum baterai anyar sampean kembali tumbang dalam hitungan hari, mending telaten cek bagian lain terlebih dulu.

regulator
Nggak punya waktu (tapi punya uang), gampang..titipkan aja dibengkel. 🙂

Ini dia urutan harga Vixion bekas..

iseng-iseng beberapa waktu lalu gianluigi mario sempat terbersit tanya, kalau dijual Vixion hitamku lakunya berapa ya?

sebagai sasaran pertama, tanya ke abang yang jago airbrush di bengkel dekat rumah. Jawabnya diluar dugaan : 13juta mas kalo taun 2009 karena suratnya sudah mau mati. Aduh kasihan si Vixion, surat yang nyaris sekarat dijadikan kampanye hitam untuk mennggembosi pamornya 😦

vixion girl black 1

Wah perlu referensi lain nih!
dicegat lah tetangga yang lewat, bukan berniat curat. akan tetapi berdialog karena si akang ini emang profesinya makelar motor bekas :). sembari berpikir 5-10 detik, akhirnya dia berujar : dibawah 14 juta mas, kalo istimewa barangnya bisa 14 pas!

Tak puas dengan ulasan dua kenalan tersebut, mario pun menyatroni showroom motor bekas di belakang rumah. “Piro pak motorku iki yen tak dol“( berapa harga vixion saya ini? ). 13,5 juta adalah angka yang dia usulkan.
Lanjut ke showroom sampingnya, jawabnya mirip : 14 dikurangi biaya perpanjangan stnk mas (kurang lebih 500ribu)..

red vixion  girl 2

Lain halnya dengan next showroom, yang terbesar dan terpercaya.
14 pas! Wah, ini bilangan tertinggi.. Si juragan motor juga mencecar pertanyaan : kalau warnanya merah saya bayar 500 ribu lebih mahal mas. Lho??? ternyata diskriminasi warna kulit juga ada di jagad fjb motor bekas!
dan warna putih itu yang paling mahal, terpaut satu juta..“. lho kan tahun 2009 silam belum ada pak?,
iya, seandainya ada bakal saya beli 15juta..

white vixion girl

Wow, si putih ternyata favorit di belantara motor seken..ckckck.
penat mewawancarai mereka, gianluigi mario pun berjalan pulang. Lumayan dapat gambaran peta ekonomi untuk si Piksen 😀

Ikon Gresik

gresik

Assalamualaikum.
Piye kabare ?
warung ini bisa dikatakan telah mengalami hibernasi yang panjang. Dan sekarang waktu yang cukup baik untuk sedikit berkarya sekaligus menyapa pembaca yang dulu sering mampir.
Warung yang akan senantiasa menjadi warung kecil, karena memang dibuat dengan tujuan menjadi jujukan orang-orang kecil. Namun tak pernah berkecil hati 🙂

Salah satu penyebab relaunching blog adalah request dari kang Heri, untuk turut membantu acara Jatimotoblog , yang kebetulan akan mengambil lokasi di kota para wali, Gresik.

Gianluigi Mario lahir di sini, 29 tahun silam. Meski demikian tidak banyak mengetahui seluk beluk kota Gresik. Kok bisa? Jawabnya simple : saya orang desa tulen. Hehehe. Rumah saya berada di pelosok selatan kota, dengan jarak tepat 25 km dari pusat kota. Maka lazim, dan harus dimaklumi kalo gaya bicara maupun tingkahlaku saya ini ndeso.. Haha saya tak malu mengakui nya. Tapi tentang beberapa wisata andalan kota pudak, saya nggak ndeso amat. 🙂 sedikit banyak tahu lahh

Satu ikon gresik yang terkenal adalah Makam Maulana Malik Ibrahim, ketua walisongo yang kondang. Jaraknya hanya 200 meter dari alun-alun Gresik. Tentu tak lengkap rasanya jika sering ziarah wali namun belum berkunjung sowan pusara beliau.
meski begitu saya sendiri belum pernah kesana, (maka ziarah wali saya termasuk belum lengkap) hehe.

DSC01477

Setiap ada alun-alun, mesti ada masjid Jami’. Namun masjid jami Gresik terbilang cukup istimewa serta memiliki sejarah yang panjang. Dulu waktu kecil saya sering berbuka puasa ramadhan disini, dan mendapat jatah nasi bungkus.. 😀

DSC01472

Sekitar satu kilometer ke selatan, ada lagi gedung yang namanya wahana kreasi/ekspresi. Bangunan berbentuk keong ini merupakan aula serbaguna dimana bermacam kegiatan maupun pameran dilangsungkan. Masih kinyis-kinyis, belum dua tahun berdiri kayaknya. Dan di akhir pekan selalu menjadi pusat dari acara car free day kota Gresik.

