Untuk motor Injeksi, catu daya bagi baterai jelas sangat Vital. Kalau tanpa power supply dari aki, ECU-nya kan nggak bisa kerja ya secara logika.. Akibatnya fatal, motor hampir pasti bakal mogok karena suplai bahan bakar terganggu..
Itulah teorinya, dan anggapan dalam pikiran gianluigimario soal injeksi kalau tanpa baterai..
Tapi pengalaman kemarin tidak seperti teori di atas. Seorang teman yang punya Vixion, mas Yafi namanya, aki motornya lemah, hingga elektrik starternya dipencet berulang kali hanya ngorok bunyinya. Mesin pun nggak bisa menyala selama beberapa saat.. Coba lagi pun masih gagal.
” Wah, akimu tekor kang wayahe ganti iku.. Injeksinya masak bisa kerja.. ” saya berujar.
” Iya, ini pasti karena lama nggak dipakai yo mar.. ” sahut mas Yafi.
” Sik coba kickstarter aja dulu.. “
Ehh, rupanya dengan sekali engkol mesin sudah menyala tanpa hambatan..
Saya dan dia pun sama-sama kaget.
” Wah masih untung tetep nyala yo mas.. Kok bisa? Lekas diganti wae baterainya mas.. ” saran saya.
” Lha kan masih bisa pakai starter engkol? ” sanggahnya
” Iya tapi riskan kang. Tegangan DC dari baterai kan stabil, kalo keluaran dari generator belum tentu. Ketimbang ada resiko merusak ECU-nya, mending beli aki baru aja. ” gianluigimario beropini.
…
Kalau dipikir pikir sih mungkin analisanya begini:
Baterai Vixion mas Yafi tegangannya masih normal, hanya saja arusnya sudah nggak kuat buat memutar motor starter yang menyedot daya sangat besar diawalnya. Nah tegangan tersebut, imho masih cukup buat menyuplai Sistem ECU, namun cukup beriresiko mengingat tegangan dari kumparan mesin jelas nggak sebagus baterai kalao buat ECU.
Memang masih bisa jalan, tapin akan lebih aman buat elektronika mesin kalau baterai keringnya lekas diganti..
Ya nggak mas bro? Punya pengalaman serupa silahkan dishare..
(gianluigimario)
pernah masbro..
waktu itu sikring si vixy putus, electrik starter & semua lampu2 mati,
tp memang masih bisa hidup dg kick starter
bener.. saya juga pernah sensir netralnya mati nggak bisa pake elektrikstarter
Asalamu alaikum kang ?
Saya mau tanya motor viksion saya aki y baru kok dalam waktu 2 minggu dah gx bisa di setars lagi yhh apa y kang ???
pertamax betul bgt http://chozinahmad.wordpress.com/2012/06/25/ban-ketusuk-paku-1-mm-bisa-tahan-berhari-hari/
pancen kudu di ati-ati 🙂
yup,kalo aki soak..mesin masi bsa dhdupin tp dngan konsekuensi maen engkol n kinerja fuelpum gak maksi
jalan trbaik y segera ganti akinya.
kalo supra pgmfi saya malah kick starterny sy lepas..hehe..smg saja aman
yup,kalo aki soak..mesin masi bsa dhdupin tp dngan konsekuensi maen engkol n kinerja fuelpump gak maksi
jalan trbaik y segera ganti akinya.
kalo supra pgmfi saya malah kick starterny sy lepas..hehe..smg saja aman
tul banget.. aman
lw aki soak. saat kita menjalankan motor dgn menghidupkan lampu apa motor vixon akan tergenjut2 seperti habisa minyak y?? n lw aki gk mw mengcas apa nya yg rusa bos
Pertama comment langsung pertamax…
jooss…. 😀
prestasi langka nih 😀
Setuju mas, mirip mobil injeksi transmisi manual ya..masih bisa dihidupkan dgn mendorong..
namun, hrs segera ganti aki, krn komponen ecu/ecm yg mengotaki seluruh sensor membutuhkan listrik ketika dihidupkan pertama kali, dimana ‘otak’ tsb tdk hanya mengontrol sensor dan kerja injeksi, tp jg membaca kesalahan jika ada. Artinya sejak pertama kali proses mesin dinyalakan, sdh dijalankan prosedur kalibrasi, yg memerlukan listrik seketika (aki).
