Gigi enam dan DOHC, dua peluru yang masih disimpan Yamaha..

Coba lihat pabrikan Honda, DOHC dan 6-speed sudah mengaspal di mesin CBR150 semenjak dulu.. CB150 disinyalir akan dilepas untuk kelas mid-end. Suzuki? Satria FU masih menjadi favorit meneruskan kisah FXR yang juga DOHC dan 6-speed. Kawasaki meskipun belum merambah 4tak 150cc, namun DOHC 6 speed 250cc-nya malah punya dua mesin : satu silinder (KLX, D TrackerX), dan dual silinder (Ninja 250).

Yamaha masih enggan berangkat kesana.. meski masih mengandalkan 5 kecepatan dan SOHC saja, produk sport mereka masih merajai pangsa nasional..

Apa Yamaha nggak bisa buat DOHC dan 6speed? Atau nggak mau? atau masih menunggu saat yang tepat?

Kalau dibilang pabrikan sebesar Yamaha nggak bisa, rasanya terlalu ngawur. Mestinya lebih dari mampu laaahh :). Berarti nggak mau? Mungkin mau namun masih pikir-pikir banyak faktor.. misalnya dengan sohc 5speed aja masih adem-ayem berjaya ngapain susah susah keluarin model baru..

Atau Yamaha pelit ya sama konsumennya?

Enggak juga sih, kan dalam istilah ekonomi semua dilandaskan pada keuntungan sebesar mungkin. Dengan biaya produksi sohc dan lima kecepatan yang relatif lebih kecil, harga bisa ditekan dan pada akhirnya akan terjangkau banyak kalangan. Bisa saja masalah selera konsumen, dalam penilaian Yamaha mayoritas orang indonesia sudah cukup cinta sama sohc 5speed.  Vixion adalah buktinya..

Tapi bisa jadi, kedua senjata tersebut akan digunakan pada saat kepepet.. Katakan saja kompetitor lain meraih hasil yang luar biasa dan mendesak marketshare Yamaha. Kalau sudah begini, sangat mungkin revolusi mesin bakal terjadi..

Jadi kalau dalam opini ringan gmBlog sih, “bukan Yamaha tidak mampu, tapi memang belum perlu dikeluarkan “.. Jika sudah waktunya peluru dilepas,  DOHC atau 6 speed bukan sesuatu yang mustahil..
Piye opini sampean? monggo..

41 thoughts on “Gigi enam dan DOHC, dua peluru yang masih disimpan Yamaha..

  1. Ari CX Rider says:

    jangan2 nunggu yg ninja 150 4 tak ?? :mrgreen:

  2. wasisimmortal says:

    Pola pikir yang sama di AHM pada tahun 2005an ya mas, heheheee.
    “Kalau pake mesin Astrea grand aja menguasai marketshare, kenapa harus ganti mesin” hehee

  3. indaran says:

    R15 V2.0 di India sampai bosan :).
    ntar R15 V2.1 buat penggemar 6 speed disini (tp jgn keburu bosan) 😦

  4. dave says:

    SOHC lebih irit,, tarikan awal gt kan yg stop-go,,
    itu lebih penting buat di jalanan ky sekarang,,
    top speed semacam DOHC,, ga terlalu penting,,
    seperti 6 gigi jg sama,, toh jarang dipake,,
    buat apa itu semua di tambahkan kalo ga kepake,,
    terus harga pasti lebih mahal,, imho c ky gt..
    btw pengen banget mas yamaha punya mesin DOHC, 6 speed?
    kalo saia mah ngarep nya yamaha keluarin 250,,
    biar makin ramee,, 🙂

  5. mr.you says:

    jika mtr harian dgn kubikasi cc,tinggi kompresi hmpir sama antara motor bermesin dohc&sohc bejaban,apakah yakin dohc lebih unggul secara perfoma? ane yakin hasil bkl sama kalo ditest top speed.vixi ane pernah adu speed dgn fu&new cbr 150.hasilnya? sama setara tdk ada yg wow

  6. Cbr 150 fi K 5589 NT says:

    @7
    klo ngebacot dipikir2 dulu goblok..!!!
    Kata2 ane yakin…
    Buseett ente ngibul tong…!!!
    Ketahuan klo ente cuman omdo..!!!
    Fakta dijalanan pikson lemot letoy
    sohc operstroke ente dibantai
    ama Fu & Cbr…!!!
    Cbr 150 dohc 34 juta lo samain ma pikson sport banci kaleng bekas
    punya ente. Dasar bocah ra waras..!!!
    Yg ada pikson sport bencong ente 100 kpj dah megap2 mesinya mo ambrol..!!!
    Klo gak pernah nunggang engine dohc jgn sok2an ngibul ye tong..!!!
    Ketahuan pekooknya ente…!!!
    Sono pikson bencong ente ceburin
    ke septitank sekalian ente berendem disono 24 jam…!!!
    Kere wae kakean cangkemm..!!!

