Lagu “Tombo Ati”

Perna denger lagu Tombo ati? Lagu ini cukup bagus untuk jadi renungan.
setau saya ada beberapa versi dari lagu ini, dan tiga yang paling sering sy tau adalah versi Kiai kanjeng Cak Nun, Opick, dan Ariel Peterpan. Belakangan muncul yg versi Palapa (Brodin) hehe.

Pada intinya, tombo ati itu ada lima,

Selengkapnya

Sakit..

Ibu saya lagi sakit.
Tangan saya sakit kena bola futsal.
Seorang teman kakinya sakit terlindas forklift..
Setiap orang tentu pernah sakit..
Tapi tak semua orang berpandangan sama tentang sakit. hehe

Ijinkanlah saya menulis apa yg dipikiran saya tentang sakit. Bukan menggurui atau memaksa pendapat, tapi sekali lagi, hanya pemikiran saya saja, Yg tak setuju ya monggo..hehe asal tak saling offens.

Selengkapnya

Arbain Nawawi : Hadis 1 – Ikhlas

Bismillah.
Hadis Arbain Nawawi kan sangat populer, dan telah di-syarah Ulama2 besar, dari jaman dulu sampe sekarang.
Saya ini ndak punya ilmu yang mumpuni, bakat yg hebat, atau pemahaman kuat..tentunya bukan apa2 dibanding mereka. Oleh karena itu, disini saya ga berniat men-syarah seperti mereka. Saya cuma mau menulis point2 singkat yg ditangkap pikiran saya dari membaca penjelasan Ulama2 trsebut. Boleh ya?
Kalo ada yg keliru terimakasih bila diingatkan.
Kalo benar, itu semata dari Allah.

mari mulai Hadis pertama..

Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Sesungguhnya setiap  perbuatantergantung niatnya.  Dan  sesungguhnya  setiap  orang  (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan.


(Riwayat dua imam hadits, Abu Abdullah Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim bin Al Mughirah bin Bardizbah Al Bukhori dan Abu Al Husain, Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim Al Qusyairi An Naishaburi dan kedua kitab Shahihnya yang merupakan kitab yang paling shahih yang pernah dikarang) .

Selengkapnya