Strategi memukul vixion.

Sekarang lagi hangat ngomongin motorsport honda yang baru yang bakal jadi Piksyen killer..ada pula yang menggadang-gadang pulsar 200NS bakal mengejutkan blantika sport Indonesia.
Emang kenapa ya piksyen kok digoyang dan harus dikalahkan?


Kalo menurut saya pribadi sih karena sejak kemunculannya taun 2007, si piksyen meluluh lantakkan seluruh jagoan honda yang sebelumnya merajai motor sport indonesia. Mulai tigie, megison, semua tumbang.. (thunder? ahh gak termasuk papan atas..). Honda garuk-garuk kepala. Padahal di Type lain yaitu skutik dan bebek mereka nomer wahid.. Nggak lengkap rasanya menang didua kelas lain tapi terpuruk di kelas ini.

Tigie keluarin Revo edition/asimetric lamp , masih kalah.
 

Kemudian Megi-son ganti Meggie Z, eh salah New Megapro : tetep gak mampu mengembalikan kedigdayaan honda di kelas batangan jaman prasejarah Pra-Piksyen. Padahal di India sono, Unicorn Dazzler (yang disini jadi New megapro) cukup disegani.. bahkan dari penilaian satu majalah, nilainya terbaik melebihi YZF R15 (atau Piksyen yg fairing-an).

Tapi honda kok tetep dipermalukan yamaha di Negeri kita? Dua andalan Honda kok dipaksa bertekuk lutut..
Penjualan sepanjang taun 2011 adalah buktinya (data eyang edo)
Piksyen 242 ribu unit (36%), NMP 169ribu unit (20%). Tiger Revo ? Jauhh.. 26 ribu (3%)

Lho bukannya si NMP baru brojol agustus 2010 , kan bisa saja perlahan menggeser Piksyen?
Ahh tentu bisa aja.. tapi kapan? 2 tahun, 3 tahun ? kelamaan !! honda gak sabar kalo waktunya se-lama itu..
Mangkanya si Piksyen-killer teralis (disinyalir DOHC) telah jauh2 hari dipersiapkan, digodok matang2 di kawah candra dimuka RnD honda.

Emang menangnya Piksyen dari mananya sih kok awet susah digeser ? mari tilik tabel komparasinya mesinnya (beserta New CBR150)

Kita anggap saja harganya Piksyen dan NMP hampir sama (11-12), nah dimana letak kemenangan piksyen ?
dari tabel diatas jawabnya jelas , diantaranya :
mesin SOHC 4valve liquid cooled
– Computerize (injection)
power and torque
– chassis deltabox

Nah kalo dg harga 11-12 trus dapat 4 keunggulan diatas ya mending pilih piksyen (menurut saya)..cmiiw

   
   
   
   
   
   
   
   
 New Megapro unggul  :   Vixion unggul:
 –Rear Disc Brake  -Mesin SOHC 4V Liquid cooled
 -Digital Speedometer  -Fuel Injection
 -Power + Torque max
 –Deltabox Frame

 

Kalo diperiksa dari face-to-face fiturnya, New Megapro masih punya point tambahan pada Cakram belakang serta Semi Digital dashboard panel, jadi tinggal permak versi mesin atau chasis aja.. imho

Honda memang punya pemukul piksyen dari sisi spesifikasi mesin, yaitu New CBR150, tapi kan beda pangsa pasar karena harganya terpaut jauuuh (selisih sekitar 1 buah mio Fino 🙂 ). Maka secara total penjualan, disinyalir nggak mungkin memukul Piksyen.. cmiiw. BEDA segmen.

Maka dari itu, kalo honda mau sungguhan meng-KO Piksyen, bahasa becakan-nya : “mesin dan rangka CBR pasang dimotor baru dg harga NMP aja “. Gampang tho solusinya ??

