Yamaha Xeon, sudah ada sistem indikator self checking tapi belum injeksi?

Gianluigimario pernah keliru menganggap kalau Yamaha Xeon sudah injeksi..
Berangkat dari komposisi mesin  yang tersusun oleh forged piston dan DiaSyl, saya kira pendistribusian bahan bakar sudah seperti Vixion yaitu sudah mengadopsi teknologi injeksi. Baru ketika melihat lebih dekat tuh mesin motor dan ngecek di situs resmi Yamaha, nyatanya masih pakai karbu..

Namun rupanya bukan saya saja yang keliru mengira Xeon sudah injeksi, paling tidak ada dua teman yang beropini serupa. Salah satunya itu kang Doni. Bahkan alas an yang dikemukakannya lebih logis dan susah dibantah..
Ketika itu di parkiran kantor ada sebuah Yamaha Xeon, lalu kang Doni berujar
Xeon iku sip banget mesinnya mas, apalagi sudah Injeksi..
Kontan saja saya sanggah “ Belum mas Doni, isih karbu.. Tuh lihat mesinnya kelihatan karbunya dari sini “.
Lha di panel spidonya ada indicator mesin yang bisa kelap-kelip persis kayak Vixion.. Apa itu nggak bagian dari system injeksi? “ Sergahnya.


Saya pun langsung mengecek bagian panel instrument dan dashboard, dan emang bener lampunya mirip bener sama punya Piksen.. Wah gimana jawabnya ya? Coba aja Mario  berspekulasi
Wah mungkin lampu indicator itu sudah pakai CPU untuk mengecek sensor2 mirip dengan Vixion. Tapi yang pasti belum injeksi mas.. Tuh keliatan karbunya” jawab saya sambil menunjuk kompartemen mesin.
Yang sudah injeksi itu baru mio J sama Fino,  Xeon belum.. Nggak percaya coba Tanya dealer atau cek di brosurnya, hehe “ mario menambahkan..

Setelah mas Doni  pergi, saya masih mikir juga. Belum injeksi tapi sudah ada self checking system kayak Vixion.. wah-wah menipu nih kalau nggak ngerti. Apa system timing kelap-kelipnya juga mirip di Vixion? Rasanya ngga sama persis deh kan masih beda teknologi. Namun system self checking seperti ini biasanya sudah ada CPU dan memori untuk mendukung fungsi tersebut..

Kalau dipikir sebenarnya ketimbang feslip ganti warna nan colorful tuh Xeon mending dicangkokin injeksi sekalian, kan system pendukungnya sudah ada, tinggal ganti throttle bodi yang buat Injeksi cmiiw. Mungkin YIMM mengganggap waktunya nya belum pas, atau karena ada alasan yang lainya..

Nah yang punya Xeon atau yang lebih paham mekanismenya, silahkan dishare, apa bener sudah ada CPU buat indicator self checking sistemnya? Apa kodenya sama persis dengan si Vixion..? Biasanya warung ijo sudah mbahas nih yang ginian.. monggo..
(gianluigimario)

35 thoughts on “Yamaha Xeon, sudah ada sistem indikator self checking tapi belum injeksi?

  1. dave says:

    emang karbu nya keliatan dari mana ya mas?
    masi awam ga bisa bedain karbu ma injeksi sekali liad gt..

  2. wellonk says:

    model xeon di thailand dah fi kalee om..

    • Yanda says:

      kata sapa Xeon 125 FI…disana belum FI bro, nih spek mio 125RR

      4-stroke SOHC 2 valves with water cooling.
      Volumetric cylinder 124 cc.
      Compression ratio is 10.90: 1.
      Long cylinder hoist x 52.4 x 57.9 mm
      Wet lubrication system.
      Carburetor MIKUNI BS26 x 1.
      DC ignition system – CD-i. (Digital).
      C c the LEDs LEDs Alliance Alliance dry centrifugal type automatic retreat center.
      Mobile systems start with electric start. And start the foot.
      Fuel. Octane gasoline. Or gas Gasohol 91 or more.
      Fuel capacity 4.2 liters.
      Oil capacity 0.8 liters.
      Transmission drive unit for a fast track the V-belts (V-Belt).
      Reduced transmission rates from 2.540 to 0.838: 1.
      Ratio 2.625 / 3.750.
      Air filter paper (wet).
      Carriage.
      Types of steel frame frame.
      View class routers / phase Resort 26.5 * / 95 mm
      Length x width x high 685 x 1,850 x 1,060 mm
      Height from floor to seat 750 mm
      Distance from the ground up to 125 mm a
      The wheel hub between 1,260 mm
      Net weight / weight and full fuel tanks 99 kg / 104 kg
      Suspension system.
      Home Tele Cisco Capital c.
      Units after swing.
      Brake systems.
      Disc brake piston single page.
      After the brake drum.
      Rubber.
      Home 70/90-14MC 34P.
      After 90/80-14MC 49P.
      Lighting.
      Headlight 12 volt 25 watt / 25 watts x 2.
      A dry battery.

  3. Nichoz Ahmad says:

    menurut pihak dialer pas nganter kerumah,,, katanya kalo indikator tersebut nyala,, berarti ada kerusakan pada sistim kelistrikan,, atau air radiatornya berkurang (overheat),,, begono mas…http://chozinahmad.wordpress.com/2012/07/10/wow-mulai-15-juli-tulisan-jupiter-z1-mejeng-di-motor-lorenzo-dan-ben-spies/

  4. MWDS says:

    mungkin mengalihkan perhatian masyarakat setelah datangnya vario 125, btw yang varian new stripping apa yang old…….???

  5. padabae says:

    catett mass fino juga belum injeksi lohh

  6. axo92 says:

    xeon thai kan udah injeksi, jadi yg masuk indo indikatornya nggak diilangin. biar nggak usah ngerubah2..
    *CMIIW

  7. wong awam says:

    jupiter mx lama juga ada mas bro,ga tau klo mx baru…. fungsinya buat ngecek sensor tps yg ada di karbu sama sensor temperatur di mesin

  8. ridermatrix says:

    sepertinya yamaha masih ragu akan pasang ymjet fi atau fi nya vixion di xeon baru mendatang?? tapi kabarnya sih xeon akan segera di injeksi kan mas bro baren mx fi
    … kabar angin wakakaka,,, 😀

  9. indaran says:

    iya mas.. hari ini sy rental xeon di bali. Begitu kontak ‘on’, muncul lampu kuning cek engine..weleh, unik jg..jd serasa pakai mesin injeksi :mrgreen:
    Nah..asal gak tanya konsumsi bbmnya :), xeon sy akui kencang..
    Nanjak panjang ke bedugul..ktm berbagai matik, vario, mio, mio j, kymco trend, skywave..xeon kuat di akselerasi pertengahan dan top speed..mantap. Satu2nya yg mendekat dan menyusul, FU dan TVS tormax (?) hehe (tp bukan matik kan).

  10. Anonymous says:

    bisa atau gak xeon karbu di ganti injeksi??

  11. Anonymous says:

    waktu stat cek engine nyala tapi mati lagi tapii kalo di standar miring cek engine hidup lalu mati selang berapa detik cek engine hidup lalu mati lagi tapi ini terjadi bila di standar miring saja kendala apa ya motor xeon karbu saya

Leave a reply to Triyono Cancel reply