wah sip banget tuh analisanya mas !!! 😀
ane juga pernah mas bro si aki soak
welehhh masalah umum rupanya 🙂
jangan lupa juga sepul pengisian dan kabel-kabel menuju kiprok juga ikut dicek sebelum pergantian aki, siapa tahu cuma kendor, jadinya pengisian gag maksimal, kayak tetangga saya
titip absen
http://zulfauzi.blogspot.com/2012/06/power-valve.html
iyo mas.. sarannnya siiiippp banget !!! 😀
tapi kan dengan dipake jalan aki bisa ngisi.. 🙂
saya juga pernah lupa matiin kontak 2 hari sampe aki habis setrum, trus dipake jalan udah normal lagi. ngisi full..
kalo sudah rusak akinya cepet abis 🙂
Pengalaman Vixion ane rewle, di elektrik starter sulit nyala, ternyata sekringnya yang rusak …
http://nofgipiston.wordpress.com/2012/06/26/tips-sederhana-ringankan-tarikan-motor/
sekringnya cukup rentan 😦
klo aki soak ato sekring putus, emang kick starter itu penting bgt…syg bgt ktany pulsar 220 sma 200ns ngga pke engkol, ap ngga repot…..
siap-siap dorong nih 🙂
klo aki CBR lemah gmn cerita nya ya?
gmn kick stater nya? -.-
waduh jelas kudu ngedorong T_T
amid2,, musti di ketahui gejala awal nya tuh mas kalo aki mulai soak..
biar sebelom ngedorong dah bisa ganti aki baru..
kalo ngedorong tuh motor mah bisa encok pegel linu,, haha..
btw jadi gejala awal nya aki mulai soak gmn ya mas?
setrumnya lemah mas 😀
tau setrum nya lemah itu dari mana?
sebagai orang awam ga terlalu ngeh sama yg gituan,, imho..
Biasanya layar spedometer nya bergetar ngikutin getaran mesin..
pengisian v-ixion 3 fase om,.
kalau aki habis pun ga ada masalah,.
karena pengisian’nya besar & stabil..
selama kiprok sehat sih ga usa takut mas,.
listrik dari spul dijamin aman untuk suplai seluruh piranti elektronik,. 🙂
dengan catatan kiprok bener2 sehat + tanpa peralatan lenong om 🙂
wah makasih banget.. pencerahan otomotif niihh 🙂
ajiib,..pernah soak tp emang msh bisa hidup 😀
wew.. seumuran kang Vixionnya 😀
Hello Web Admin, I noticed that your On-Page SEO is is missing a few factors, for one you do not use all three H tags in your post, also I notice that you are not using bold or italics properly in your SEO optimization. On-Page SEO means more now than ever since the new Google update: Panda. No longer are backlinks and simply pinging or sending out a RSS feed the key to getting Google PageRank or Alexa Rankings, You now NEED On-Page SEO. So what is good On-Page SEO?First your keyword must appear in the title.Then it must appear in the URL.You have to optimize your keyword and make sure that it has a nice keyword density of 3-5% in your article with relevant LSI (Latent Semantic Indexing). Then you should spread all H1,H2,H3 tags in your article.Your Keyword should appear in your first paragraph and in the last sentence of the page. You should have relevant usage of Bold and italics of your keyword.There should be one internal link to a page on your blog and you should have one image with an alt tag that has your keyword….wait there’s even more Now what if i told you there was a simple WordPress plugin that does all the On-Page SEO, and automatically for you? That’s right AUTOMATICALLY, just watch this 4minute video for more information at. WordPress Seo Plugin
😛
Mas mou nanya nih…piksen ane tiba2 takometernya ngacak, posisi langsam tetep aja jarum nunjukin 4000 rpm di pake geberan pun tetep aja di kisaran 4000 rpm…tp setelah dipake jalan 5 menitan normal lagi takometernya sesuai putaran mesin…knpa ya???ªρά̲̣ pengaruh aki??(Kondisi elektrik statter,lampu2 nylaa oke)mungkin brader2 A̲̅ϑa̲̅ ¥ǻлƍ penah ngalamin…thanks
wah saya belum pernah, tapi kayaknya perlu dicek di Beres tuh. Bisa jadi sensornya abnormal 🙂
Oh belum pernah ngalamin ya mas…Ӄǖ soalnya baru juga pake vixy…dulu nya pake RR..jd belum tau bnyak problem tentang vixy…mas beres daerah gresik or sbya utara mana ya ¥ǻлƍ recomended…=Dн̲̣̣̣є̲̣̥н̲̣̣̣̥є̲̣̥н̲̣̣̣є̲̣̣̣̥ =)) н̲̣̣̣є̲̣̥н̲̣̣̣̥є̲̣̣̣н̲̣̣̣̥є̲̣̥:D sory banyak nanya…??