DSC01480

Itulah beberapa tujuan wisata dari kota pelabuhan ini. Nanti akan saya sambung lagi dengan edisi Sunan giri, telaga ngipik, dan beberapa tempat lain. Insallah.
Tertarik ikutan acara kopdar Jatimotoblog? Bisa kontak saya, nggak ada persyaratan khusus kok. Dengan niat silaturahmi, kalau bisa mudah kenapa harus dibikin sulit.. ayo kumpul-kumpul,, 😀

Dari event “meet n greet Noah” bareng Yamaha Jatim

wahh.. sudah berlalu 2 minggu sejak event ini bergulir, dan entah mengapa pemilik warung mulai akrab dengan ‘keterlambatan’..
Namun rasanya masi bagusan telat ketimbang enggak di posting :mrgreen:

Acara Noah di pesta Yamaha ini dijadwalkan melintasi beberapa kota, termasuk Kota buaya Surabaya, kota dingin Ngalam, juga Kota petis Sidoarjo. Bertempat di “Yamaha Sentral Dupak”
dekat pasar Turi yang kesohor itu, Penulis berkesempatan ketemu grup band ‘maskot’ Yamaha yang digawangi oleh Nazril Irham (Ariel), uki, loekman, david, dan (aduhh siapa ya namanya.. 😥 ).
Seperti ini suasana ruangan yang dipersiapkan bagi mereka..
n1

Mengisi waktu demi menanti kedatangan bintang tamu kita hari ini, seorang presenter lincah dan manis pun dihadirkan pihak tuanrumah. Tak lupa beberapa kuis bertajuk produk baru sponsor yang menghadirkan puluhan hadiah pun di sambut meriah oleh hadirin..

n2

Setelah beberapa lama menunggu, tibalah lima sekawan dibangunan berlantai dua ini, dan para awak media pun diberi kesempatan terlebih dulu untuk mengambil gambar personil band yang lagi hot dan laris manis. Tak ketinggalan, berbekal kamera pinjaman, Mario pun ikut-ikutan membidik..

n3

Seusai interview dengan Noah, juga para punggawa Yamaha Jatim, dan beberapa briefing menarik lainnya , tibalah saatnya acara amal pemberian beasiswa bagi murid-murid yang berprestasi dan anak yatim.
Salut buat Yamaha..kesusksesan tak lantas melupakan aspek sosial..dua jempol dech. WOWW

n4

Diungkapkan beberapa alasan pemilihan Noah sebagai ambassador Yamaha, namun yang paling berkesan bagi kami itu alasan terakhir, yakni lambang Yamaha “garpu Tala” yang identik dengan nada tentu saja pas dengan menjadikan “grup band terpanas dan jenius” sebagai kolaborasi serasi.
Agak bingung juga pikiran kecil saya mencerna bahasa marketing kental itu, namun meskipun demikian ide pokoknya sih sudah tergambar..
biarpun nggak sepenuhnya ngerti, itu tak menghaalangi admin blog untuk narsis sebentar bersama Yamaha R6. hehehe 😀

n5
Apakah suatu hari nanti keturutan punya R6??? haha nggak perlu bermimpi, kata orang jawa kalau jodoh takkan lari kemana 🙂 . Yang penting fotobareng dulu. Nggak jadi soal bakal memiliki atau tidak. hayyayhh
<mario>

Balada Ninja 600CC… baru beli sudah mau dilego.

2013-kawasaki-zx-6r-face
Ada sebuah cerita menarik mengenai si Haidir, seorang yang nggak lama bekerja di satu perusahaan bonafid. si Haidir ini berasal dari sebuah desa lumayan terpencil, namun setelah menamatkan kuliah dari perguruan di kota Dingin malang berhasil masuk menjadi pegawai dengan gaji lumayan besar. (latar belakang selesai).

Kisah menjadi fenomenal saat bokap dari Haidir bersikeras agar si anak membeli Ninja600 CC karena kepincut sama kegagahannya. padahal haidir sudah qonaah dengan tunggangannya yang setia, HSX125. Karena sang bapak terus mendesak melamar si Ninin, akhirnya Haidir pun tak kuasa menolak. Kuda besi senilai 120juta-an ini pun di tebus (meski dengan cara kredit).Impian bapak terwujud sudah. 🙂

Siapa yang pakai si ninin??? Haidir kan kerja di kota, tentu saja yang sering membesut ya sang Bapak. Kemana? kesawah, atau ladang.. hehe desa kan nggak ada Mall 😀
Adanya Mall ya di Surabaya lahh, dan sekali waktu Haidir pernah berangkat dari desa ke Mall, ternyata konsumsi BBM si kekar cukup menguras kantong.
Nah sebab jarang dipakai dan enggak memnuhin azas manfaat, Haidir pun akhirnya melego jagoan Kawasaki ini. Setelah beberapa lama kesulitan nyari pembeli, si Ijo laku 75juta..
(cerita selesai)

Ada satu benang merah dari balada diatas : “prestise” mestinya nggak meninggalkan sisi “kegunaan”. Kalau buat di desa pelosok ya Ninja600 rasanya terlalu absurd, prestise dan kegunaannya masi bagusan mobil Avanza, Yaris (meskipun seken 🙂 ). Tetangga sebelah mesti bakal kagum, “wah si Haidir Keren bisa beli Avanza (bekas)”. Ketimbang bertanya-tanya, “Ehh, buat apa ya Haidir beliin bapaknya moge tapi ke sawah melulu?”. Apalagi dengan bermobil nggak kepanasan, kehujanan, bisa ngantar saudara naik haji, bla.. bla.. bla..

Pilih mana Ninja600, avanza(bekas), atau HSX125 yang setia?
Saya mah belum ada duit, cukup pilih Vixion aja.. hehe.
Daripada ngelamar Ninin nan mahal, ngelamar cewek muslimah aja. hahaha :mrgreen:
919239_132587033598283_1174844214_o