Hadis 20 pertanyaan Rasul kepada Iblis : part 3

Pertanyaan Nabi (11) :
“Siapa yang serupa denganmu?”
Jawab Iblis : “Orang yang meringankan syariatmu dan membenci orang yang belajar agama Islam”.

Pertanyaan Nabi (12) :
“Siapa yang membuat mukamu bercahaya?
Jawab Iblis : “Orang yang berdosa, bersumpah bohong, saksi palsu dan suka ingkar janji”.

Pertanyaan Nabi (13) :
“Apa yang kau rahasiakan dari umatku?”
Jawab Iblis : “Jika seorang Muslim buang air besar dan tidak membaca do’a terlebih dahulu, maka aku gosok-gosokkan najisnya sendiri ke badannya tanpa dia sadari”.

Pertanyaan Nabi (14) :
“Jika umatku bersatu dengan isterinya, apa yang kau lakukan?”
Jawab Iblis : “Jika umatmu hendak bersetubuh dengan isterinya dan membaca do’a pelindung syaitan, maka aku lari dari mereka. Jika tidak, aku akan bersetubuh dahulu dengan isterinya dan bercampurlah benihku dengan benih isterinya. Jika menjadi anak, maka anak itu akan gemar berbuat maksiat, malas pada kebaikan, durhaka. Ini semua karena kealpaan ibu bapaknya sendiri. Begitu juga jika mereka makan tanpa membaca Bismillah, aku santap makanannya lebih dulu daripadanya. Walaupun mereka makan, tidaklah mereka merasa kenyang”.

Pertanyaan Nabi (15) :
“Apa yang dapat menolak tipu dayamu?”
Jawab Iblis : “Jika berbuat dosa, maka cepat-cepatlah bertaubat kepada Allah, menangis menyesal akan perbuatannya. Apabila marah, segeralah mengambil air wudhu’, maka padamlah marahnya”.

Pertanyaan Nabi (16) :
“Siapakah orang yang paling engkau sukai?”
Jawab Iblis : “Lelaki dan perempuan yang tidak mencukur atau mencabut bulu ketiak atau bulu ari-ari (bulu kemaluan) selama 40 hari. Di situlah aku mengecilkan diri, bersarang, bergantung, berbuai seperti pijat pada bulu itu”.

Pertanyaan Nabi (17) :
“Hai Iblis! Siapakah saudaramu?”
Jawab Iblis : “Orang yang tidur meniarap / telungkup, orang yang matanya terbuka di waktu Subuh tetapi menyambung tidur lagi. Lalu aku lenakan dia hingga terbit fajar. Demikian juga pada waktu Dzuhur, Asar, Maghrib dan Isya’, aku beratkan hatinya untuk sholat”.

Pertanyaan Nabi (18) :
“Apa yang dapat membinasakan dirimu?
Jawab Iblis : “Orang yang banyak menyebut nama Allah, bersedekah dengan tidak diketahui orang, banyak bertaubat, banyak tadarus Al-Qur’an dan sholat tengah malam”.

Pertanyaan Nabi (19) :
“Hai Iblis! ?” Apa yang dapat memecahkan matamu?”
Jawab Iblis : “Orang yang duduk di dalam masjid dan beri’tikaf di dalamnya”.

Pertanyaan Nabi (20) :
“Apa lagi yang dapat memecahkan matamu?
Jawab Iblis : “Orang yang taat kepada kedua ibu bapaknya, mendengar kata mereka, membantu makan, pakaian mereka selama mereka hidup, karena engkau telah bersabda : Syurga itu di bawah tapak kaki ibu”.

-Selesai.-

Ringkasan :
Secara singkat, ke-duapuluh hal yang ditanyakan Rasul adalah :
1. musuh terbesar iblis –> Rasul
2.perbuatannya –> zina, tidak shalat, mabuk, lalai harta,pesta
3.alasan iblis –> takabur dan hawa nafsu
4.urutan tipu daya –> palingkan niat, pengurangan pahala
5.shalat –> gemetar dan lemah sendi iblis
6.baca Quran –> terbakar, putus uratnya
7.haji –> binasa, gugur daging dan tulangnya
8.puasa –> bencana terbesar, ditangkap malaikat
9.shahabat Rasul –> musuh besar.
10.macam tipu dayanya –> kekayaan, tamak, benci, bimbang, menghina
11.serupa iblis –>meringankan syariat dan membenci pencari ilmu
12.membuat muka iblis bercahaya–>dosa, bohong, saksi palsu, ingkarjanji
13.rahasianya–>hajat besar harus berdoa
14.bersetubuh–>baca doa, kalau tidak: dicampuri benih iblis
15.menolak tipudayanya–> berdosa :taubat, marah : berwudhu
16.Sarang iblis–>bulu ketiak dan kemaluan yg tdk dicukur 40 hari
17.saudaranya –>tidur telungkup, subuh tidur lagi
18.binasanya–>dzikir,sedekah rahasia, taubat, tadarus, salat malam
19.pecah matanya–> duduk di masjid, itikaf
20.pecah matanya–>taat dan berbakti ibu bapak

Demikian, smoga mudah diingat dan bermanfaat.
Monggo di share..

6 thoughts on “Hadis 20 pertanyaan Rasul kepada Iblis : part 3

  1. raden ikhwan says:

    semoga kita selalu dalam lindungan-Nya

  2. bimo96 says:

    wah sudah saya baca part 1-3 subhanallah ,, saya kalo makan gak pernah doa ,jd nya kenyang lapar lg,bener banget nih

    skrng saya berusaha biasakan makan pake bismillah 🙂

  3. fitria says:

    Sangat berguna jg kt membaca kisah” nabi Muhammad SAW

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s