aku beli kiprok vixion malah nganggur tuh,awalnya mtr vixion ane kaya aki tekor jarum gas dispido naik turun dan lampu pd ky kurang arus alias redup” klw posisi dinyalain semua lampu dihidupin ky kurang arus giliran sen ane nyalain eh malah brhnti mati mesinnya tp bs dinyalain lg…..sbnry dari mana penyakitnya ya…..klw spul kty bgs soalnya kiprok panas kta beres spul normal trs nyuruh ane ganti kiprok,tp tetep j g bisa.mohon dibantu solusinya donk……..
ane dh bingung gan…….
wah, perkiraan saya mah “power supply”nya bermasalah atau overheat.. paling pas coba bawa ke bengkel resmi biar dipastikan komponen powersupply mana yg perlu diganti..
Kiprok vixion yg nganggur masi ada? Saya beli deh.. Mau beli baru mahal bgt.. Waktunya ganti nih..
Sms ya 085649462460
aki tekor dah pernah ngalamin,,
http:// arivixie.wordpress.com/2012/10/02/aki-vixion-tekor/
siiip[
Ymki vixi yg udh keluar biarin aj non engkol.ntar yg striping ke 2 kasih engkol .biar jrang dipakai tetp perlu, vixi kan masih mtor kecil .sajikan saja 2 next vixi pakai engkol dan non engkol .biar konsumen bisa memilh satu diantra 2.
Gan, kenapa y vixion saya dikontak gak nyala, distater gak bisa, di kick stater juga gak bunyi, mtor dipake da 2 tahun apanya y ?
Kenapa ya gan vixion saya pas dikontak gak nyala, distater juga gak bisa, pake kick stater juga gak bisa jalan padahal pemakaian baru 2 tahun, mohön penjelasannya, mksh
Ni vixi saya ni gan,starter gk bisa, kick starterpun ga bisa, tp lampu masih bisa nyala gan, apa masalah aki jga ya gan kok ga bisa nyala, klo pun nyala mati lg… Tolong keterangan nya gan..thank you
Yo,wajib ganti aki ne
bener bnged mas bro vixi ane mlh blm ada sethun modar kyknya gr2 konslet.prtama emng gmpng d selh tp lama2 jd sush klw g ada dkungsn si accu.mst gnt accu baru ni.
dear bro yg baik hati :_
dimana bengkel yamaha yg terlengkap dan mekaniknya yg jago2 ya, soalnya motor vixion 2011 saya sudah ganti spool,kiprok,aki, sekring tapi semingu kemudian tidak bisa stater, pas di chek aki lagi, ternyata akinya jadi rusak, untung masih garansi, saya ganti aki baru, seminggu kemudian, tidak bisa stater lagi, padahal pengisian aki normal, sudah di cek listriknya oke, pusing deh gue, apalagi nih masalahnya.
°ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊aaα̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊° ne Mas bro gue jga pernah ngalAmi tapi di engkol ngak mau hidup, trus jlan keluarnya ganti aki.
mas bro mau tanya nich. ciri2 kiprok rusak gim
ana ya? mtr saya voxion aki nya baru ganti 5 hari dah ga ngangkat buat stster, saya cek dengan cara menghidupkan motor dngn aki yang lain setelah motor hidup fuse pada kiprok saya cabut dan kondisi motor masih hidup, info yg saya dapat kan kalo kiprok rusak motor dalam kondisi hidup fuse pada kiprok di lepas motor akan mati juga. nah gimana tuch mas bro? thank`s
Vixi ane tiba2 mati pas d kontak ke on. Stlah d coba2brulang x d on off msh g jln. Itu .pas di kick starter nyala. D matiin lg pd posisi kontak on mati total. Tp d kick starer bisa nyala . Kondisi mtr awl brangkat g da masalh. Selang stngah jm g tau knpa d saat mw brngkt stop kntak on indikator smua mati. Klw aki y mungkin msh nyala indikator wlpun strter g bsa. Tolong yg prnh ngalamin d share y scpt y tanks
atas ane @ sama ama masalah yg nemplok di vixi gue tuh
ane jg udah bingung bgt
padahal sekring + rumah sekring & aki udah ganti baru
tapi si vixi masih mati indikator di speedo,nya waktu kontak di puter ke on
& aneh nya kalo di kick stater masih mau nyala walaupun harus nyampe pegel ngengkolnya
-_-
wah. rumah sekring sudah baru ya…
netralnya ngk maunyala knpa ya,mesin mati,ngk bisa di nyalain,lampu jga mati,sen semua nya mati,aki padahal baru 2 bulan ada yg tau knp ?
