Hikmah adanya Iblis dan Setan

Mengapa Allah menciptakan iblis dan setan ?
Ibnu Al-Qayyim, pakar hukum Islam bermazhab Hambali  menulis bahwa hikmah yang dapat ditarik dari penciptaan iblis dan setan tidak dapat diuraikan seluruhnya, kecuali oleh Allah Swt. Sebagian dari hikmah tersebut dalam pandangan pakar ini antara lain adalah :

Manusia berjuang menghadapi musuh Allah dan musuh manusia itu, dan dengan demikian ia dapat meraih kedudukan yang lebih tinggi di sisi Allah.

Manusia memanjatkan permohonan perlindungan kepada Allah, sehingga sekian keburukan dapat ditampik dan banyak kemaslahatan dapat dipetik.

Bertambah rasa takut dan pengabdian malaikat dan orang-orang beriman kepada Allah. Mereka takut jangan sampai mendapat murka, sebagaimana iblis. Dan ini pada gilirannya menambah pula pengabdian mereka.

Peristiwa yang dialami iblis itu dapat menjadi pelajaran berharga bagi setiap hamba Allah.

Yang terpenting di antaranya adalah, bahwa kehadiran iblis dan setan merupakan salah satu kodrat Ilahi dan bahan ujian bagi manusia.

Dari “Syifa’ Al-Ghali”, karangan Ibnu Qayyim.

Tanggapan :
Secara singkat hikmah adanya setan adalah:
* meninggikan derajat manusia
* merasa butuh pertolongan Allah
* menimbulkan rasa takut dimurkai Allah
* mengambil pelajaran dari kisahnya
* merupakan kodrat Ilahi, bukti kekuasaan Allah.

Menurut Ibnu Atha’, hikmah yang lain adalah untuk menyucikan nama Allah dari setiap perbuatan yang buruk. Meski Allah-lah yang mencipta semuanya, tetapi menurut beliau kurang pantas hamba menisbahkan keburukan kepadanya. Maka setiap keburukan tidak ditujukan kepadaNya, Maha suci Dia dari segala kekurangan.


Saat Habil terbunuh misalnya, Nabi Adam as pasrah kepada Allah dan menerimanya sebagai takdir dan kehendak-Nya, namun beliau mengatakan kepada Qabil ” Ini karena pengaruh bisikan Setan..”

Demikian..
Monggo dishare.

4 thoughts on “Hikmah adanya Iblis dan Setan

  1. bimo96 says:

    untung saya bukan setan hehehehehe

  2. milky bo a.k.a smoothy blue says:

    setan…
    ga ada loe ga rame dunia ini…
    hehehe

Please leave a comment, thanks..