Ini adalah strategi simpel tapi jitu!! apalagi kalo chasis teralis, wah bisa semakin jadi nilai tambah, soale berasa motor mahalll :mrgreen:
Masalahnya cuman satu : bakal membunuh tigie atau NMP sendiri motor “mesin CBR harga NMP” ini.. Repot memang.. tapi di kantornya pabrikan yg didirikan Soichiro Honda kan banyak professor2 botak yg bertugas mencari jalan keluar (atau merancang strategi jitu ).
bisa jadi secara kita awam rumit , tapi bagi pemikir tersebut semudah membalik telapak tangan ?? hehe.. :mrgreen:

Mau Tigie yang tewas (yg banyak fanatiknya), atau malah Megie yang hilang (padahal sport terlaris honda saat ini), ya itulah resiko perang besar BharataYudha . Saya yakin sekali tidak ada motor yang akan abadi ( 😛 ), suatu ketika bakal hilang <misal RX king> dari produksi. Mau tidak mau itu pasti  terjadi..
Buat Honda, bila kemenangan adalah harga mati, mungkin konsekuensi seperti apapun harus diambil..

Satu lagi pendapat dari saya : Model atau bodinya jangan kayak NMP sekarang, buat sedikit mirip dg NewCBR atau memper-memper Piksyen. Kenapa? menurut saya yg ada saat ini kurang eye-catching dibanding Piksyen.
Subyektip memang, tapi boleh jadi salah satu rahasia kecemerlangan penjualan Piksyen adalah desain Modelnya.
Kalau mau ngalahin Raksasa , ya kalau bisa seluruh keunggulan dikeluarin semua dan fight all-out. Dengan begitu peluang ngalahin jagoan garputala ini lebih besar… apalagi kalo si juara bertahan sdg nyiapin strategi (update vixion ) juga supaya nyaman di mahameru motorsport.. HARUS ALL-OUT!!!
Seperti kata haji Taufik : jangan nanggung!

Kalau memang demikian yang terjadi nantinya, maka boleh jadi calon pembeli Piksyen baru (dan banyak Pemilik Piksyen lama) ketar-ketir gigit jari sampe berdarah pikir-pikir lagi, termasuk saya.. (kecuali yang sudah loyal tentunya)

Mungkin bakal sedikit lebih kompleks dengan kehadiran Pulsar200NS yang wah, (dan Duke/KTM nantinya). Namun menurut saya pribadi kedua pabrikan tersebut Hampir Pasti sangat susah menggeser peta penjualan sport secara frontal. Prediksinya, memang bisa share jumlah peminat, tapi untuk memukul dan menduduki tahta teratas (bahkan runner-up) itu cenderung mustahil (butuh waktu ) . paling-paling dibawah 10% lah (cuma prediksi 😀 ). brand image juga pengaruh lho bro .. cmiiw

Bukan begitu ?
Atau ada pendapat lain?

Monggo, semoga berguna.. (gianluigimario)

<bonus>

68 thoughts on “Strategi memukul vixion.

  1. tovavanjava says:

    bonusnya ini yg bikin saya ngiler :mrgreen: bukan vixion killernya honda… 😆

  2. agungsevi says:

    memang bener bro,, apakah 200 ns akan “menghajar” vixi???

  3. varian pabrik motor lain tahun ini banyak loo ngluncurin motor batangan 🙂

    http://areeya2.wordpress.com/2012/02/03/semakin-hari-semakin-padat/

  4. mr.e says:

    nice posting brow…
    monggo produsen bertempur abis-abisan sampai berdarah-darah kalo perlu… kita sbg konsumen yg diuntungkan makin banyak pilihan + value lebih baik.

    • itu bener sekali mas bro, thanks..
      kita gak ikut pukul-memukul, tapi dampak positipnya kompetisi sehat melahirkan varian2 yang semakin membaik..
      karena yang stagnan bakal disalip yang lainnya.. 🙂

  5. Maskur says:

    Biarlah merk lain ada yang menang…gak bosen apa dimana mana merknya Honda…

    • susah memang dg tradisi FBH yang mengakar..
      padahal 2009 dan 2010 sudah nyaris disamai yamaha, lhak kok 2011 dominan lagi.. apa karena yamaha angkuh?
      Ya kita lihat tahun ini, dg harapan kompetisi sehat melahirkan produk yg semakin susul-menyusul..