Bro montor vixion gw kk brebet2 apany y?
Mas bro motor vixionku udh aq ganti aki yg baru ,saat aq buat jalan posisi lampu nyala semua kok tiba2 mati ea ,trus aq diemin sekitar 1 jm trus aq buat jln lagi tpi lampu aq matiin total bisa og gk mati2 lagi ..itu knpa ea??
motor saya kok g bisa idup ya..
mati total..
pas kunci saya on,harusnya kn lampu netral sama 2 lampu indikator nyala..
lah ini enggak,mati semua..
kenapa ya mas bro..
ada yg bisa kasih tau??
Motor viksen saya meski aki nya baru kalo udah panas ga ada tenaga nyA klo berenti sttr nya mati. Knpa ya
Kl motor vixsen saya permasalahannya,aki sudah di cek pake afo meter tegangan 12,9v pada saat di stater langsung ngedrop,sampai dinamo setater saya lepas saya langsungin ke batrey tapi ok gak ada masalah.saya pasang lagi,hasilnya gak ada perubahan.mohon petunjuknya apanya ya?
Vixen saya brebet terus kalau di gas poll pun. Jarum gas nya cuma sampai 3 .saya starter dan saya selah juga ngga hdupp.. .yang tau mh0n info nya dah pusing
Mau nanya dlu, kemarin vixion aq mogok lampu indikatornya hidup, trus gk bsa stater, di engkol gk bsa.. siap itu aq ganti baterainya tp sma juga kek gtu… gmna itu ya…???
Assalamualaikum mas bro….minta info’,,,saya pake vixi thn 2010,,,indikator kuning nyala pas dcek kedealer info kiprok sama spul dah lemah pas dganti jum’at kemarin didealer kok masih blm bisa stabil kira” apa ya . Boleh info’ donk ya dwasap 0812 9372 8975
Kalo ga pake aki bisa nyala ga?? Old vixion
Klu udh ganti aki.kiprok.cdi.di pkai gk nyampek seminggu alki gk nrml.trus klu lampu sen hidup tiba tiba lmpu kuningx nyala..tp klu lmpu seb mati ikur mati lmpu kuningx…apa masalahx…ber ulang2 ttp gtu aj pebyakitx
Mas sy pny mtr viksen 2010 aki udh soak sy bwa perjlanan 13km kok tiba”ngejem/mati sendri tp d engkol lg mw nyla ngx lma ke mudian mti lg kira”ap mas penyebab ny
Trimakasih
Tpi vixion sya akinya lemah gk bsa hdup…trus lampu wrna kning di amper nyala trus…bgaimna solusinya
Berbagi pengalaman, motor sy vixion lama keluaran thn 2011, sy bekerja di kepuluan. Dan akses meneju kepulau tsb tdk bisa mggunakn motor, trpaksa motor sy, sy parkirkan selama 1 bulan di dermaga. Sblm sy parkirkan 1bln lamanya batre pun sy cabut takut ada kerusakan pada batre nya karna 1 bln penuh tdk dipanasi motornya. Stelah sy kembali bekerja, sy pun lgsg mengambil motor sy dan memanasinya dgn menggukan engkol.
Dan motorpun hidup normal sperti biasa. Stlah 4jam lamanya perjalan sy menggunakan motor, tiba lah sy dirumah. Dan selang beberapa menit sy baru teringat bahwasanya batre motor sy blm sy pasang. Kabel postif dan negatifnya. Dan sy pun heran kok bisa hidup dan jalan normal ya? Mohon berbagi pendapatnya bgi para pembaca sekalian. Apakh tdk bahaya utk sistem komponen kelistrikan lainnya?. Soalnya dulu sy perna mengalami btre tekor dan skring yg sudah tdk layak pake sblm kejdian ini. dan hasilnya pun motor tdk mau hidup. Dan sy pun mengganti batre baru dan skring bru. Baru lah motor bisa diajak jln. Dan skrg skring bagus tp btre tdk terpasang motor kok bisa nyala ya? Apakh pengaruh sekring sangat vital sekali??
lw aki soak. saat kita menjalankan motor dgn menghidupkan lampu apa motor vixon akan tergenjut2 seperti habisa minyak y?? n lw aki gk mw mengcas apa nya yg rusa bos
Bang numpang tanya.motor vixien ku berebet saat diidupin lampu.itu apamya ya mas