    • tenang mas rio.. santai wae 🙂

    • mr.you says:

      dohc=superior,sohc=inferior?buka pikiran lu jing!menang balapan dikomplek perumahan aja lu banggain.pabrikan merancang mesin ada dasarnya untuk balap ato harian.kepala lu jgn kaya tong sampah gampang di doktrin.mesin dohc motor harian lu banggain banget sampe di sembah sgla,bikin muntah.gua yakin motor lu pasti pernah dilibas ama vixion ha..ha.. sampe segitu bencinya.

  7. Bocah says:

    @7,,,Menurut iwb,spido yg mendekati real untuk sementara ini new cbr gan,,,dan cbr di kecepatan 130 kpj on spido=128 on gps,…sedangkan vixion??? Lha sama fu wae putus ko’ arep ngimbangi cbr,….klo mesin stndrt,…ngimpiiiiii.

  8. blade-in says:

    Yamaha di sport mentalnya mental patih, Bukan raja. Bukan inisiatif, tapi reaktif. Bukan bergerak, tapi menunggu. Bukan gue beri apa yang loe mau. Tapi, kalo loe suka ambil gak suka gak usah beli. Kalo mentalnya kayak gini, Yamaha gak bakal lama jadi raja. Percayalah. “Hukum alam” bagi mereka yang gak inovatif gak bisa dilawan !!!

  9. latif demak says:

    Bisa keluarkan dock tp harga selangit, mau?
    Kan yamahal !!?!
    Liat aja sma2 klas 150cc mega pro sma vixion
    ???? Tak sedikit kan selisih harganya??????
    Tggu aja si teralis? Klo emang bner pke main cbr. Dan harga terjangkau!!! siap2 lah vixion menang( menangis)maksudnya!!!!

  10. Mc Fai says:

    Mungkin karena masih piikir2 kalo Speknya ditingkatkan otomatis Harga akan melunjak dan peminat akan berkurang… Lagian sekarang ini dengan mesin SOHC nya dan Still 5speed Vixion & Byson juga rame2 saja tuh mas… Kalo ngga mungkin Mesin DOHC dan 6speed bakal diterapin ke Produksi yang baru nanti *Mungkin lo* Itu Opini saya Masdab 😀

  11. Diana says:

    Setuju sama fai,Bisa jadi tuh mas luigi 😀

  12. Rosyid says:

    Hihihihi ada unsur pelitnya jg sih Om, p200ns aja diaksih 6 speed walau msh SOHC, bonus tiga busi..wwkwkwkwk 20jeti-an

  13. Pasar Sembir says:

    mau bagaimanapun tetep josss DOHC.
    Vixion mah katanya pakai teknologi Moto GP.
    yang digembor gemborkan Forget piston dan Diasil silinder nya.
    padahal yang MUTLAK dan WAJIB harus ada pada motor MOTO GP kan mesin DOHC + 6 Speed nya dan bukan Forget piston atau diasil silindernya.
    wahhhh… pembodohan konsumen ini.. wkwkwk….
    emang ada moto GP yang pakai mesin SOHC.

    kecuali mobil – mobil F1 Formula.
    bikin motor sport mah jangan tanggung tanggung.
    kalau mau bikin mesin SOHC ya mending dikasih 2 silinder aja biar aura sportnya keluar;.

    kaya Suzuki Inazuma 250, walau mesin cuma SOHC, tapi kan dah 8 valve dan 2 silinder.
    sama seperti Ninja 250 R.

    bedanya kalai Ninja 250 dah DOHC. kalau inazuma 250 SOHC.

    tapi ya wajar, mengingat Inazuma kan motor touring. dan bukan motor sport Fairing.

  14. janter says:

    fu saya asapin di jlan lurus 2km,,,,,,cbr saya hajar sampe jokinya nangis2,,,saya pnya fixion 2007 an,,,tpi jgn harap km bs mnang,,,mau jmpa dmana?blap gk cuma ngandalin mesin bro,,,makanya pake otak

Leave a reply to Gmc Paradise Cancel reply