Prinsip sederhana LIQUID COOLED.

Memang tak semua motor memakai pendingin cairan (liquid cooled), namun kebanyakan motor kelas menengah keatas, atau yang mengusung teknologi baru, atau yang bermain RPM tinggi dan menuntut performa optimal biasanya memakai sistem ini..cmiiw
Apa sih kelebihan liquid cooled dibanding sistem pendinginan yang lain?

Seperti kita ketahui, didalam silinder mesin terjadi suatu mekanisme pembakaran yang menghasilkan energi sekaligus gas buang. Nah lazimnya dalam suatu proses pembakaran, mesti menghasilkan panas.. Panas yang tidak diperlukan inilah yang harus diturunkan.. cmiiw

Kalau dalam sistem pendinginan paling sederhana, blok mesin hanya di hembus dengan angin dan supaya penguapan panas lebih maksimal maka permukaan blok mesin ditambah kisi-kisi yang prinsipnya memperluas area yang melepaskan panas. (semakin luas area kan semakin banyak yang dihembus angin, dan akhirnya semakin cepat dingin ).

Ini dapat diibaratkan dengan secangkir kopi panas, bila dibiarkan saja maka dinginnya lumayan lama karena perluasannya hanya sesempit bibir cangkir. Namun bila kita menuangnya kedalam piring kecil (lepek), dinginnya jauh lebih cepat sebab area penguapan kopi panas tersebut seluas permukaan piring..

Lha kenapa berbentuk kisi-kisi ? imho, kalau nggak dirupakan kisi dapat dibayangkan luasnya pemukaan yang diperlukan. Misalkan kita punya 1m persegi aluminium, masak kita pasang di motor, tentunya tidak praktis.. kalau kita potong-potong 10 senti-an kemudian kita tumpuk 10 kali dg jarak 1 cm, maka bentuknya kan tinggal 1m x 10 cm , jauh lebih praktis namun luasan totalnya tetap cmiiw.  jadi tujuan kisi adalah agar lebih Compact namun luasan tetap.

Pendingin oli ? cmiiw olinya dialirkan (atau dipompa) ke radiator (yang menggantikan kisi2 blok mesin) kemudian dipaparkan ke angin, lalu oli dikembalikan ke mesin lagi. simpel ya? cmiiw. Sistem ini selangkah lebih maju dari pendingin sebelumnya (udara). Sistem pendingin ini kurang umum (lebih jarang dipakai)..

Imho, sistem liquid cooled adalah sistem pendinginan terbaik pada sepeda motor (untuk saat ini) cmiiw. Sistem ini lebih efisien dalam menurunkan temperatur mesin dibanding sistem lainnya (oil atau air cooled). Prinsip pendinginan sistem ini pun lumayan sederhana. Lihat gambar dibawah ini :

Bolehkah sistem itu saya bagi jadi 3 bagian agar menyederhanakan penjelasan?. 3 Bagian itu adalah Radiator, Pompa dan Celah pada Silinder Head. Prinsipnya simpel : dalam silinder head ada suatu celah (jacket) yang berisi cairan yang menyerap panas dari silinder head. Cairan yang panas ini (warna merah) dialirkan ke Radiator untuk mendapatkan penguapan maksimal. Setelah melewati Radiator, cairan ini menjadi dingin (warna biru) yang kemudian dialirkan kembali ke mesin oleh impeller pompa.

Ada pula katup bypass, yang berfungsi mem-bypass cairan coolant saat mesin dingin sehingga untuk memanaskan mesin waktunya lebih singkat. Ini dimaksudkan untuk mendapat temperatur optimal..


Katup tersebut dihubungkan dengan thermostat (pelat yg melengkung jika kena panas, simpelnya🙂 ). Jadi bila suhu naik, thermostat melengkung, dan ada mekanisme yg dihubungkan padanya untuk menutup katup bypass. cmiiw. Kipas tambahan dapat dipasang dibelakang radiator untuk menambah debit udara yang mendinginkan coolant, ketika temperatur melebihi nilai optimum.

Reservoir untuk apa ? kalau merujuk gambar diatas, fungsinya adalah bila suhu mesin sudah panas, maka ada suatu katup (pressure valve) yang mengalirkan campuran udara dan uap ke reservoir. Saat suhu mesin normal kembali, suatu katub yang yang lain (vacuum valve) mengalirkan cairan coolant dalam reservoir menuju radiator (bila level cairan dalam radiator turun )  cmiiw.
Referensi : iamabiker, dansmc.

Ringkasan saya :

Singkatnya, sistem liquid cooled itu prinsipnya gini :

“Panas dari silinder head diserap oleh cairan coolant, kemudian dipaparkan ke Radiator untuk mendapat penguapan panas yang optimal, kemudian coolant yang telah dingin dialirkan kembali ke mesin oleh pompa. “


Sedangkan 3 katup (valve)  yg penting pada liquid cooled system adalah :
Bypass valve : mem-bypass jalur pendinginan agar mesin mencapai panas optimal.
Pressure Valve : mengalirkan campuran udara dan uap ke reservoir.
Vacuum valve : mengalirkan coolant ke radiator.

Demikian.. monggo.. (gianluigimario)

63 thoughts on “Prinsip sederhana LIQUID COOLED.

