3 Sumber Segala Dosa

Nabi SAW bersabda, ”Tiga hal yang merupakan sumber segala dosa, hindarilah dan berhati-hatilah terhadap ketiganya. Hati-hati terhadap keangkuhan, karena keangkuhan menjadikan iblis enggan bersujud kepada Adam, dan hati-hatilah terhadap tamak (rakus), karena ketamakan mengantar Adam memakan buah terlarang, dan berhati-hatilah terhadap iri hati, karena kedua anak Adam (Qabil dan Habil) salah seorang di antaranya membunuh saudaranya akibat dorongan iri hati.”(HR Ibn Asakir melalui Ibn Mas’ud).

Jiwa manusia diliputi oleh sifat takabur pada saat manusia merasa memiliki kelebihan, baik berupa ilmu pengetahuan, harta benda, ataupun jabatan. Dalam keadaan seperti ini, setan tidak akan tinggal diam, dia akan membisikkan dan memasang perangkap untuk menjerumuskan manusia dengan melakukan tindakan yang tidak terpuji. Seperti, mencela, menghina, dan merendahkan orang lain.

Sifat kedua yang diingatkan pada kita untuk mencermatinya adalah sifat tamak (rakus). Sering kali kita melihat betapa rakusnya manusia dalam mempertahankan apa yang sedang dalam genggamannya, baik berupa harta, kekuasaan, ataupun kedudukan. Sama sekali ia tidak mau berbagi dan hanya mau dinikmati sendiri. Ia tidak pernah merasa cukup dan tidak pernah bersyukur atas apa yang diperolehnya.

Ketiga, hasud atau iri hati. Dengki atau iri hati adalah perasaan tidak rela atau tidak suka melihat orang lain mendapatkan kebaikan atau kenikmatan. Ketika dalam diri manusia telah tertanam sifat dengki, ia akan menghalalkan segala cara untuk menghancurkan orang yang ia dengki. Ia tidak senang melihat orang lain sukses, pintar, hidup bahagia, dan lebih kaya darinya. Sikap seperti ini akan menghapus segala bentuk kebaikan yang selama ini ia peroleh. Perbuatan baiknya akan sia-sia karena dalam dirinya terdapat sifat iri hati.
Dikutip dari sumber.

Tanggapan:
Sumber segala dosa, menurut hadis nabi ini, ada 3 yaitu takabur, tamak, dan hasud.
* Takabur / sombong itu pakaian Allah, tidak pantas dipakai oleh manusia.
Rasulullah saw bersabda: “Allah swt berfirman, bahwa kemuliaan adalah pakaian milik-Nya dan sifat takabur adalah hiasan milik-Nya. Karena itu barangsiapa meminjam pakaian dan perhiasan Allah, maka akan dimasukkan ke dalam neraka.” (HR. Muslim). Akhlak yg dicontohkan nabi adalah tawadhu’ (rendah hati ).
* Tamak tidak akan terpuaskan, karena adalah kodrat manusia selalu mengingini lebih.
Dari Anas bin Malik RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sekiranya manusia memiliki satu bukit berupa emas, maka ia menginginkan untuk memiliki dua bukit (emas). Dan tidak akan ada yang dapat memenuhi keinginan manusia kecuali tanah (setelah manusia dikubur)…” (HR Bukhari). Akhlak yg dicontohkan nabi adalah Qanaah ( merasa cukup ).
* Hasud adalah penyakit yg mengikis pahala kebaikan.
Dalam AlQur’an telah diperingatkan oleh Allah:” Janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebagian orang lain lebih banyak dari sebagian yang lain”( Annisa: 32).  Rasulullah SAW memperingatkan: “Hasud itu memakan/menghilangkan kebaikan sebagimana api membakar kayu yang kering”(HR. Ibnu Majah). Sedangkan ghibthoh adalah lawan dari sifat hasud, yaitu senang melihat kelebihan saudaranya terutama dalam URUSAN AMAL IBADAH.

Maka dari itu, perangilah ketiga penyakit tersebut dengan tiga akhlak mulia Rasul yaitu Tawadhu’, Qanaah, dan Ghibthoh.

Monggo di share..

Advertisements

5 thoughts on “3 Sumber Segala Dosa

  1. Dr.Feelgood says:

    klo tiap mampir di blog ini, hati saya selalu inget kepada Alloh SWT, dan juga inget selalu dosa2 yg telah aku buat. terima kasih gan telah mengingatkan. lanjutkan gan.

  2. Anonymous says:

    terimakasih ilmunya semoga bermanaat khususnya bagi saya

  3. Anonymous says:

    Sungguh sangat bermanfaat.smg kt dijauhi dari sifat2 tsb.aamiin

  4. Annisa Azahra says:

    Okeh (y)

Please leave a comment, thanks..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s