Bromo sebelum letusan 2010 (1)

<bromo saat letusan 2010>

Dua tahun yang lalu, saya bersama rombongan mengunjungi Bromo.. Dalam kurun 1 minggu, saya kesana 2 kali. Yang pertama naik motor dengan seorang teman saya, Bakti namanya. Kami berangkat lewat Tongas, Probolinggo. Perjalanan ini memakan sekitar 4 jam, yaitu dari Surabaya (keputih) jam 5 sore sampai di tempat jam 9 malam.

<peta bromo>

Kunjungan yang pertama ini lumayan nekat. Kami berdua tidak menyewa penginapan, tetapi tidur di pinggir jalan (ngemper.com). Dinginnya minta ampun.. Jaket yang bertumpuk tiga pun masih tak bisa tidur 😀 lumrah, mengingat kami berada di alam terbuka dan ketinggian.. :).
Selengkapnya

4 Makna “memelihara shalat”. (dari kutbah jumat)

Hari ini telat kutbah jumat, didului oleh adzan.. Untungnya masih rejeki saya bisa mendengar pak khatib ngasih wejangan.
Kok bisa telat ya? mencuci.. kok mencuci sebelum jumatan ? ada tamu ketempat saya, baru pulang jam 11 kurang.. 😛

Intinya, isi khutbah yang saya tangkap itu seperti ini :

Dalam Quran disebutkan mengenai pentingnya memelihara shalat, Nah apa yang dimaksud memelihara shalat?
ada 4 pengertian;
Pengertian pertama, yaitu “Tidak meninggalkan shalat“.
Dalam hal ini shalat tidak boleh ditinggalkan, karena shalat merupakan amalan yang utama. Apa alasannya shalat disebut amalan utama?
– perintah shalat langsung oleh Allah kepada Nabi shalallahi alaihi wasallam
– menurut Beliau, yang membedakan antara mukmin dan kafir itu shalat.
– shalat amalan yang pertama kali dihisab. Siapa baik shalatnya, maka perhitungan amalnya akan mudah.

Pengertian kedua adalah “memelihara syarat, rukun, dan sunnah shalat“.
Hal ini mutlak diperlukan dengan cara mencontoh shalat Nabi Shalallahu alaihi wasallam. Seperti sabda beliau yang masyhur, ‘.. shollu kama roaitumunni usolli..‘ , shalatlah sebagaimana kalian melihat aku salat. Dengan demikian, mulai dari wudhu, takbiratul ikram, rukuk, sujud, sampai salam itu semuanya kudu seperti yang dicontohkan dan dimaksudkan Nabi..

Selengkapnya

3 Motivasi Bekerja.

Huff.. dua hari yang panjang telah berakhir..

Ada apakah kiranya?

Rabu dan kamis, tak kurang dari 17 jam sehari saya ditempat kerja.. Ambisius atau workaholic kah saya? Entahlah, pastinya bukan saya yang minta, tetapi atasan sayalah yang memberi tugas ekstra. Mulai jam 7an berangkat, hingga pulang kembali jam 12 malam. Memang tidak full 17 jam bekerja (tentu ada istirahatnya 🙂 ), namun untuk ukuran fisik saya lumayan menguras tenaga. Sebelum hari rabu saya sempat sakit, meski demikian tak mengurungkan niat untuk berangkat bekerja.

Apa sih pekerjaan saya ? yang khusus kemarin itu merangkai kabel untuk proyek plant  baru, untuk alat yang dapat membaca Level, pH, tekanan, dsb (teknis banget, gak perlu difikir kalau gak faham 😀 ). Saya menghabiskan sekitar 2 rol kabel (100 meter) totalnya, dan dirangkai di sekitar 100 terminal juga. kalau sehari -hari tidak sedang mengerjakan proyek, biasanya pekerjaan saya standby.. hehe. Dipanggil bekerja hanya bila ada masalah di peralatan plant, kalau gak dipanggil ya santai atau tidur.. 😛

Saya sudah bekerja hampir enam tahun (kurang 20 hari).

Memang pekerjaan terkadang melelahkan, tetapi tidak selalu.. kebanyakan tidaknya  insAllah .
Ehh apa ya yang menjadi semangat mas bro bekerja ? macam-macam jawaban tentunya.. yang punya anak istri tentu buat anak istrinya.. Kalau semangat saya yang pertama itu supaya tidak menjadi beban orang lain (tidak minta-minta/ banyak hutang 🙂 ).

Dalam ajaran Nabi Shalallahu alaihi wasallam sendiri, bekerja itu sunnahnya yang penting. Makanan yang didapat dari keringat sendiri lebih utama dari hasil meminta orang lain.
“.. yadil ulya khoirum minal yadis shuffla.. ” tangan diatas lebih baik dari tangan dibawah.

semangat yang kedua supaya dapat memberi orang tua. Sejak sekolah, kan bapak ibu selalu mengeluarkan biaya untuk kita, bukankah sekarang waktunya untuk memberi.. Kalau punya penghasilan, maka kita punya kesempatan menyenangkan mereka.. 🙂

Yang ketiga itu agar bisa membantu orang yang memerlukan, baik itu kerabat dekat atau teman.
Bagaimana mungkin bisa membantu orang, kalau kita tidak bekerja? saya senang melihat ekspresi orang saat kesusahannya terselesaikan meski terkadang setelah itu saya tak punya uang lagi… :mrgreen:
Bukankah pesan Nabi : ” Allah akan menolongmu selama kamu menolong saudaramu, Allah akan meringankan kesusahanmu selama kamu meringankan kesusahan orang lain.. “. Nah kalau sudah Allah yang menjamin akan menolong kita, bukankah tidak ada yang perlu dikhawatirkan???

Selengkapnya

Slank #1

Slank ini terkenal sebagai band yg sangat produktip.. hampir setiap tahun selalu mengeluarkan album atau single baru..
Saya tidak tau banyak tentang mereka, tetapi saya ingat mereka punya puluhan album dan ratusan lagu tentunya cmiiw.. Para slanker tersebar di seluruh penjuru nusantara..
Nah, sebuah lagu yg cukup indah dari Slank yaitu judulnya ” satu “.

Lirik lagunya  seperti ini :

Apa jadinya aku andai kau tak ada
Tanpa kamu aku bukan apa-apa
Dan aku .. sangat butuh
Dan aku .. ingin selalu kau sentuh

Selengkapnya