  1. panijo says:

    pertamaxkah…………

  2. panijo says:

    iyo iki mas sunyi senyap podo malam mingguan

  3. javabiker says:

    Wah nais inpo masbro😉

  4. sinbe says:

    Nek mesin moto gp piye yo? Mestine panase nangudubilah. Lha wong banter pol melebihi kcepatan take off pesawat.🙄

    • bisa jadi prinsipnya serupa hanya saja teknologi dan ukuran nya sedikit lain, karena motogp merupakan tempat pengembangan banyak teknologi baru.
      ntar insyaAllah tak coba cari tau..🙂

  5. blackbetty says:

    Cpu/Komputer jaman sekarang juga ada yang ikut-ikutan pake liquid cooled😀.
    btw benarkah liquid cooled di vario cuma headnya yang dialiri cairan?

  6. zhe says:

    Nice artikel mas
    😀

  7. […] 3. SEC (Super Electrofusion Cylinder) : silinder berpori yg dapat menahan oli sehingga mencegah pembakaran oli berlebihan, bahan ini berlapis molibdenum dan carbon steel yg menjadikan sangat kuat (semacam Diasill pada yamaha) dan hemat oli. 4. Catalic converter : memperbaiki dan mengurangi racun gas buang, menggunakan materi Platinum dan Rhodium. Hanya efektif kalo memakai bensin tanpa timbal. 5. Radiator : menampung cairan yang panas dari mesin, dilewatkan kisi-kisi, sehingga temperatur cairan berkurang. Prinsipnya adalah kisi2 tersebut memperluas permukaan pemaparan cairan, sehingga pengurangan temperatur lebih efisien. cmiiw. Prinsip liquid cooled ada di artikel ini. […]

  8. gogo says:

    ajib mantab infonya mas bro.. teknologi pc diterapkan ke motor..

    • bukannya PC yang ngadopsi motor? hehe kurang tahu..
      yang pasti mekanisme pada motor lebih rumit lagi..🙂

      • gogo says:

        hahaa.. iy jg ya, duluan motor kan.. mngkn sec. g sengaja prinsipnya mirip..

      • hehe saya kurang tahu jadi nggak bisa mutusin, cuman seingat saya penemuan motor lebih dulu dari komputer.. soal penemuan liquid cooled nahhh ini yang kagak tahu:mrgreen:
        punten mas..🙂

  9. raya says:

    gak perlu superkomputer buat dipasangi watercooling.. lha komputer saya cuma phenom II x3 saya pasangi sistem watercooling.. awalnya sih pengen ngademin vga nvidia (GTX460 se) yang terkenal superpanas, lama-lama sekalian prosesor dan chipset dipasangi waterblock..

    • wuihh mantab VGAnya.. mahal🙂
      ati-ati kalo water-nya bocor mas..😛

      ehh, ada katub-katubnya nggak?

      • raya says:

        gak pake katup apa-apa..

        sebenernya pengen ganti liquidnya pake feser one yang non conductive, kalo bocor gak masalah, sayang nyarinya susah.. sementara masih pake yang buat mobil..

      • wah blog sampean sudah jadi 40 hari tapi belum nulis posting ya..🙂

        iya mas, lebih aman lebih baik..😛

  10. Dr.Feelgood says:

    wah hehehe, motorku cuman pake pendingin sirip doang mas, berfungsinya juga itu klo motor lagi bergerak aja xixixi….:mrgreen: maklum ane cuman punya bebek hehehe😀

  11. AKJ says:

    Sampe saat ini ada yg nganggep kalo motor2 merk tertentu kalo makin panas makin bagus makin kenceng,berarti terbantahkan dengan teori ini,kalo emang makin bagus berarti gk perlu pake sirip atau radiator Ɣªª mase?

    • wah imho teori ini bukan teori baru mas.. sudah beberapa lama ada..
      kalo secara ilmiah /teknis harusnya sitem liquid cooled lebih bisa meredam panas dari sirip (udara). Kalo tentang tarikannya atau karakter mesin yang lain, masih harus melihat dulu misalnya grafik tenaga, grafik torsi, dsb.
      Kalo memang secara pengalaman ada motor yang makin panas makin baik, itu saya belum tahu penjelasannya.. barangkali bro yang lain bisa..🙂

  12. sang says:

    4 jempol (klo jempol kaki gak bau) buat arikelnya, wenak di cerna ada ringkasannya lagi kayak pisang enaknya.
    saya perna ngobrol dengan adik saat dia masih kuliah di malang, (dulu pakai supra X) sayap sampingnya delepas “selain berguna agar tidak kena air dari ban, sayap itu (motor) juga berfungsi memberi angin ke mesin biar gak panas, motor tak pakai luar kota sampai di pasuruan kota, tarikannya jadi lembek kayaknya terlalu panas”

  13. lanue says:

    mas, apa itu semoa motor bisa di ganti seperti itu? misalnya jupiter z?

    • sulit mas kalo masih berpendingin udara/oil.
      misalkan silinder biasa kan gak ada jaketnya, maka kudu pake silinder yg sudah ada jaket atau ruang buat coolantnya. cmiiw.

      misalnya ambil silinder, head dan sekalian sistem pendingin mx, itu ane pernah liat ditaruh di mesin cb 100🙂

  14. dave says:

    nice share neh mas,, baru baca ckck,,
    nah yg bentuk nya segi empat bolong2 itu nama nya apa yg mas?
    apa radiator nama nya?
    radiator itu nama secara keseluruhan ato kotak nya aja?

  15. Just wanna say that this is invaluable , Thanks for taking your time to write this.

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s