Ada hal baru dari All New CBR150?

HondaCBR150R-2

Sempat melirik media cetak langganan kantor, ada foto testride All New CBR150. Karena jarang blogwalking, penulis yang kurang gaul tidak tahu apa saja yang diperbarui kok di kasih nama “all new” (semua baru). Biasanya yang pertama diganti pastilah harga. hehe (pasti naik).
Baru kemudian tampang, dan kalau mujur fitur anyar, mesin anyar..( tapi nggak selalu).

Sejujurnya, CBR150 itu motor favorit saya. Meskipun memiliki budget meminangnya, sayangnya tak kunjung kesampaian. Seri CBR paling kecil ini selalu membawa aura yang berbeda. Tapi pendapat penulis masih sama : overprice!
Dulu saat masih karbu, banderol CBR pernah melesat di angka imajiner 40juta-an berdasarkan pengalaman teman yang tanya ke dealer. Lalu angin segar sempat berhembus ketika fitur injeksi dicangkokkan, bodi dipermak, dan harga turun menjadi 33juta-an. Ini baru realistis.
tapi nggak lama melambung lagi.. mengikuti inflasi.

Yang bikin CBR150 beda adalah eksklusivitasnya. Dan point tersebut berkaitan erat dengan harga. (kalau CBR murah, bakalan banyak yang beli, jadi motor sejuta umat, nggak eksklusif lagi). Bila sekedar menginginkan mesin DOHC, CBstreetfire sudah dijejali dapur pacu yang serupa. Mungkin itu sebabnya cukup banyak pengguna motor melirik si teralis, guna merasakan sensasi mesin CBR yang ekonomis.

CBR150 berada di segmen yang tanggung.
Orang yang membidik motor premium dan nggak memiliki masalah dengan pundi uang tentu bakalan memilih kelas 250 cc atau lebih. Sekalian aja.
Dilain sisi, konsumen berduit cekak sudah barang tentu mengutamakan motor 150cc yang lebih murah, Sebut saja Vixion, Megapro, Verza, atau Thunder. Agak mahalan dikit ada YZF R15 yang masih kinyis kinyis.

Maka saya mengernyitkan dahi saat AHM meluncurkan ALL NEW CBR150. Bisa jadi beberapa fitur teknis akan disempurnakan (yang belum saya baca apa aja fitur itU). Namun saya cukup yakin harga psikologis tetap dilingkup 40juta cmiiw. Embel-embel “semua baru” hanya refreshing aja kan varian ini belum pernah mendapat perubahan mayor.
Namun secara umum, CBR150 masih sama seperti yang dulu. Eksklusif dan berada di segmen yang aneh.

Itulah identitas CBR150. dulu atau sekarang nggak ada yang ‘baru’,,???????????????????????????????

2 thoughts on “Ada hal baru dari All New CBR150?

  1. H3 says:

    sip… ndang di tumbas..
    dp vixy…eh…

  2. Montor V-xsion

Please leave a comment, thanks..