      Kalo merk lain lmyn susah, secara prosentase masih jauh, pasti perlu waktu untuk mengalahkan dominasi..
      cmiiw.. :mrgreen:

  6. yisha says:

    iya ya, kaya’nya semua sobat nge bahas ini deh…
    # sobat yang khusus ngomong otomotif….. :mrgreen:

  7. Hanif says:

    Mukul vixion mah gampang, tepuk aja joknya hehehe

  8. imsfly says:

    dulu aku mengurungkan niatku untuk beli vixion, katanya jika injeksennya rusak benerinya susah , emang bener mas?

    • setau saya malah jarang terjadi mas.
      baca di situs eyang edo, injeksi yamaha(vixion) menguasai 75% total pemakaian injeksi motor indonesia.
      mungkin yg (rusak) dmikian tuh 1 dari 1000 (atau 10000) namanya produksi massal biasanya ada dan lumrah dlm ilmu statistik.

      Kalau pglmn saya sih gak perna ada masalah (semoga tidak ). 2 taun lebih
      Lebi bnyak positipnya : irit, mudah start kondisi dingin, canggih, prawatan gampang, dsb
      mmg kalo sudah gak bs dipakai ya ganti set injeksi, tapi mungkin dalam masa yang lama ya ? trgantung prwtn /pmakaian maybe..

      lagi pula, menurut prediksi, suatu saat motor2 bakal pake injeksi semua 🙂
      apa jawaban saya berguna buat sampean, mas?

  9. vixy182 says:

    dukung pulsar trbaru aja…biar pada anjlok harga merk jepang…wkwk 🙂

  10. H. Ir. kiwil .SH DLL DKK® says:

    kalo udah FBH, susah bro.
    ada temen makek tigi baru 2 taun udah turun mesin, dia bilang awet juga ya! udah 2 taun baru ganti seker.
    hiii…ngeri 2 taun ganti seker kok bilang nya awet.

  11. cafebiker says:

    imho. disinyalir keroyokan, sebenarnya honda bukan mau memukul vixion, tapi lebih ke penguasaan segment sport.
    Seperi Mio yang sulit digeser, akhirnya honda memilih mengeroyok.

    • ok. thanks pencerahannya.
      keroyok bareng-bareng tigie, NMP, cbr 150, sama “teralis” gitu ya?
      boleh jadi kalau mmg begitu total market honda bisa melebihi yamaha di segment sport..

      Yg saya maksudkan disini mgkn tentang menggeser Vixion dari predikat nomer satu.. imho

  12. request buat AHM New Megizon PGM-FI, Tiger PGM-Fi Dohc, mungkin bisa ngalahin piksien hehee

  13. Ya bagi bagi kuelah , masa mau dikangkangi semua . Tp bkn H kalau tdk rakus . H tinggal tunggu time yg tepat untuk meluncurkan amunisi baru buat memberondong si pikson yg sdh mulai tua , dari pertama keluar ya gt gt aja gak adaperubahan yg signifikan . Ingat kasus terjungkalnya tigor dan megapro series krn juga tak ada inovasi baru , akibatnya bikin orang jenuh dan berpaling ke motor yg lbh fresh ya si pikson ini . Tp Y juga gak goblok kali . . . Dia msh simpan amunisi juga buat meng counter attack . . . .

    • amunisi Y bikin penasaran,, maybe RDB atau digital spido..
      syukur-syukur kalo bodi pisan, mesin jadi 6speed kayak R15..
      mungkinkah ?
      Kalo begini bisa jadi Y sangat siap atas counter H..
      fifty-fifty lah 😀

  14. raden ikhwan says:

    sempat saya dipusingkan sama vixion dan tiger? 🙄

  15. gogo says:

    ane cm ngarep tiger di rombak dg model tralis harga tetap..

    • wah sudah puas dengan mesinnya kang?? 😀
      oya piye kabar purwakerta kok lama gak muncul ?
      thanks..

      • gogo says:

        abis kecelakaan mas bro, jari patah satu.. ini aj ngomennya tangan satu.. purwokerto aman, lg turun salju…

      • wah gimana bro kok sampe begitu.. mangkanya ane sdkit kwtir sama sampean.. wis brp lama ?
        masak di pulau jawa ada salju, mas ? 😀 blm prnah dngar..

