Ikon Gresik

gresik

Assalamualaikum.
Piye kabare ?
warung ini bisa dikatakan telah mengalami hibernasi yang panjang. Dan sekarang waktu yang cukup baik untuk sedikit berkarya sekaligus menyapa pembaca yang dulu sering mampir.
Warung yang akan senantiasa menjadi warung kecil, karena memang dibuat dengan tujuan menjadi jujukan orang-orang kecil. Namun tak pernah berkecil hati 🙂

Salah satu penyebab relaunching blog adalah request dari kang Heri, untuk turut membantu acara Jatimotoblog , yang kebetulan akan mengambil lokasi di kota para wali, Gresik.

Gianluigi Mario lahir di sini, 29 tahun silam. Meski demikian tidak banyak mengetahui seluk beluk kota Gresik. Kok bisa? Jawabnya simple : saya orang desa tulen. Hehehe. Rumah saya berada di pelosok selatan kota, dengan jarak tepat 25 km dari pusat kota. Maka lazim, dan harus dimaklumi kalo gaya bicara maupun tingkahlaku saya ini ndeso.. Haha saya tak malu mengakui nya. Tapi tentang beberapa wisata andalan kota pudak, saya nggak ndeso amat. 🙂 sedikit banyak tahu lahh

Satu ikon gresik yang terkenal adalah Makam Maulana Malik Ibrahim, ketua walisongo yang kondang. Jaraknya hanya 200 meter dari alun-alun Gresik. Tentu tak lengkap rasanya jika sering ziarah wali namun belum berkunjung sowan pusara beliau.
meski begitu saya sendiri belum pernah kesana, (maka ziarah wali saya termasuk belum lengkap) hehe.

DSC01477

Setiap ada alun-alun, mesti ada masjid Jami’. Namun masjid jami Gresik terbilang cukup istimewa serta memiliki sejarah yang panjang. Dulu waktu kecil saya sering berbuka puasa ramadhan disini, dan mendapat jatah nasi bungkus.. 😀

DSC01472

Sekitar satu kilometer ke selatan, ada lagi gedung yang namanya wahana kreasi/ekspresi. Bangunan berbentuk keong ini merupakan aula serbaguna dimana bermacam kegiatan maupun pameran dilangsungkan. Masih kinyis-kinyis, belum dua tahun berdiri kayaknya. Dan di akhir pekan selalu menjadi pusat dari acara car free day kota Gresik.

DSC01480

Itulah beberapa tujuan wisata dari kota pelabuhan ini. Nanti akan saya sambung lagi dengan edisi Sunan giri, telaga ngipik, dan beberapa tempat lain. Insallah.
Tertarik ikutan acara kopdar Jatimotoblog? Bisa kontak saya, nggak ada persyaratan khusus kok. Dengan niat silaturahmi, kalau bisa mudah kenapa harus dibikin sulit.. ayo kumpul-kumpul,, 😀