Vixion sekarang sudah ‘mendekati’ sempurna.. sebuah opini kecil

Gonjang-ganjing soal new Vixion yang merupakan penyempurna dari versi sekarang, seakan nggak ada hentinya. Bahkan gianluigimario blog pun seringkali ikutan menyampaikan kritisi2 maupun harapan2 pada varian yang diprediksi brojor akhir tahun ini..

Tetapi sebagai pemakai Vixion selama 2,5 tahun, dan pengalaman beberapa kali mencoba motor-motor lainnya, imho aslinya Jagoan YIMM ini sudah cukup sempurna dan memenuhi kriteria hampir semua yang diperlukan untuk motor harian. Kalaupun ada keluhan-keluhan kecil, itu saya pandang masih lumrah, emang mana ada motor yang ideal tanpa kekurangan???

Coba saja kaji dari beberapa faktor berikut ini :
– Performa mesin
– Mileage
– Handling
– Desain
– Teknologi
– Braking
– Harga

Berdasarkan penilaian dan pengalaman pribadi, berikut inilah opini lengkapnya :

Secara engine, untuk kubikasi 150cm3, Vixion sudahtermasuk mumpuni. Akselerasi mantep (meski belum pernah diukur timing untuk 100m, 200m dsb) dan tarikannya lumayan sip. Topspeed? kalo punya saya sih antara 125-130kpj dalam kondisi standart.
Kan masih jauh dibanding CBR150, FU, atau bahkan NinjaRR 150? yo lumrah kan mekanisme mesinnya berbeda tho.

Coba tengok konsumsi BBM Vixion yang berkisar 40-45km/L, itu kan termasuk lumayan irit meski bukan yang teririt, NMP kabarnya mencapai 50-55km/L. Angka-angka ini lumayan ideal untuk sport 150cc didaerah perkotaan..

CBR, FU atau RR mungkin jauh lebih cepat emang, tapi konsumsi bbm-nya pun jelas lebih boros. Kompensasi untuk tenaga yang besar kan minum lebih banyak sumber tenaga.. ini sudah hukum kekekalan energi yg kalo gak salah diajarkan pak guru waktu SMP dulu..🙂
Tergantung darimana perspektif anda dalam memilih motor. Kalau mau mencari yang topspeed jempolan, Vixion bukan pilihan terbaik. Namun jika untuk harian perkotaan yang jelas jarang menggeber gas poll terus, Vixion cukup baik..

Handling Vixion imho relatif stabil dan mantep. Barangakali rangka deltabox memiliki andil dalam hal ini.. Pengalaman saya melibas tikungan tak pernah mengalami masalah yang berarti, bahkan saat berboncengan sekalipun tetep bagus dalam pengendalian steering maupun counter-steering motor .

Bila kita mulai berbicara desain, maka kita telah masuk area yang sangat subjektif, alias jawaban tiap orang bisa beda-beda.. Namun secara umum tampilan Vixion sudah cukup mempesona, imho.. apalagi buat postur kebanyakan orang indonesia. Dalam pandangan saya, salah satu alasan terkuat Vixion menjadi terlaris itu karena desainnya yang banyak disukai, cmiiw..

Teknologi? Wahh ini hampir dipastikan Vixion nggak ketinggalan jaman. Dengan mengadopsi injeksi, pendingin cairan, 4valve, rangka deltabox, dan sebagainya cukup menjadi bukti bahwa untuk rentang harga disekelasnya Vixion salah satu yang tercanggih.. imho cmiiw..

Memang banyak dikeluhkan kenapa nggak pakai RDB aja tuh si Piksen? wahh jawaban pastinya YIMM yang tahu. Namun jika mengacu pada pengalaman, sebenarnya perfoma braking Vixion sudah lumayan mumpuni dan pakem, belum pernah mengalami masalah (kecuali kalau kehabisan kampas :)). Pakai RDB emang lebih joss, tetapi drum Vixion sekarang masih lumayan kok buat mengendalikan laju mesin motor.. imho

Ada lagi yang sering bersuara soal digital speedometer.. pendapat gianluigimario pribadi hal ini pasti bukan perkara signifikan. Emang buat apa coba, data angka speed yang presisi tersebut? mau bikin penelitian kah? nggak tho?.. dengan spido digital tampilannya bakal lebih keren, namun untuk fungsionalitas spido manual pun mencukupi untuk memonitor kecepatan.