  16. bimo96 says:

    ane cuma mengharap hongda keluarin motor ayam babon,upss ayam jago buat nandingin FU 😀 *mengharap dibelikan

  17. Rollerman says:

    sejak tahun 2007 Vixion udah menguasai market??hmmm gak tuh,kalo gak salah tahun itu Thunder 125,trus Tiger n Megapro,baru Vixion muncul untuk bersaing di tahun 2009.

    nah untuk tahun ini harusnya udah saatnya ganti baju,udah 5 tahun masak gak ganti baju.

    • thanks pencerahannya.. 🙂
      iya, bahkan harusnya gak cuman baju aja tapi juga sektor lainnya..
      kalo telanjur bosen bisa bernasip sama kayak jagoan2 honda sblumnya.. bukan begitu mas? 😛

  18. Black vega says:

    Ngapain susah susah bikin sasis trelis, keluarin cbr naked mesin cs1 bore up 150 cc injeksi sohc,sukur2 kalo dohc, plus dibikin kaya fitur khas honda,pasti tuh vixion klepek2.

    • iya saya lumayan sepakat.. sebenernya teralis gak urgen, cuma nilai lebih..
      deltabox sudah mumpuni..
      kalo bisa DOHC, mungkin gak pake klepek2, langsung tewas,, 😀
      maybe..

  19. nyantai says:

    sebenarnya gampang saja klo bisa bikin tiger ngalahin vixion. harganya samakan saja dgn vixion. ban tiger ganti velg 17 kayak si nmp.dijamin sudah mantap.kelemahan tiger ya diharganya bila dibandingkan vixion.karena dengan harga yang sama udah menang di torsi tenaga juga karena bobot lumayan dikurangi dengan velg lebih kecil.dan untuk touring lebih nyaman.

    • ada benarnya juga kang..
      tetapi kebanyakan mengeluhkan mesinnya yang konvensional, maksudnya semenjak pertama brojol (1997an ya?), masih mesin itu aja. mungkin secara teknologi perlu ditingkatkan jadi liquid cooled..
      kalo sudah gini bisa jadi bakal lebih banyak peminatnya.. 😀

  20. blade-in says:

    Inget pesan Kaisar! Sesama Nppon gak boleh cakar-cakaran ya ….

  21. smartf41z says:

    Meski teralis muncul 2012 pertengahan tetep butuh waktu pembuktian dan merebut kepercayaan masyarakat

    • bener mas.. mengkudeta yang sudah kokoh mmg susah..
      imho, kalo si ‘motor baru’ itu ruar biasa value for money-nya bisa jadi byk yg kepincut sebab basis FBH kan kuat.. cmiiw 😀

  22. Hourex150L says:

    seharusnya situasi begini dari dulu yaa…

    *konsumen biar bingung…. 😀

  23. nanared says:

    satu lagi keunggulan vixion bro,gampang dimodif tampilan model tangki pas kalo pasang fairing,

  24. Dismas says:

    Vixion bikin Megison sakit kepala nih… hahaha

  25. wiiiiiiiiiiiiii,,, ada penampakan makhluk halus :mrgreen:

  26. asmarantaka says:

    kalo brand ama 3S bajaj udah mapan ane rasa dengan keluarin Pulsar 200 NS udah cukup buat mukul vixi :mrgreen:

    • hehe.. ini termasuk pendapat blogger senior.. thanks kang.. 🙂
      imho, untuk mencapai kemapanan brand dan 3s itulah yang perlu waktu kang.. cmiiw
      ane sendiri juga pengagum mesin dan model pulsar 200 yg revolusioner 😀

  27. Zeyza says:

    mana piksen killer nya ?

  28. Dr.Feelgood says:

    wah jangan dipukul dong, klo dipukul kan sakit xixixi…… :mrgreen:

  29. tekwan says:

    mau bunuh piksyen..??
    mudah…….tiru aja + rdb, dijamin klepek-klepek tuh….(jadi inget sama NJZ) 😀

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s