Dengan beberapa kelebihan yang ada padanya, serta diperkuat dengan mengalami sendiri beberapa lama, maka untuk hrga 22jt OTR Gresik (saya dulu belinya 20,46jt ) imho cukup pantas dan meiliki value for money yang bagus..

ada yang bilang knalpotnya gampang menguning, komstirnya mudah jebol, dsb, wah itu saya pikir memang bawaannya demikian yawes. Apakah gara-gara knalpot dan komstir saja nggak jadi beli Vixion dan kelarisannya terkikis? nggak kan.. kita optimis aja di versi berikut kelemahan tersebut di minimalisir, oke????..:mrgreen:

Jadi siapa bilang Vixion jauh dari sempurna??? hehehe mungkin belum memakainya selama beberapa lama..
“Vixion sekarang, untuk harga yg sekelasnya, sudah mendekati sempurna kok..” hehehe😛
(gianluigimario)

33 thoughts on “Vixion sekarang sudah ‘mendekati’ sempurna.. sebuah opini kecil

  1. Kupaw says:

    namanya aneh vixion dulu kenapa gak pake viper aja mantabs, bodinya terlalu kecil buatku bos (endut soale), tangki kandel (tebel), egronominyamasi enak thunder kayaknya.

  2. ridertua says:

    salam komstir dari kecoak🙂

  3. dave says:

    saia pikir vixion dari tampilan sampe isi2nya semua bagus,,
    yg perlu di tambahkan tuh yg ga keliatan,,
    alias kualitas,, ky komstir,,
    knalpot dsb,, y paling pasang rdb..
    dah yg laen2 mah biasa aja,, dah ok banget.. imho ya..
    btw:
    “Pakai RDB emang lebih joss, tetapi drum Vixion sekarang masih lumayan kok buat mengendalikan laju mesin.. imho”
    rdb buat menghentikan laju motor kale mas,, bukan laju mesin,, cmiiw..😛

  4. penonton says:

    overall puas juga. vixion make rem belakang teromol masih mumpuni.

  5. ax125 says:

    Gampang dimodif pula

  6. enth says:

    saya punya sedikit ganjalan, dan hal itu yang membuat saya tidak beli yamaha, yaitu velg dan shokbreaker belakangnya

  7. RIDER says:

    Mas bro sorry artikel nya ngabahas vixy terus sih.hampir tiap hari lo bro.

  8. Prabu Melaz says:

    New Mega Pro kok irit banget? Wah,perlu pembuktian nich. Dengan ban lebih besar,masih karbu,bobot lebih berat,kompresi lbh rendah, kok bisa lebih irit dr vixi ya?

  9. cah ndeso says:

    maaf mas saya pribadi kurang sreg sama vixion…. jadi ya nggk beli.

  10. white vario says:

    kalo di tempat gw kebanyakan yang beli vixion bukan karena teknologi tapi karena desainya yang anak muda banget,ramping gituh!
    Tapi vixion di tempat gw kok gak pernah denger ada masalah di komstirnya yah padahal jalanan di tempat gw lumayan jelek,malah yang banyak keluhan komstir oblak tuh vega series termasuk gw dulu waktu masih punya new vega r

  11. H3 says:

    – Performa mesin
    – Mileage
    – Handling
    – Desain
    – Teknologi
    – Braking
    – Harga
    —————-
    Semua diatas sudah dibahas empunya warung.

    Gimana facelift sticker / striping :
    – Merah-putih Livery Yamaha 50th GP aniversary
    – Black Monster Yamaha Tech-3
    – Biru-Putih Yamaha Racing.
    —-
    IMHO bisa menaikan sales nya drpd Vixion SE yg kurang ada GREGET nya.

  12. wangwa says:

    maaf pendapat saya. untuk akselerari kenapa vixion kesannya cepat karena ban nya yang lebih kecil dibanding kompetitor. banyak rider vixion mengganti ban aslinya yang kecil untuk ukuran motor sport diganti lebih besar seperti ban motor kompetitor kelihatan larinya ga selincah saat ban asli dengan ban cungkirngnya.
    menurut saya vixion mendekati sempurna tidak juga.
    justru saya nilai untuk tingkat safety pilih bison dan nmp.

  13. […] Vixion sekarang sudah ‘mendekati’ sempurna.. sebuah opini kecil body.custom-background { background-image: url('http://ambangbatas.com/wp-content/uploads/Astonishing-Guinness-World-Record-Holders-at-Cityplaza_Week-2_Avon-Leeedit.jpg&#039😉; background-repeat: repeat; background-position: top left; background-attachment: scroll; } .set-header:after{ background-image: url('http://ambangbatas.com/wp-content/themes/goblog/images/header.jpg&#039😉;} […]

  14. PRAY says:

    Vixion terbukti motor terlaris loh😀
    Motor besar tapi ramping beda sama produk motor besar hon** terkesan kebapak bapakan😀
    Vixion 150cc kok saya adu sama t*ger yang 225 kalah t*gernya😀 motor besarnya hon** berani gw adu sama vixion gw (sama sama standart ya) yang ga gw berani lawan ninja 250 dan scorpion .. kalo CBR 250 gw belom liat larinya😀 abis jarang yang punya .. 2013 gw dapet bocoran katanya yamaha mau ngeluarin vixion 250 .. kita liat nanti😀 kalo di adu ninja250 menang mana ya .. yah walaupun kawasaki,bajaj dan yamaha yang punya 1 orang tetapi beda tingkatlah ..

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s